Resep Kreasi Buah Nanas “Caramel Nastar Cinnamon Cake” 

Resep Kreasi Buah Nanas “Caramel Nastar Cinnamon Cake” 

Nastar Cake? Bukannya sudah pernah diposting win? 

Oh bukan.. Ini bukan Kue Kering pemirsa.. 

Ini jenis Cake. Yes.. Its time for Baking! 

Jadi ceritanya saya punya stok air nanas pemirsa..sekitar 300 ml… 

Kok bisa? Apaan tuh air nanas? 

Ya.. semua bermula ketika saya bosan menunggu selai nenas yang memakan waktu cukup lama untuk memasaknya. Saat itu saya ingin membuat isian nastar.  

Eh eh ternyata ditengah kebosanan saya muncullah postingan dari Eda Dame Tobing. Salah satu rujukan saya dalam resep bebakingan memberikan inspirasi. “Disaring aja air nenasnya habis diparut..” Katanya.. 

Then, its work

Cuma dalam waktu 20 menit 2 buah nanas besar yang sudah saya parut dan saya saring airnya sudah berubah menjadi selai di teplon saya. Lalu terjadilah Nastar.. Jeng.. Jeng… 

Ah, tidak sampai disitu ternyata perjalanan si nanas ini pemirsa..

Air dari nanas ini melambai-lambai minta dijadiin enak juga setelah sebulan saya simpen di freezer. Konon katanya kalau simpenan dikulkas itu mencapai umur 2 bulan dia bisa manggil-manggil kita tengah malam.. Bunyinya gini nih “sayuuur.. Sayuuur..” *loh kok? Becandamu aneh win.. 😂 kagak lucu!!! 

Jadi, masih bersumber pada Inspirasi saya si Eda Dame Tobing. Akhirnya saya ingin bikin air nenas ini jadi ‘Cake Nenas’. Begitu beliau memberi nama kue ini. 

Tapi boleh dong ya saya ganti aja lah namanya. Jadi apa? Jadi ‘Caramel Nastar Cinnamon Cake’ . 😄

Kenapa? 

Ya karena Cake ini rasanya unik banget. Asli deh, super duper yummy! Seperti perpaduan antara nastar, lapis legit, bika ambon dan cake caramel. Jadi aku bingung nama yang pas. Jadi gabungin aja kali ya. Biarlah ngasal. 😂

Apa ga ngasal tuh rasanya? Ya.. Saranku COBA AJA!! COBA!! Ini asli enaknya pake bingiiitttsss… 

Sekedar curhat sebenarnya dalam proses pengolahannya ini mengalami 3x kecelakaan. Makanya disitu saya sisipin kata ‘Caramel’. Sebenarnya resep aslinya ga sampe ada rasa caramelnya.. 😂

Oke, berikut beberapa kecelakaan yang saja rincikan terjadi pada Cake ini. 

1. Pada pencairan gula seharusnya tidak sampai membentuk Caramel. Hanya sekedar cair. 

2. Saat menaruh kue pada oven tangkring tiba2 ovennya miring. Alhasil kuenya jadi agak miring. Saking kagetnya saya sampe ngorbanin jemari saya supaya ovennya stabil. Huph.. 

3. Ketika ingin membasuh bekas wadah caramel nanas, saya liat ada sedikit kuah karamel tersisa. Saya sendokin terus masukin keatas loyang kue yang udah dipanggang. Imajinasi si emak mikirnya entar jadinya nih kue bakal mengkilat diatasnya. Realitanya kuenya agak pecah ditengah gara-gara kelakuan konyol ini. 😂 jangan ditiru ya kelakuan konyol ini. 

Gimana sih bikinnya..? Yuk ahh.. Intip resepnya! 

Caramel Nastar Cinnamon Cake

Bahan:

225 ml air nanas (dari saringan hasil parutan buah nanas) 

4 butir telur

150 gr gula pasir

90 gr tepung terigu

25 gr tepung maizena

1 sdt bumbu spekulas (kayu manis bubuk) 

1 sdt soda kue

50 gr margarin

1 sachet SKM

Cara membuat :

Aduk gula pasir diatas teplon dengan api kecil hingga berbentuk caramel. Sementara itu, panaskan air nanas. 

Setelah air nanas panas tuang keatas caramel dan aduk hingga rata. Dinginkan

(wacth out yak..ini penampakannya mirip minyak goreng. Simpen baik-baik pas mendinginkan. Jangan sampai ada yang masuk dapur terus cusss goreng ikan diatasnya.. Bisa kacauuuu.. Kacauuu…) 😂

Campur Terigu, maizena, bumbu spekulas dan soda kue. Aduk hingga rata. 

Kocok mentega dan SKM hingga menyatu. Kemudian masukkan telur satu persatu. Mixer hingga tekstur terlihat seperti gambar dibawah. 

Matikan Mixer. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula plastik. Tuang juga karamel nanas tadi sambil diaduk lalu tuang pada loyang brownies yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu. 

Panggang dengan suhu 180 derajat selama 40 menit. 

Tadaaa…. Aku bilang dalam prosesnya agak kecelakaan kan yak.. Hihi.. Maklumin pecahan ditengahnya.. 😂 jangan ditiru kecerobohankuu.. 

Tapi ini enak loooh.. Biar penampakannya agak cranky gitu atasnya tapi ini kue enak.. teksturnya mirip karamel cake serta memiliki rasa perpaduan bolu, nastar, dan lapis legit karena cinnamonnya. 

Happy Cooking.. 😊

Komentari dong sista
Shares 0

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A