Garang Asem Iga with Daun Asam Simbilikan 

Garang Asem Iga with Daun Asam Simbilikan 

Hai buat kamu-kamu semua pecinta makanan berlemaks. Semoga salah satu resep ini bisa menginspirasi kalian untuk membuat kreasi masakan iga sapi. 

Seperti kita tau Iga Sapi merupakan makanan yang sangat lezat. Aku sendiri sudah terlalu bosan membuat sop iga dan bubur kaldu iga. And if u really know with my husband, percayalah dia tidak terlalu suka dengan masakan yang berbau ‘baru’ (bukan masakan banjar). Yah, sulit sekali memasak dengan lidah yang satu selera dengannya. 

Kebetulan hari ini mamaku datang kebanjarmasin dari kampung nun jauh disana (hah, lebay). Yah, aku suka dengan kampungku dulu Dipelaihari (ujung). Banyak hal yang kurindukan selain curcolan Mama dan Abahku, yaitu bau pedesaan, kebun buah naga, nyurcol dengan kambing (ini hoby farisha yah, bukan aku), serta air kelapa yang langsung dipetik dari pohonnya. Dan salah satu hal yang kurindukan adalah daun asam ini. Aku pun tak sungkan lagi meminta mama membawakannya. Aku sangat kangen dengan cita rasa masakan dirumahku (dahulu). 

Mama menyebutnya daun asam simbilikan. Aku tak terlalu tau kenapa namanya begitu, yang jelas selama aku hidup didesa daun ini tak pernah berbuah dan pohonnya pun rendah. Daun ini sangat lezat untuk dibuat garang asem. Garang asem iga adalah masakan yang paling cucok dipadukan dengan ini. Jika anda tak mempunyai daun ini untuk mencoba masakan ini anda bisa menggantinya dengan daun kedondong. Jika tak ada juga maka asam jawa saja juga bisa mewakili (sedikit) rasanya. 

Anyway, aku jadiin ini salah satu resep favorite aku karena rasanya gurih dan segar. Dan yang paling enak tuh rasanga ga bikin eneg. Bikin kamu mau lagi dan lagi 😊

Berikut resep lengkapnya. 😊

Garang asam Iga Sapi with Daun Asam Simbilikan

Bahan:

500 gr Iga Sapi

50 gr Daun Asam simbilikan muda atau sesuali selera. 

Bumbu halus:

10 siung bawang merah

1 cm Kunyit

2 buah cabe hijau

Sedikit Asam Jawa (kalau tak ada daun asam anda bisa memperbanyak asamnya) 

1 ruas Lengkuas (memarkan) 

1 batang serai (memarkan) 

Garam dan Penyedap secukupnya

Cara membuat :

Presto Iga sapi hingga lunak selama 15 menit. 

Selama itu, siapkan bumbu halus. Saran saya menghaluskan bumbu cukup dengan cara menguleknya secara kasar. Menggunakan blender hanya akan menghilangkan cita rasa khas alaminya. 

Masukkan bumbu halus dan cabe hijau kedalam Iga Sapi yang sudah empuk dan mendidih. Kemudian masukkan Daun Asam sambil merobek daunnya agar rasa asam alaminya terasa segar dimasakan. 

U can see the process yah.. 

Cicipi rasa. Garang asem siap disajikan.

Happy Cooking. 😊

Komentari dong sista

3 thoughts on “Garang Asem Iga with Daun Asam Simbilikan 

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A