Resep Sambal Kacang Khas Banjarmasin 

Resep Sambal Kacang Khas Banjarmasin 

Siapa sih yang ga suka Sate? Batagor? Siomay? Cilok? Hingga Gado-gado dan pecel. Ya, hanya diindonesia sambal kacang sedemikian diolah menjadi campuran makanan. Bagaimana tidak? Hal ini karena sambal kacang begitu enak dan sangat cocok dengan berbagai jenis makanan. 

Bahkan belakangan ini di Banjarmasin para penjual pentol mulai menambah toples sambal kacang sebagai olesan tambahan. Kenapa? Karena peminat sambal kacang sangat banyak. 

Setiap daerah tentu memiliki komposisi dari sambal kacangnya masing-masing. Begitupun di Banjarmasin_begitupun dirumah kami ‘Shezahome’. Bagi kami, stok sambal kacang merupakan menu wajib yang harus disediakan dikulkas. 

Biasanya aku mengolah sambal kacang dengan lumayan banyak untuk di stok dikulkas. Kami memakan olahan jenis makanan yang memerlukan sambal kacang dengan durasi 2x dalam sebulan. Karena berlebihan tentu tidak terlalu baik ya ibu-ibu. 😊

Ya, ya.. Aku tau.. Sebagian dari kalian memiliki resep sambal kacang berbeda untuk setiap jenis makanan. Tapi keluargaku? Kami tidak menyukai resep asli dari sambal kacang batagor, cilok dan siomay. Bagi kami, sambal kacang yang paling enak itu adalah sambal kacang khas Banjarmasin. Luckily me, jadi sang emak ga usah ribet bikin sambal kacang dengan varian berbeda untuk berbagai masakan kan?

Yuk, intip Resep dan Proses pengolahannya! 

Sambal Kacang Khas Banjarmasin 

Bahan:

250 gr kacang tanah

7 siung bawang putih goreng

1 buah cabe merah kering *rendam dan potong-potong 

75 gr gula merah

7 sdm kecap manis

1 sdt garam 

Air secukupnya

Cara membuat:

Goreng kacang kemudian dinginkan. 

Blender kacang bersama dengan bawang putih goreng, cabe merah dan air secukupnya.

Panaskan minyak, masukkan kacang yang sudah diblender lalu masukkan gula merah, garam dan kecap. 

Masak hingga mendidih dan kekentalan pas. 

Gimana? Simple sekali bukan. 

Selamat mencoba ya.. 😊

Komentari dong sista
Shares 0

2 thoughts on “Resep Sambal Kacang Khas Banjarmasin 

  1. Iya nih.. Sering buat pasangan soto banjar.. Nanti kapan2 bikin soto banjar deh.. 🙂

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A