Resep Sambal Goreng Kuning Parutan Iwak Haruan

Resep Sambal Goreng Kuning Parutan Iwak Haruan

What? Parutan Iwak Haruan?

*eh btw, parutan itu apa ya?😌

#gubrak.. 😂

Oke, buat kalian yang membaca post resep ini dan bukan orang Banjar pasti bingung dengan kata ‘parutan’. Harap maklum, karena aku juga bingung mengganti kata padanan yang pas dalam bahasa indonesia. Karena_entahlah, buat aku sendiri kata ini kalau diganti namanya kok masakannya berasa ga ada khas Banjarnya ya. Jadi biarlah begini adanya ya.. 😂

Parutan adalah ‘isi’ dari ikan. Kami orang banjar biasa menyebutnya dengan istilah peparutan. Kalau dalam bahasa indonesia mungkin nama ‘jeroan’ terdengar lebih familiar. Apa saja isinya? Ya, mulai dari telur, hati, dan usus kecil dari ikan haruan ini ternyata merupakan sajian yang enak disantap. Siapa sangka? Isi dari ikan? Bukan ikan sembarangan tentunya. Hanya ikan haruan yang memiliki cita rasa enak hingga keparutan atau jeroannya. 

Ikan Haruan atau Ikan Gabus

Baca juga: Resep Ketupat Kandangan Khas Banjarmasin 

Ya, sebut saja makanan ini terbilang ekstrim bagi kalian yang belum ‘terbiasa’. Nyatanya, parutan haruan ini enak. Aku bahkan bisa nambah berkali-kali jika memakan hasil olahan parutan iwak haruan ini. Ikan haruan adalah jenis ikan sungai yang mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda dari ikan lain. Parutannya pun berbeda dengan ikan lainnya. Sehingga saranku, JANGAN PERNAH merecook resep ini dengan parutan ikan lain.

Apa Parutan Iwak tidak amis?

Ya, orang non banjar pasti sering bertanya tentang hal ini. Bukan hanya ini tentunya, mereka juga pernah bertanya, “Apa enak kepala ikan dimasukin ke sayur? Ga amis?”

Nyatanya tidak, asal ikan yang digunakan adalah ikan segar yang dibersihkan dengan benar-benar bersih dan dilumuri jeruk nipis.

Baca juga: Resep Gangan Keladi Khas Banjarmasin 

Baca juga: Resep Gangan Asam Khas Banjarmasin 

Parutan ikan haruan yang aku masak ini adalah hasil dari ‘menabung haruan’. Ya, setiap kali aku membeli ikan haruan, aku melumuri parutannya dengan jeruk nipis dan menyimpannya di freezer. Selama dua bulan akhirnya tabungan parutan ikan haruanku sudah lumayan sehingga bisa segera aku masak.

Tidak usah khawatir dengan rasa yang mungkin berubah. Kenyataannya, parutan ini enak. Asalkan anda benar-benar bisa membersihkan dan menyimpan dengan benar.

Sebelum memuat resepnya, aku akan berbagi tips membuat parutan iwak haruan ini agar tidak berbau dan berasa amis dan siap langsung dimasak. Apa saja itu? 

1. Basuh parutan berulang-ulang dengan air. Jangan lupa buang empedunya karena jika ada yang tercampur sedikit saja sudah dipastikan masakannya akan pahit dan tidak enak. 

2. Lumuri parutan dengan air jeruk nipis

3. Remas parutan dengan garam dan asam (jangan pake tenaga ekstra ya remasnya, biasa aja). 

4. Diamkan parutan dengan 1 batang irisan serai yang dimemarkan untuk menghilangkan amisnya secara total. 

5. Oseng parutan yang berisi garam, asam dan serai tadi dengan sedikit minyak selama 2 menit, tambahkan kunyit bubuk 1/2 sdt. 

Nah, selanjutnya Bagaimana cara mengolah parutan ikan haruan siap pakai ini? Yuk, simak..

Sambal Goreng Kuning Parutan Ikan Haruan

Bahan

150 gr parutan iwak haruan siap pakai (yang sudah melewati tips diatas) 

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 butir kemiri

1 cm kunyit

1 cm jahe

2 cm laos *memarkan

1 buah cabe hijau

1 buah tomat

1 sdt garam

Penyedap secukupnya

3 sdm minyak goreng

Cara membuat

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe. Kemudian tumis hingga harum. Masukkan laos yang dimemarkan. 

2. Masukkan parutan ikan haruan yang siap pakai, tambahkan garam, penyedap dan sedikit air. Masak hingga setengah matang.

3. Masukkan irisan cabe hijau dan tomat. Masak hingga reduce.

Bagaimana? Cukup simple kan membuatnya? Yuk, di Recook.. 😊

Happy Cooking..! 

Komentari dong sista
Shares 0

10 thoughts on “Resep Sambal Goreng Kuning Parutan Iwak Haruan

  1. Iyaa.. Mungkin ini bun.. Hihi.. Soalnya ini banyak yang jual kalo lagi musim haruan gini.. 😀

  2. Makan ikan aja ga bisa apalagi mau makan parutan ikan gini. Ku tak sanggup melihatnya dan membayangkan amisnya. . Walau sudah dibaluri dengan jeruk nipis, entah kenapa ikan itu agak gimana lah bagi aku. Hehe

    Bikin es krim dong. Wkwkwkwk
    *request

  3. Masak hingga reduce … Jadi inget acara masak di TV hahaha

    Aku belum pernah makan ini deh kayaknya. Pernahnya makanan masakan mirip gini tapi telur haruan. Endess …

    Atau jangan-jangan ini kali ya yang suka kubeli di Kayu Tangi dulu

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A