Resep Kreasi So Good Ayam Potong “Soto Banjar ala So Good” 

Resep Kreasi So Good Ayam Potong “Soto Banjar ala So Good” 

Halo.. Emak-emak.. Lagi masak apa hari ini? 

Terkadang memasak itu butuh mood yang bagus, betul? Begitupun dengan saya, entah kenapa rasanya sulit sekali keluar dari suasana Ramadhan dan Idul Fitri yang hangat. Ya, sedih setiap kali mengingat Ramadhan dan Idul Fitri tak terasa sudah berlalu. Dan saya merasa sangat amat merindukan suasananya. 

Karena semangat saat memasak di saat Ramadhan dan Idul Fitri terasa berbeda dibanding hari-hari biasanya. Terasa sekali bahwa saat Ramadhan dan Idul Fitri saya selalu terbawa oleh suasana hangatnya silaturahmi. Entah kenapa makan bersama keluarga besar itu terasa berkali-kali lebih enak dibanding hanya bertiga saja. 

Tiba-tiba saya terkenang dengan masakan soto banjar ala mertua. Bulan Ramadhan kemarin kami sering makan soto banjar ini dirumah beliau. Anak saya sangat suka. Soto banjar adalah masakan berkuah pertama yang disukai oleh anak saya. 

Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk menghidupkan kembali semangat Ramadhan hari ini dengan membuat Soto Banjar. Namun kemudian saya merenung, saya tidak punya ayam kampung sebagai bahan utama pembuatan soto banjar. Padahal saya baru saja mendapatkan resep dari mertua saya. 

Tetapi masalah sudah teratasi. Saya punya stok So Good Ayam Potong di Freezer. So Good Ayam Potong berasal dari bibit ayam pilihan yang dipelihara dengan baik dipeternakan modern, ayam So good tumbuh sehat tanpa suntikan hormon. Dipotong secara HALAL, dibekukan sempurna dengan teknologi Individually Quick Frozen yang mengunci empat kualitas ayam segar yaitu SEGAR, GIZI, RASA dan BERSIH. 

Waw.. Ini sudah sama kualitasnya dengan Ayam Kampung, pikirku. Dan bukan itu saja, So Good Ayam Potong sangat praktis, tinggal olah, tak perlu dipotong dan dicuci. Tapi karena Daging Ayam So Good ini beku aku memutuskan untuk membuatnya esok hari saja. Cara terbaik untuk membuatnya tidak beku adalah dengan mendiamkannya didalam chiller/bagian bawah kulkas kurang lebih 6-10 jam. Tapi jika anda tak sabar ingin membuatnya anda bisa membungkus rapat daging ayam so good dengan plastik lalu merendamnya dalam air dengan suhu normal kurang lebih satu jam. 

So Good yang kupakai adalah So Good dengan potongan premium yang terdiri dari potongan paha dan dada ayam saja, sehingga jumlah dagingnya lebih banyak dari ayam utuh. Pokoknya, ga rugi deh beli So Good. 

Oh ya, Resep soto banjar ini sudah turun temurun dari mertua saya dan beruntung saya bisa mendapatkannya serta menulisnya disini. 

Resep ini diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala SO GOOD #BPNxSOGOOD yang diselenggarakan oleh SO GOOD bersama Blogger Perempuan Network. Aku ikutan ketegori #RamadhanSoGoodAyamPotong
Soto Banjar ala So Good 

(untuk 5 porsi) 

Bahan

Bahan Kuah Soto

4 potong So Good Ayam Potong

1 buah wortel

600 ml air

50 ml susu cair UHT

1 batang daun bawang

1 sdt gula

1/2 biji kuning telur itik *haluskan

1/2 biji kentang rebus *haluskan

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Bumbu halus:

8 siung bawang merah

6 siung bawang putih

1 cm jahe

1/2 sdt pala bubuk

1/2 sdt merica bubuk

2 biji kapulaga

2 biji cengkeh

3 cm kayu manis

1 buah kembang lawang

1 lembar daun ganti

1 sdm margarine

Minyak Goreng Secukupnya

Bahan Pelengkap 

2 biji ketupat ukuran besar

2 biji telur itik

Perkedel Singkong atau Kentang

Soun secukupnya

Bawang Goreng secukupnya 

Daun Seledri secukupnya 

Jeruk Nipis

Bahan Perkedel Singkong

200 gr singkong kukus yang dihaluskan

1 sdt bumbu halus soto banjar yang sudah ditumis

1 sdm mentega

1 sdm bawang goreng

1 batang seledri

Garam dan penyedap secukupnya

Cara membuat: 

Terlebih dulu kita buat bumbu untuk soto ini. Karena bumbu ini juga terpakai untuk bahan pembuatan perkedel. 

Haluskan semua bumbu yang dihaluskan, kecuali kembang lawang, cengkeh dan kayu manis. Tumis dengan 2 sdm minyak goreng dan 1 sdm mentega hingga bumbu matang, warna menggelap dan harum seperti pada gambar dibawah ini. Jika bumbu kurang matang maka akan berpengaruh pada rasa kuah soto. 

Dinginkan bumbu. Lalu rebus 4 potong So Good Ayam Potong dengan 600 ml air. Daging Ayam pada So Good sudah siap pakai sehingga kita dapat langsung merebusnya. Setelah mendidih masukkan potongan wortel. 

Selama merebus daging ayam, mari kita membuat perkedel. Campur semua bahan perkedel singkong kemudian aduk dan bentuk bulat pipih. Celupkan pada tepung kanji lalu goreng hingga kecoklatan. 

Masukkan bumbu soto pada kuah soto kemudian masukkan susu cair, garam, gula, penyedap, kembang lawang, cengkeh dan kayu manis. Biarkan hingga matang dan mendidih. 

Keluarkan potongan ayam untuk disuwir dagingnya. Masukkan kentang rebus dan kuning telur itik rebus yang dihaluskan. Kemudian masukkan potongan daun bawang. Kuah soto banjar sudah selesai. 

Tata pada piring atau mangkok ketupat yang diatasnya ditaburi soun, potongan ayam So Good yang sudah direbus dan disuwir, potongan telur itik, perkedel, potongan daun seledri dan bawang goreng. Kemudian siram dengan kuah soto banjar yang mendidih. 

Perah air jeruk nipis diatasnya. Jika suka anda bisa menambahkan kecap manis atau asin serta sambal lombok untuk menambah cita rasa. 

Soto Banjar siap disajikan.. 😊

Kalian tau bagaimana reaksi Farisha setelah makan Soto Ayam Banjar ala So Good ini? Dia bilang sotonya enak bangeet!! 

Jujur aku sempat agak ragu untuk memasaknya dalam jumlah banyak tapi keraguanku berkurang ketika melihat kaldu dari rebusan ayam So Good. Kaldunya jernih dan tak berbau, saat aku cicipi kaldunya enak sangat berbeda dengan daging ayam broiler yang biasa aku beli dipasar. 

Jika kaldunya saja sudah sedap apalagi jika ditambah bumbu soto banjar. Makin sedap sekali. Sekarang aku cukup pakai So Good untuk membuat kreasi masakan berbahan Ayam Segar. 

Masih bingung ga punya ayam kampung buat bikin soto banjar? Pakai So Good Ayam Potong aja!! 

Oya, Kamu mau ikutan lomba ini juga? Masih sempat loh, 23 Juli masih lama kan..Hehe😄

Happy Cooking! 😊

Komentari dong sista

4 thoughts on “Resep Kreasi So Good Ayam Potong “Soto Banjar ala So Good” 

  1. Iya bum.
    Pake telur itik sama kentang rebus jg kuahnya.. 🙂 yg penting susu jenis UHT bun yg putih y jgn yg coklat..

  2. Hehe..kesinii ajaa kalian.. Siapa suruh punya rumah jauh.. 😛
    Ituuu… Udah di edit fika.. Makasih ya.. Bahasa indonesianya kayaknya namanya daun ganti. Kami menyebutnya ganti ganti.. Hihi

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A