Resep Pizza Teplon Sederhana

Resep Pizza Teplon Sederhana

Hai hai.. Setelah kemarin aku lagi muter-muter passion ga jelas mulai dari cerita pengalaman anak tantrum, baby blues, hingga nyurcol lipstik akhirnya tertulis juga resep pizza ini. Haha.. Dasar mama yang ga jelas bakatnya. 😅

Seminggu yang lalu aku kan udah nulis resep donat yak. Minggu ini aku lagi mood nulis resep pizza, karena makanan satu ini lumayan digemari dikeluargaku. Baking is wajib lah ya ujung-ujungnya. Walau aku udah resign jualan dan meraba-raba kegiatan lain aku masih belum benar-benar meninggalkan dunia baking. Dan aku tak mau meninggalkannya.😊

Hambatan dalam hoby bakingku salah satunya adalah naiknya tarif listrik. Ini benar-benar problem serius buat aku yang udah kecanduan make oven listrik. Biasanya aku bayar listrik itu sekitar 100ribu perbulan. Sejak rajin baking naiknya jadi 200-250ribu sebulan. Haduh, inikan bikin saya galau yak. Segalau-galaunya.

Makanya jangan heran resep pakai oven di blog ini cuma pie susu dan bolu singkong. Karena memang itu kue yang terakhir aku buat memakai oven (yang aku dokumentasikan😅). Membuat Donat adalah salah satu pelarian bakingku. Donat kan digoreng. Jadi aku no problem yak.

Pizza kali ini aku buat memakai teplon. Jadi, ga ada alasan ya buat kamu-kamu yang ngakunya ‘ga punya peralatan’ buat baking. Baking itu sebenarnya fleksibel mom. Pakai aja peralatan yang ada. Resep ini juga buat mommy yang mau ngirit.. Hihi.. Lumayan kan mom dari pada pake oven listrik jadi boros lagi 😅.

Percayalah mom ini cukup empuk hasilnya. Memang tak seperfect memakai oven. Kekurangan dalam memakai teplon adalah tidak ada Api Atas. Sehingga proses pematangan hanya dari api bawah. Hal ini membuat Pizza kurang brown dibagian atas. Tapi, jika kau mengikuti step by step resep pizza ku ini maka dijamin pizza yang kau buat matang, empuk, dan lezat.

Pizza Teplon

Bahan Dough:

100 gr terigu Protein Tinggi

150 gr terigu Protein Sedang

1 kuning telur

1,5 sdm Susu Bubuk

1 sdm Fermipan

1/2 sdt Garam

2,5 sdm Gula Pasir

3 sdm minyak zaitun *aku pakai minyak goreng

Air Secukupnya

Bahan Saos Pizza

150 gr Ayam Cincang

2 siung Bawang Putih

1 buah Bawang Bombay

1 buah Wortel

1/2 buah Jagung

1 sdt bubuk oregano

3 sdm saos tomat

3 sdm saus cabai

1 sdt merica

1 sdt gula

Garam dan Penyedap secukupnya

Bahan Topping:

Irisan Bawang Bombay

3 buah sosis

Keju Spreadable

Cara Membuat:

Campur 1 sdm Feemipan dengan 1 sdm Gula Pasir dan 50 ml air hangat. Diamkan 15 menit hingga berbuih seperti gambar 1. Jika tidak berbuih jangan dipakai. Sudah pasti pizza anda akan bantat karena raginya tidak bekerja.

Campur Telur dan Gula pasir aduk hingga gula larut. Masukkan Tepung terigu, larutan ragi, susu bubuk dan air secukupnya uleni hingga kalis. Pastikan dalam menambahkan air tidak over dan tidak terlalu sedikit. Terlalu banyak menyebabkan adonan lembek dan susah meragi. Terlalu sedikit menyebabkan adonan tidak terhidrasi dengan baik sehingga roti menjadi kurang empuk.

Terakhir, Masukkan minyak dan garam. Uleni lagi hingga adonan kalis.

Tutup adonan dengan kain setengah basah. Diamkan 20menit.

Setelah 20 menit uleni kembali roti. Kemudian tutup kembali memakai kain. Diamkan lagi 20 menit. Adonan Roti akan mengembang 2x lipat seperti gambar 4.

Selama membiarkan ragi roti bekerja kita bisa membuat saos pizza untuk mempersingkat waktu.

Tumis bawang putih dan separuh bawang bombay hingga layu kemudian masukkan wortel. Masak hingga wortel setangah matang, kemudian masukkan ayam cincang dan pipilan jagung. Masukkan saos tomat, saos cabai, garam, gula, merica dan sedikit air. Masak hingga bumbu reduce. Terakhir, masukkan oregano. Aduk dan cicipi rasa.

Pipihkan Pizza pada teplon. Untuk resep ini, anda bisa membuat 3 buah pizza ukuran sedang.

Tuang saos pizza diatasnya, kemudian taburi dengan irisan bawang bombay, potongan keju dan sosis (anda bisa menambahkan bahan lain seperti Mozzarella dan paprika, kebetulan saya ga punya, hiks).

Saran saya, jangan sesekali membuat cheesy bites pada pizza teplon. Karena bagian atas biasanya tidak matang. Jika ingin memakai cheesy bites maka anda harus menggunakan oven yang berapi Atas. Itulah kenapa pizza ini sederhana sekali bentuknya.. Hihi

Panggang diteplon dengan api super kecil hingga matang. Jangan lupa ditutup yaa..

Dan taraaa.. Sudah jadi..

Selamat mencoba.. Happy Baking.. 😊

Komentari dong sista

4 thoughts on “Resep Pizza Teplon Sederhana

  1. Kalo pakai kuning telor rasanya lebih gurih mba menurut aku..:D makasih udah mampir mb antung.. 🙂

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A