Membuat Donat Super Empuk dengan Metode Tangzhong

Membuat Donat Super Empuk dengan Metode Tangzhong

Hayuk, siapa disini penggemar Donat angkat tangaaaan🙋

Kali ini aku mau share cara bikin donat yang kek orang-orang jualan itu. Empuk plus menul dan tentunya pake kentang juga yak. 

What? Iyaa.. Iyaaa.. Aku tau fotoku jelek😭. Soalnya aku bikin ini malem dan motonya malem. Ditambah aku emang amatiran dalam hal foto memoto (hiks). Mau difoto lagi pagi kok ya udah abis.😅 

Membuat Donat berbeda dengan cara membuat rerotian pada umumnya karena Tekstur Donat itu soft dan juga digoreng. Bagian luar terlihat dengan bentuk cincin nan montok dan kokoh. Namun,  bagian dalam soft dan berasa kentangnya itulah Donat. 

Metode membuat donat dengan teknik Tangzhong adalah salah satu solusi mempertahankan tekstur empuk donat. Apa itu Tangzhong? Siapa penemunya dan bagaimana prosesnya? 

Awalnya metode Tanghzong ini digunakan oleh masyarakat Cina sebagai bahan dasar adonan mie atau pangsit. Lalu, semakin lama, metode Tangzhong digunakan juga dalam proses pembuatan roti. Tujuan dari metode Tangzhong adalah membuat adonan pasta yang bertujuan dapat lebih banyak mengikat air dan membuat tekstur roti lebih lembut. Kelembutan roti pun bisa tahan selama beberapa hari. 
Roti dan Donat? Mirip saja. Hanya saja Donat memakai kentang. So, kenapa tidak mencobanya dengan Metode yang sama?

Resep ini adalah hasil modifikasi dari roti yang biasa aku bikin dengan metode Tangzhong yang baru-baru ini iseng aku aplikasikan. Jujur, ini masih Trial dan Error karena so far no problem kecuali pada bagian ‘terkejut’ karena adonan yang sudah super mengembang tiba-tiba harus agak rusak gara-gara tanganku yang sudah diusahakan berhati-hati namun tetap membuat bentuk donat agak goyang saat menaruhnya dipenggorengan. (Donat bercap tiga Jari) 😅

Hasilnya? Donat empuk. Tekstur lebih oke dibanding metode sebelumnya. Namun aku masih memiliki PR besar untuk membuat bentuknya konsisten cantiknya. 

Berikut Resepnya

DONAT TANGZHONG

Bahan:

250 gr Terigu

1 buah kentang kukus yang dihaluskan

1 kuning telur

5 sdm gula pasir

1/2 sdt vanila

1/2 sdt garam

3 sdm mentega cair

Bahan adonan Tangzhong:

2 sdm Tepung terigu

2 sdm Tepung Maizena

150 ml susu UHT

Bahan Ragi:

1 sdt Ragi

1 sdt gula pasir

4 sdm air hangat

Cara Membuat:

Adonan Tangzhong

Campur 2 sdm terigu, 2 sdm maizena dan susu UHT kedalam panci panaskan diatas api kecil hingga mengental seperti pada gambar dibawah ini:

Bahan Ragi

Campur 1 sdt ragi instan, 1 sdt gula pasir dan 4 sdm air hangat pada gelas. Tutup dan diamkan 10 menit. Jika Ragi berbuih dan mengembang artinya ragi aktif dan dapat dipakai. Jika tidak, aku sarankan ganti raginya. Ragi yang tidak aktif hanya menyebabkan kegagalan. 

Setelah Tangzhong dan Ragi Siap kemudian kocok telur, vanili dan gula hingga gula larut. Masukkan Tepung terigu, adonan Tangzhong, kentang yang dihaluskan dan Ragi. Uleni hingga kalis. 

Terakhir masukkan mentega dan dan garam. Uleni lagi hingga adonan tidak lengket. Jika masih lengket anda dapat menambahkan sedikit terigu. Hati-hati dalam menambahkan terigu. Terlalu banyak menambahkan terigu akan menyebabkan donat bantat. Terlalu sedikit menyebabkan tekstur donat over lemah saat dibentuk. 

Jika dirasa sudah kalis. Diamkan 1 jam. 

Setelah satu jam, bentuk donat kemudian diamkan selama 1 jam. 

Goreng hingga kuning kecoklatan. (Inilah PR besarku, donatku mengalami kerusakan karena jariku sendiri. Padahal waktu selesai proofing ini cantik loh😭) 

Beri toping sesuai selera. Kalo aku tidak terlalu suka dengan toping glazur yang over manis. Aku lebih suka yang simple seperti DCC dan meises. 

Caranya gampang, tim DCC dengan sedikit mentega. Lalu tempelkan pada meises. 
Simple kan.. Coba yuk. Kalo berhasil bilang-bilang yaaa.. 😊

Happy Cooking 😊

Komentari dong sista

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A