Yuk, Bikin Ayam Betutu Khas Bali

Yuk, Bikin Ayam Betutu Khas Bali

Kali ini mau Share resep makanan khas Bali. Namanya Ayam Betutu. Eh, emang aku orang Bali? Baru dari Bali? Enggak cuma mau sok Explorer aja. Biar dirumah aja kerjaan tapi  harus tetap berpura-pura berjelajah, kepasar misalnya..Hihihi.. 

Cita-citaku yang lain yang tidak pernah kesampaian adalah menjadi pemandu wisata kuliner. Jadi maklum saja ya jika aku terlalu lebay dalam foto-foto makanan. Karena foto makanan itu adalah salah satu sumber kebahagiaan. Trus, kalo ada yang ngences2 liat foto-foto ku Sekali-sekali bisa berkunjung kerumah loh, kita masak bareng😄. Ato kalo merasa malas kerumahku buka aja Blog ini. 😁

Ceritanya dimulai dari menjadi silent followers aktif ibu ibu yang doyan masak di Ig. Salah satunya IG Xander Kitchen. Disana aku ada liat resep ayam betutu ini, jadi Ngiler deh pengen nyoba tapi bingung juga kira-kira enak ga ya? Soalnya kalo diliat dari bumbunya dengan air yang menurutku lumayan banyak bakal jadi eneg rasanya. 

Ternyata Andins Kitchen yang juga diam-diam selalu kulihat galeri IG nya juga merecook resep ini dan katanya enak pake banget. Aku liat dia pake Ayam Ras biasa, ya udah deh aku iseng recook juga. 

Pertama kali aku membuat Ayam Betutu ini aku bener bener copas nurutin resepnya. Pake ayam ras dan air sebanyak 500 ml untuk separuh resep. Aku udah punya firasat dengan tekstur Kuahnya. Ternyata firasat ku benar. 

Walau Ayamnya sudah kulumuri air jeruk nipis dan kuremas dengan garam tapi air kaldu dari ayam betutu yang kubuat ini agak kurang sreg dilidahku. Mungkin beda halnya jika aku menggunakan ayam kampung. Pasti langsung lezat. 

Sebagai anak dari orang tua yang dulunya berternak ayam aku tau lah ya bedanya daging ayam ras dan ayam kampung. Apalagi kaldunya, beda banget. Kaldu ayam ras/ayam pedaging lebih ‘beinguh’ aku kurang tau ya bahasa indonesianya apa😅. Beda dengan ayam kampung yang air kaldu nya gurih dan lezat. 

Jadi, untuk kedua kalinya bikin resepnya aku modifikasi sedikit cara membuat ayamnya. Berikut resepnya:

Ayam Betutu

Bahan:

1/2 ekor ayam Ras

250 ml air (resep asli 500ml)

Garam dan penyedap secukupnya 

Bumbu Halus:

2 cm kunyit

6 biji Lombok keriting (resep asli pake rawit 8 biji) 

4 butir kemiri

1 sdt terasa goreng

1 sdt ketumbar

1 sdt merica

Bumbu Iris:

12 siung bawang merah

4 siung bawang putih

8 biji Lombok rawit

2 cm Kencur

5 cm Jahe

2 cm Kunyit

3 cm laos

Bumbu lainnya:

2 Batang serai

4 lembar daun jeruk

Cara membuat:

Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Goreng hingga setengah matang untuk menghilangkan bau khas ayam ras. (resep asli tidak digoreng) 

Ayam ras yang digoreng setengah matang

Sementara menggoreng, anda bisa menyiapkan bumbu halus dan bumbu iris. 

Tumis bumbu iris hingga harum dan layu.

Ga enak banget deh diliat wajahnya ya.. Ada item 2 bekas goreng ayam,hihi

Kemudian masukkan bumbu halus, serah dan Daun jeruk. Tumis hingga mendidih dan harum. Masukkan garam dan penyedap. Icip-icip hingga rasanya pas

Kemudian masukkan Ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk sebentar, lalu masukkan air. Masak hingga bumbu reduce. 

Ayam Betutu ini memiliki cita rasa khas rempah Indonesia. Resep asli menggunakan banyak air. Sehingga hasil yang saya coba pertama kali seperti ini. 

Tetapi aku lebih suka dengan air yang sedikit seperti pada gambar sebelumnya. 

So.. Which u wanna try? 

Happy Cooking ya.. 😊

Komentari dong sista

2 thoughts on “Yuk, Bikin Ayam Betutu Khas Bali

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A