Resep Telang Betanak Khas Banjarmasin 

Resep Telang Betanak Khas Banjarmasin 

Halo apa kabar dunia dapur emak rempong?? Aku yakin ya emak-emak mulai pada rajin masak deh pasca berleyeh-leyeh mudik ditempat keluarga pas lebaran. Pasti deh mulai ngisi stok kulkas kepasar buat ‘perang’ didapur. Emak kan pada rajin yak.. Nah, Gimana dengan aku sendiri? 

Dengan senang hati aku berkata bahwa aku dalam fase males tingkat akut. 😂 

Ya iya, kan waktu mudik nih asik banget dirumah mama tinggal makan dan ngemil dimeja makan yang tersedia dengan manis. Andai ngebantu pun masih bantu-bantu cantik lah. Menikmati seminggu penuh pensiun menjadi inem didapur dengan memakan masakan yang tergolong enak bikinan Mama kemudian akhirnya membuat saya eneg liat isi kulkas dirumah sendiri yang udah kosong melompong. 😅

Akhirnya besok harinya pasca selesai mudik itu aku memulai rutinitas seperti biasa. “Ahh.. Kepasar lagi” desah hati kecilku. 

Dan apa yang dibeli dipasar?

GA ADA.. 😂

Saya cuma melongo-longo cantik mondar mandir pasar sambil mikir “Ini ko rasanya males bikin apa-apa.. Rasanya juga membosankan membuat makanan monoton versi banjar itu.. Masa ikan bakar lagi, sayur biasa lagi, acan lagi.. Aduh.. Hayati jenuh baaang” (sejak kapan kamu ganti nama win.. 😂) 

Akhirnya saya pulang kerumah dengan hanya membawa bawang, lombok dan tomat. Eh, jadi mau masak apa dengan bahan segitu? 😅

Gini-gini aku termasuk pecinta kesederhanaan loh. Kami para ‘urang banjar’ punya versi masakan sendiri yang berbahan simple namun endesss sekali rasanya. 

Karena aku punya stok tulang-belulang ikan telang yang udah lama saya kumpulin beserta sedikit dagingnya akhirnya aku mau bikin telang betanak ini deh. Ini enak banget loh pemirsaa.. Sungguh! 

Eh, btw.. Ikan telang apaan? 

Ikan telang itu bahasa indonesianya ikan tenggiri pemirsa. Itu looh.. Ikan yang biasa dibikin empek-empek. Nah, kalo orang banjar ini suka banget ikan tenggiri itu dikeringkan. Jadinya dinamain telang asin. Kira-kira begitu lah ya.. 

Karena dapet oleh-oleh kelapa dari desaku itu langsung deh.. Cuss bahan lengkap aku bikin ini aja buat ‘memecah liur nang hanta’. 

Gimana sih bikinnya? Yuk, intip resepnya.. 😊

Telang Betanak Khas Banjarmasin 

Bahan: 

150 gr Telang asin + tulangannya

1,5 gelas santan (dari 1/4 buah kelapa) 

1/2 sdt kunyit bubuk *bisa pake kunyit biasa yang diparut dengan santan

3 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1 buah lombok hijau besar

1 buah lombok merah besar 

1 buah tomat / belimbing tunjuk

1 ruas laos

1 batang serai

1 butir telur itik

Garam dan penyedap secukupnya

Cara membuat 

Rendam telang asin dalam semangkuk air selama 15-20 menit. Hal ini untuk menghilangkan rasa apek yang terkadang ada pada jenis ikan asin. 

Iris bawang merah, bawang putih, tomat, lombok merah dan lombok hijau. Serta memarkan laos dan serai

Masak santan, masukkan kunyit bubuk serta bahan iris, laos dan serai. Biarkan hingga mendidih. Kemudian masukkan ikan asin. Aduk-aduk hingga ikan matang. 

Masukkan telur itik. Diamkan hingga telur matang. *Jangan diaduk dulu

Setelah telur matang. Matikan api lalu aduk telang betanaknya agar santannya tidak pecah. 

Telang Betanak siap disantap dengan nasi putih. 

Selamat Mencoba.. 

Happy Cooking..😊

Komentari dong sista
Shares 0

2 thoughts on “Resep Telang Betanak Khas Banjarmasin 

  1. Duh bersantan lagi deh mak.. Hihihi… Kita sama mak, sampai hari ini aku masih berleha2.. Rumah udah berantakan.. 3 hari gak aku sapu… Apalagi ngepel.. Ciyaaaahh.. Jorok banget akuh..

  2. Hihi.. Ya gitu mak.. Terlalu lama kena ilusi dikampung.. Balik kekota jadi males.. Wkwk.. Salah satunya alesan males y krn liat rumah berdebu akhirnya beres2 dulu 2 harian..

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A