Resep Bubur Ayam Khas Banjarmasin 

Resep Bubur Ayam Khas Banjarmasin 

Halo, kamu puasa? Punya masalah sama kayak aku? Penyakit Asam Lambung? Yang kalo buka puasa nih ga bisa makan yang berat-berat seperti bejibun nasi. Sukanya cuma makan kue n sesuatu yang bertekstur soft dan hangat diperut dan ga bikin begah. 

Yup, itu aku? Kalo kamu gimana? 

Nostalgia penyakit dulu nih.. Jadi puasa tahun kemaren aku sempat kena magh akut. Bener-bener parah sampai ga bisa makan apapun pas buka puasa. Bawaannya masuk angin, pusing, pengen sendawa mulu. Berapa lama? Satu minggu. Akhirnya aku berobat kedokter dan diresepkan beberapa obat. 

Salah satu saran dokter adalah “Kalo buka puasa jangan makan yang berat-berat. Apalagi makanan pedas dan asam. Bisa makin parah lambungmu. Kalau bisa makan bubur aja. Kalo lapar ngemil aja. Ngemilnya yang soft. Jangan berat-berat” 

Nah sejak itu aku mulai bikin bubur esok harinya buat menu berbuka puasa. Wah bener loh kata dokter.. Perut saya langsung berasa hangatnya dan berasa enaknya. Ga ada mual-mual habit lagi. 

Tadinya suami saya agak males liat menu bubur yang saya sajikan saat buka puasa. Nah, pas dia makan kok jadi nambah mulu? Kenapa? Keenakan? Pikir saya yang ga biasa liat suami saya nambah makan bubur. 

Terus dia bilang “Ternyata enak juga sesekali makan bubur gini pas buka puasa. Ga bikin perut begah. Rasanya hangat dan kenyangnya pas. Pas buat diet juga” 

Loh, mau diet pak su? Hihihi

Sejak insiden penyakit magh saya yang parah itu saya mulai terapi bubur tiap buka puasa. Pernah nih kasian juga liat suami saya makan bubur mulu. Akhirnya saya bikin menu masakan nasi dan ikan panggang khas banjar lagi. Lah pas buka puasa dia malah kecewa. 

“Kok bukan bubur? ”

Jiah, ada yang kecewa.. Padahal saya niatnya kan bikin dia seneng. 

Jadi kalo kalian nanya menu apa yang bikin keluarga saya addicted saat buka puasa? 

Ya menu bubur ayam Khas Banjarmasin. 

Berikut resepnya:
Bubur Ayam Khas Banjarmasin 

(untuk 4 porsi) 

Bahan:

150 gr beras

5 kaki ayam

500-600 ml air

1 batang wortel

1 kentang

1 batang daun bawang

1 sdm munjung bumbu sop khas banjar *klik n u can see how to make it😊

1,5 sdt garam

Penyedap secukupnya

Pelangkap:

Suwiran ayam goreng secukupnya

2 biji telur itik rebus

Bawang goreng

Irisan Daun Seledri 
Cara membuat:

Bersihkan beras. Sangrai beras sampai kering tak berair. (jangan sampai gosong) 

Masukkan beras kepanci presto, tambahkan kaki ayam, wortel, dan kentang. 

Masukkan air, garam, penyedap dan Bumbu sop. Presto selama 10 menit.

Diamkan panci presto 10 menit setelah kompor dimatikan lalu masukkan irisan daun bawang. Jika bubur dirasa kurang lunak boleh dimasak lagi hingga sesuai dengan selera kelembutan masing-masing. 

Sajikan bubur dengan suwiran ayam goreng, irisan telur itik rebus, bawang goreng dan irisan daun seledri. 

Gimana? Mudahkan? Ini juga enak banget loh buat sarapan. 

Happy Cooking.. 🙂 

Komentari dong sista

2 thoughts on “Resep Bubur Ayam Khas Banjarmasin 

  1. Baru tau ada varian baru dari bubur ayam… Soalnya saya termasuk penggemar bubur ayam, nih 🙂 resepnya termasuk gampang mbak

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A