Browsed by
Category: Masakan Banjar

Berbagai Masakan Khas Banjar Homemade by shezahome

Resep Kreasi So Good “Ayam Masak Habang Banjar dan Nasi Kuning Ala So Good ” 

Resep Kreasi So Good “Ayam Masak Habang Banjar dan Nasi Kuning Ala So Good ” 

Halo emak Rempong? 

Hari ini aku pengen share resep lagi. Kenapa? Ya karena aku lagi pengen aja.. Hihi.. 

Aku lagi addicted banget bikin olahan ayam. Jadi ceritanya kemarin aku mau ngabisin stok ayam ‘kota’ yang biasa aku beli dipasar terus aku berkreasi masak deh. Terus suamiku makan dan langsung nyeletuk, “Ko ayamnya ga semanis kemarin ya?” 

Haduh mak, kalian tau kan kalo suami udah kritik masakan itu hati kita ini ibarat langsung ‘duarr’ gitu. Serasa hidup tak berguna, serasa tak ambil andil dalam peran lingkup mensejahterakan rumah tangga yang dimulai dari kesejahteraan lidah dan perut. *emak mau lari kepojokan rumah dulu garuk-garuk bantal

read more

Resep Kreasi So Good Ayam Potong “Soto Banjar ala So Good” 

Resep Kreasi So Good Ayam Potong “Soto Banjar ala So Good” 

Halo.. Emak-emak.. Lagi masak apa hari ini? 

Terkadang memasak itu butuh mood yang bagus, betul? Begitupun dengan saya, entah kenapa rasanya sulit sekali keluar dari suasana Ramadhan dan Idul Fitri yang hangat. Ya, sedih setiap kali mengingat Ramadhan dan Idul Fitri tak terasa sudah berlalu. Dan saya merasa sangat amat merindukan suasananya. 

Karena semangat saat memasak di saat Ramadhan dan Idul Fitri terasa berbeda dibanding hari-hari biasanya. Terasa sekali bahwa saat Ramadhan dan Idul Fitri saya selalu terbawa oleh suasana hangatnya silaturahmi. Entah kenapa makan bersama keluarga besar itu terasa berkali-kali lebih enak dibanding hanya bertiga saja. 

read more

Resep Gangan Asam Klasik Khas Banjar

Resep Gangan Asam Klasik Khas Banjar

Dengan bangga hati aku mengabarkan bahwa hari ini moodku sedang stabil. 😂

Pasca beberapa hari pak su disuguhi dengan hidangan seadanya aku kemudian berpikir. “Apa gunanya kamu hidup win?” 

Ya buat apa? Buat Keluarga dong.. Gini-gini aku ini ikut andil dalam perdamaian dan perubahan dunia. Sebuah misi besar sedang menantiku. Yaitu membangun sebuah peradaban.. 😅

Lagaknya kek wonderwoman aja deh.. 😂

Ya eya. Habisnya aku Bete kalo status perempuan makin sini makin di sepelekan. Yang parahnya makin diperburuk dengan penyalahartian kata ini “konon dimasa depan akan lebih banyak anak perempuan lahir dibanding lelaki, itu tanda-tanda kiamat” 

read more

Resep Pais Patin Manis Khas Banjarmasin 

Resep Pais Patin Manis Khas Banjarmasin 

Apaan tuh Pais? 😅

Pais itu Bahasa Banjar Pemirsa.. Kalau versi indonesianya ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Pepes’ 

Terus? Ikan Patin itu ikan apa? 

Nah, ikan patin ini ikan khas Banjarmasin juga. Rasanya enak loh, bagian lemak kulitnya itu rasanya khas sekali. Makanya ga heran deh kenapa orang banjar suka mengkonsumsi ikan ini. Karena ikan ini pasti always ready di pasar.

Ikan patin adalah jenis ikan yang bisa di budidayakan ditambak. Karena itu dia selalu eksis berada dipasar. Berbeda dengan jenis ikan gabus yang musiman dipasar. Ya, memang sih jenis gabus dan Pepuyu yang terkenal dengan jenis ikan sungai itu sekarang mulai ditambak juga. Tapi menurutku, beda sekali rasanya antara daging ikan sungai asli dan hasil tambak. 

read more

Resep Telang Betanak Khas Banjarmasin 

Resep Telang Betanak Khas Banjarmasin 

Halo apa kabar dunia dapur emak rempong?? Aku yakin ya emak-emak mulai pada rajin masak deh pasca berleyeh-leyeh mudik ditempat keluarga pas lebaran. Pasti deh mulai ngisi stok kulkas kepasar buat ‘perang’ didapur. Emak kan pada rajin yak.. Nah, Gimana dengan aku sendiri? 

Dengan senang hati aku berkata bahwa aku dalam fase males tingkat akut. 😂 

Ya iya, kan waktu mudik nih asik banget dirumah mama tinggal makan dan ngemil dimeja makan yang tersedia dengan manis. Andai ngebantu pun masih bantu-bantu cantik lah. Menikmati seminggu penuh pensiun menjadi inem didapur dengan memakan masakan yang tergolong enak bikinan Mama kemudian akhirnya membuat saya eneg liat isi kulkas dirumah sendiri yang udah kosong melompong. 😅

read more

IBX598B146B8E64A