Cara Membuat Nastar anti Melebar

Cara Membuat Nastar anti Melebar

Ada yang punya masalah sama dengan saya setiap kali membuat kue kering? Yaitu saat dipanggang bentuknya konstan berubah menjadi melebar kesamping. Sangat berbeda dengan bentuk sebelum masuk oven. 

Biasanya kasus seperti ini sering terjadi jika anda masih sangat newbie untuk membuat kue kering. Kali ini saya mau sedikit berbagi tips buat kamu-kamu yang hoby bikin kue kering agar bentuknya tak melebar lagi. Selain itu, kue nastar (yang telah sekian kali aku buat ini) juga memiliki tekstur kokoh saat dipindahkan namun cukup gurih dan lembut ketika dimakan. Penasaran bukan gimana sih bikinnya. Yuk intip rahasia dapurku dalam membuat kue nastar ini. Oya, berbagai tips disini juga aplikable buat jenis kue kering lain. 

Tips pertama yaitu gunakan Tepung terigu Protein Rendah (contoh kunci biru). Tepung jenis ini akan membuat tekstur kue lebih gurih karena protein rendah tidak mengandung gluten. Kalaupun anda tak punya jenis protein rendah anda bisa menggunakan setidaknya jenis protein sedang seperti segitiga biru. 

Tips kedua yaitu jangan menggunakan mixer. Cukup menggunakan garpu saat pencampuran bahan. Penggunaan mixer akan membuat tekstur mentega agak cair sehingga membuatnya sedikit melebar ketika dipanggang. 

Tips ketiga yaitu setelah dibentuk maka masukkan kue kedalam kulkas sebelum dioven. Lebih lama lebih baik. Ini akan mengokohkan bentuk kue kering agar tetap stabil ketika dipanggang. 

Jadi, dari pada kamu harus beli mending bikin sendiri kan? Toh kamu tetap bisa membuatnya cantik. Belajar yuk. 😊

Nastar Klasik

Bahan:

250 gr tepung terigu protein rendah

150 gr margarine (aku pakai palmia royal butter) 

50 gr gula halus

2 sdm susu bubuk

1 btr kuning telur

1/2 btr telur

Bahan isian:

Selai nanas homemade

Bahan olesan:

1 buah kuning telur 

1 sdt susu bubuk

1 sdm madu

1 sdt air

Cara membuat:

Campur Terigu dan susu bubuk. Sisihkan. 

Masukkan telur, gula halus, margarine dan kuning telur kedalam mixing bowl aduk dengan menggunakan garpu. 

Setelah cukup tercampur masukkan campuran terigu dan susu. Aduk hingga rata. Langsung bentuk. Taruh keatas loyang oven yang sudah diolesi mentega

Isi adonan dengan selai nanas hingga habis. 

Masukkan adonan yang sudah dibentuk kedalam kulkas selama minimum 15 menit. *semakin lama semakin bagus. 

Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat. 

Ketika kue setengah matang (bagian bawah masih belum kecoklatan dan bagian atas masih agak lemah) Olesi kue dengan bahan olesan lalu panggang hingga matang. 

Komentari dong sista
Shares 0

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A