Resep Pais Patin Manis Khas Banjarmasin 

Resep Pais Patin Manis Khas Banjarmasin 

Apaan tuh Pais? 😅

Pais itu Bahasa Banjar Pemirsa.. Kalau versi indonesianya ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Pepes’ 

Terus? Ikan Patin itu ikan apa? 

Nah, ikan patin ini ikan khas Banjarmasin juga. Rasanya enak loh, bagian lemak kulitnya itu rasanya khas sekali. Makanya ga heran deh kenapa orang banjar suka mengkonsumsi ikan ini. Karena ikan ini pasti always ready di pasar.

Ikan patin adalah jenis ikan yang bisa di budidayakan ditambak. Karena itu dia selalu eksis berada dipasar. Berbeda dengan jenis ikan gabus yang musiman dipasar. Ya, memang sih jenis gabus dan Pepuyu yang terkenal dengan jenis ikan sungai itu sekarang mulai ditambak juga. Tapi menurutku, beda sekali rasanya antara daging ikan sungai asli dan hasil tambak. 

Nah, bagaimana dengan jenis patin ini? Hmm.. Aku pernah sih makan patin sungai itu dan menurut aku rasanya kurang lebih aja sama jenis tambaknya. Anakku Farisha suka banget sama ikan ini. Tapi bukan digoreng, melainkan dipanggang atau dibikin masakan pais manis. Wah, dia bisa nambah berkali-kali kalo makan ikan ini.

Dibanjarmasin sendiri masakan berjenis pepes ini terbagi menjadi dua gender. Yang pertama versi ‘pais sambal’ yaitu pepes berbumbu yang ikannya dilumuri dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri dll yang dihaluskan kemudian di pepes. Versi keduanya adalah ‘pais manis’ yang bumbunya jauh lebih simple dan sederhana. 

Bagaimana dengan rasanya? Lebih enak pais sambal atau pais manis? 

So Far, keluarga saya terutama Farisha lebih suka versi pais manis. Karena daging ikan patin sendiri sudah bertekstur lembut dan berlemak sehingga bumbu ulek dengan tambahan kemiri membuat rasanya agak eneg. 

Gimana sih resep Pais Manis Ikan Patin? Yuk, kita intip resepnya.. 😊

Pais Manis Ikan Patin 

Bahan: 

250 gr Ikan Patin

1 sdt Air Jeruk Nipis

6 siung Bawang Merah

1 siung Bawang Putih

1 buah Lombok Hijau Besar

1 buah Lombok Merah Besar

1 buah Tomat/Belimbing Tunjuk/Mangga Muda

1 sdt asam jawa

1/2 sdt terasi

1 sdm minyak goreng

Garam dan Penyedap secukupnya

Daun Pisang secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 

Lumuri ikan dengan Garam, asam jawa dan terasi. Diamkan 15 menit.

Selama mendiamkan anda dapat memanaskan daun pisang pada api diatas kompor agar daun pisang tidak pecah saat membungkus ikan patin. 

Iris Bawang merah, Bawang Putih, Lombok dan Tomat. Bubuhi Pada Ikan Patin. Tuang Minyak Goreng. Aduk sebentar. Taruh Ikan pada daun pisang. 

Bungkus ikan dengan daun pisang. Kemudian kukus selama 20 menit. Setelah dikukus untuk mengeringkan pepes anda bisa memanggangnya pada teplon atau jika ingin kesan klasik anda dapat memanggang pada bara api secara langsung. 

Ikan siap dibuka dan disajikan.. 😊

Happy Cooking.. 😊

Komentari dong sista
Shares 0

3 thoughts on “Resep Pais Patin Manis Khas Banjarmasin 

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A