Taukah kamu? Bahan-bahan sisa di dapur ini bermanfaat untuk kecantikan

Taukah kamu? Bahan-bahan sisa di dapur ini bermanfaat untuk kecantikan

Siapa sih perempuan yang ga kepengen tampil cantik? Muka mulus bebas jerawat? Sehat? Awet muda? 

Pastinya pengen deh ya! Apalagi kalo udah punya suami, harus tetap bisa merawat diri walau budget pas-pasan buat masalah dapur doang. Hihi

“Ya mana bisa laaah.. Kalo mau istri cantik itu dimodalin.. Kesalon.. Beli ini..itu..”

Ada yang berpikir demikian? Eeeh.. Itu egois namanya buu.. Karena ga semua suami itu terlahir kaya dan ditakdirin kaya buat kita.. Dan ga semua perempuan itu ditakdirkan buat make fasilitas mahal untuk menunjang kecantikannya. 

Kalau diingat masa awal nikah, agak kasian sama muka sendiri. Make pelembab aja cuma setengah ujung jari sekali sehari. Bedak minta jatah si bayi, ah boro-boro beli make up. Lipstik aja kalo habis saya kerik pake lidi.. 😂

*saya serius loh

Apa saya protes ke suami? Ga laah.. Cukup tahu diri bahwa masa awal pernikahan adalah masa perjuangan! Bukan masa pemborosan.. Solusi kalo pengen cantik ya berusaha dengan bahan seadanya. 

Cantik tanpa mahal itu bisa banget loh. Asal syarat utamanya harus ‘rajin’. Rajin didapur saja bisa banget buat muka kita tetap sehat dan cantik. Karena sesungguhnya didalam kulkas saja tersimpan segalanyaaa.. 😅

Nah, lucunya kita para wanita ini sering ga sadar kalo yang namanya cantik itu murah. Bahkan dengan bahan ‘sisa memasak’ saja bisa merawat kecantikan. Bahan apa aja sih? Yuk, intip.. 

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah stok buah wajib yang harus ada dikulkas. Karena selain untuk bahan penghilang amis pada lauk, jeruk nipis juga kaya akan manfaat lainnya. 

Setelah memeras air jeruk nipis secukupnya pada bahan makanan. Jeruk nipis biasanya aku gunakan sebagai pembersih muka dipagi hari dengan menggosokkannya kearea muka. 

Selain itu, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Caranya, sebelum keramas kita oleskan air jeruk nipis pada kulit kepala selama 20 menit. Lalu pakai shampoo dan bilas. Ini bikin kulit kepalamu terasa sejuk dan bersih. 

2. Ampas Teh Hijau

Seperti kita tau bahwa teh hijau kaya akan manfaat karena antioksidantnya yang tinggi. Aku dan keluarga juga sekarang konsumsi teh hijau untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tapi, tahukan anda bahwa ampas teh hijau juga dapat digunakan sebagai masker? 

Aku rutin menggunakannya selama 3 hari sekali. Karena ini bagus sekali untuk kulit aku. Selama memakai teh hijau wajahku terasa lebih fresh dan nyaman. Konon teh hijau juga dapat membuat awet muda. 

Alasan lain aku memakai masker teh hijau karena ini bikin kulit aku yang cenderung berminyak diarea T lebih lembab. Teh hijau juga cocok untuk jenis kulit yang kering dan berjerawat. 

3. Air Cucian Beras

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa air cucian beras punya banyak manfaat. 

Konon orang zaman dahulu memanfaatkan air cucian beras untuk mencuci muka pada pagi hari agar wajah ‘putih’ dan bersih. 

Bagaimana? Tinggal dibilaskan saja di wajah setelah kita mencuci beras. Diamkan beberapa menit hingga air meresap. 

Hei hei.. Wajah aku kok ga putih-putih make ini? 

Buat kamu yang cenderung tergoda dengan kata-kata whitening, saran aku ga usah banyak berharap. Karena putih itu sekarang bisa dikamuflase pake kamera.. 😛 hahahha

*becanda ding

4. Ragi Roti

Ragi roti? Apaan? Lo serius win?  😂

Ya eya lah serius. Kalo enggak ngapain ditulis.. 😛

Ragi Roti ini biasanya bentuk pasarannya seperti merk fermipan ini nih. 

Nah, terus diapain? 

*Dijadiin bedak dingin buat bikin pipi lo makin melebarrrrr…. Hahahha.. 

Bukan ya! Ini ragi roti bagus banget buat dijadiin toner. Bikin muka kenyel kenyel menyejukkan. Bisa lihat tutorial cara bikinnya di Blog Mba Fika ya.. 

5. Es Batu

Suami sering pulang kerumah minta bikinin minuman es terus masih ada banyak es nyisa? 

Cuci esnya.. Lalu gosokin kehidung kamu yang berkomedo itu supaya pori-porinya mengecil.. Hihihi.. 

Es Batu juga bermanfaat untuk mengurangi gatal dikulit loh.. 

6. Timun

Salah satu jenis masker alami yang paling sering aku pakai adalah timun. Karena efek dari buah timun menyejukkan wajah dan membuatnya kenyal. Timun merupakan buah yang kaya akan vitamin E. Bagiku, masker timun terbukti ampuh untuk masalah kulit seperti mengecilkan pori-pori, menghilangkan kantung mata, serta mengancangkan kulit wajah. 

Cara memakai masker timun pun cukup sederhana. Cukup parut timun lalu sedikit diperah dan tempelkan diwajah. Diamkan 15 menit dan bilas. 

7. Madu 

Seperti yang kita tahu madu kaya akan antioksidant dan anti inflamasi yang cocok dipakai untuk kulit normal hingga cenderung berjerawat.

Tapi, aku sendiri agak kurang suka memakai madu karena aku lebih suka masker yang memberi efek menyegarkan. So far, biasanya madu aku pakai untuk campuran masker timun maupun teh hijau. Aku tidak pernah memakai madu saja sebagai masker. 

Demikian beberapa bahan dapur yang sering tersedia dikulkas ‘Shezahome’ untuk perawatan cantik sang emak dirumah. Anda tertarik untuk mencoba? Yuk, langsung intip kulkas anda… 😊

Sumber gambar 

Komentari dong sista

17 thoughts on “Taukah kamu? Bahan-bahan sisa di dapur ini bermanfaat untuk kecantikan

  1. Timun, jeruk nipis, dan cucian beras ini perlu dicoba kayaknya. Kebetulan sedang going nature dan meninggalkan kosmetik yang berbahan kimia. Back to nature.

    Salam kenal. Hafidh dari lereng semeru

  2. Aku pakai semua DIY di blog Lintang dulu pas hamil sebagai skincare. Selain gasan jaga2 dari bahan kimia, lumayaj duitnya gasan biaya beranak 😀

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A