Puding Caramel ala Sheza Kitchen

Puding Caramel ala Sheza Kitchen

Ada yang pernah nyoba puding caramel? Aku yakin banyak yang pernah nyicipin yak. Kue yang satu ini lumayan booming dari bulan.. Eh.. Tahun kemarin kali yak.. 

Jujur aja, Aku baru kali ini nyoba bikin Jenis Puding ini dan aku ga pernah ngerasain rasa aslinya, hihi..

Pertama-tama aku search resepnya di cookpad. Aku agak kaget juga sih, “Kok ga pake Bubuk Agar-agar?” aku perhatikan komposisi bahannya terus mikir. “Sepertinya teksturnya bakal kayak bingka deh” 

Iya, Bingka.. Wadai Khas banjar itu. Bedanya yang satu ini pake susu UHT, kalo Bingka pake santen. Sama-sama memakai telur untuk membentuk teksturnya yang cair. Bedanya kalo bingka make Kuning Telor dan ditambah bahan kentang atau tapai lalu sedikit tepung atau gabin dan roti, kalo ini make Kuning dan Putih telornya aja, nothing else sebagai pemadatnya. Wew, apa ga roboh tuh puding? 

Berbekal penasaran akhirnya aku coba juga salah satu resep di cookpad. Pasrah akan hasilnya kayak gimana. Aku sih tiap bikin sesuatu itu kalo first trial pasti nyoba dengan takaran sedikit dengan dorongan dihati.. Oke win.. Gini-gini aja kok pasti bisa!

Iya, sebenarnya biar kita nyontek resep di content manapun kalo basicnya kita udah sering masak bakal bisa aja. Kayak waktu aku liat-liat resep ini nih, aku udah ada feeling buat takaran pas segimana. Udah ada feeling nih teksturnya kira-kira gimana, manisnya pas enggak dengan takaran gula segitu, telurnya bagaimana kalo bakal dicampur langsung. Iya, itulah yang namanya insting. 

Insting akan tumbuh seiring seberapa sering kita memasak. Ibarat penambahan garam dan gula dalam memasak. Insting akan jalan hanya dengan sekedar menambahkan walau kelihatan ngasal. Bahkan, koki tingkat atas bisa saja tidak mengandalkan indra perasa lagi yak. Seperti Drama Korea kesukaanku dulu yaitu Jewel In the Palace. Ketika indra perasanya hilang, tetap saja dia bisa memasak enak dengan mengandalkan indra penciumannya. Ada yang tau? Oke abaikan.. Hihi 

Aku udah bolak-balik liat berbagai resep dicookpad. Aku dokumentasikan dengan versiku sendiri. Jadi bila kamu nanya apa sumbernya? Penulisnya? Aku bilang cookpad aja, ga nyontek sama satu penulisnya. Kenapa? Karena ini hampir semua takarannya aku ubah. Hihi.. 

Kok gitu? Karena ada resep yang memakai banyak gula di basic n karamelnya. Aku udah ngebayangin gimana gilanya rasa manisnya. Ada pula resep yang memakai banyak susu dan sedikit telur. Dari foto aku udah liat kalo agarnya agak rapuh. 

Tapi setiap first trial pasti ada kekurangannya. Seperti Puding Caramel yang aku buat ini, kekurangannya adalah pada Caramelnya yang kurang brown karena aku tambahin takaran airnya. Untuk rasa? Hmm.. Aku recommended banget bakal aku Recook lagi. Ini lebih enak dibanding Bingka. Cocok buat aku yang menghindari konsumsi Santan. 

Oke.. Udah berapa paragraph ini aku ngalor ngidul.. Hihi.. Langsung aja ya cuss aku share resep nya.. 

Puding Caramel

Bahan Puding:

300 ml Susu UHT

1 sdm Gula Pasir

2 butir Telur *Kocok Lepas

1/2 sdt Vanili Bubuk

Bahan Caramel:

50 gr Gula Pasir

3 sdm air

Cara membuat:

Pertama-tama olesi cetakan aluminium dengan mentega. Kemudian lanjutkan dengan membuat Caramel dan Puding

Membuat Caramel: Sangrai Gula Pasir hingga coklat. Masukkan air. Tuang pada cetakan diamkan 5 menit. Sementara menunggu mari kita buat Pudingnya.

Membuat Puding: Campur Susu UHT dan Gula panaskan pada api sebentar untuk melarutkan gula. Masukkan vanili bubuk. 

Setelah larutan susu agak dingin masukkan kocokan telur. Aduk rata. Kemudian tuang pada cetakan yang sudah dituangi cairan caramel. 

Untuk menghindari adanya bagian telur yang tidak rata maka aku sarankan untuk menyaring larutan puding. 

Setelah ini bukan didiamkan ya pemirsa.. Tapi dioven atau dikukus. Kenapa? Karena puding ini tidak mengandung komposisi bubuk agar-agar. Jadi jangan didiamkan ya, ga bakal jadi puding nanti. Hihi.. 

Aku sendiri lebih memilih untuk mengukusnya. Kenapa? Hemat laaah alasannya.. Hahahha… Oven kek gini selama 30 menit rugi laah listrik aku.. 😂

Setelah dikukus aku agak menyesal pemirsa. Kenapa? Karena Pudingnya agak berair. Wajar sih ya, karena jenis bingka pun jika dikukus bakal berair. Ini hal wajar. Kalau anda mau perfect dioven aja yak. Jangan ngirit kayak aku nih. 

Oya, setelah dikukus ato dioven didiamkan dulu sampai agak dingin. Lalu masukkan kulkas ya. Ini enaknya disajikan dingin. 

Aku puas lah sama hasilnya. Teksturnya soft banget. Rasa manisnya pas dan ternyata aku bikinnya terlalu sedikit. Ini sebentar juga abis. Hihihi.. 

Saran buat yang Recook:

  • Sebaiknya puding dioven dengan teknik au ben mary. Yaitu menambahkan air dibawah cetakan. Teknik ini hanya mengambil api atas sebagai pematangnya dan menghindari bagian bawah Puding mencoklat. 
  • Untuk Caramel Sangrai dulu Gula pasir hingga brown. Baru tambahkan air. Menambahkan air jangan terlalu banyak, bakal kurang brown caramelnya. 

Okee.. Itu aja ya.. Happy Cooking.. 😊

Komentari dong sista

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A