8 Tips untuk Hasil Foto Selfie Perfect Tanpa Edit

8 Tips untuk Hasil Foto Selfie Perfect Tanpa Edit

Halo.. Siapa demen selfie?

*semua cewek angkat tangan.. 😂

Aku? Ya, aku juga dong.. Aku kan cewek tulen. Cewek itu kan sudah dari sononya terlahir dengan kesenangan ‘ngaca’, dandan, juga pamer. Jadi, dari sepersekian penduduk cewek dimuka bumi_aku yakin sekali 60% lebih menyukai aktivitas selfie. Ya kaaan?

Eh eh.. Tapi aku enggak tuh.. Aku hobynya masak aja sambil dagang. Kadang risih liat cewek-cewek suka upload foto selfie di sosial media, kesannya gimanaa gitu..

Ya itu kamu.. Aku kan juga ga bilang semua cewek suka selfie kan?

Bagi dunia blogger, endorser hingga para influencer, selfie bukan lagi sekedar foto iseng dengan tujuan narsis semata namun sudah dijadikan sebuah karya tersendiri. Nah, bagi emak-emak biasa sepertiku berfoto selfie sering aku lakukan karena kenyamanan. Ya, bagiku terasa lebih nyaman mengambil foto dengan selfie kamera depan dibandingkan meminta pertolongan orang ketiga untuk mengambilkan foto. Point plusnya lagi adalah aku dapat melihat ekspresiku yang terbaik melalui selfie sehingga wajah terbaik akan mudah didapatkan.

Namun ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa foto selfie tentu lebih baik karena kamera handphone kekinian memang sudah didesain sedemikian rupa dengan fitur selfie yang ‘wow’. Bahkan, saking ‘wow’ nya banyak sekali orang terkecoh dengan foto dan wajah aslinya. Kamera selfie sekarang dinilai tidak dapat dijadikan acuan terhadap fisik asli foto karena efek yang berlebihan membuat wajah terlalu putih, terlalu bening dan mulus. Dan, yang paling membuatku merasa risih adalah saat melihat foto laki-laki yang terlihat seperti perempuan karena efek ‘beauty‘ dari kamera. Sudah sering kan melihat yang begini?

Sebenarnya apa sih kategori foto selfie terbaik itu?

1. Kulit terlihat berwarna asli, bukan diputihkan
2. ‎Detail terlihat jelas, hingga kumis dan tahi lalat
3. ‎Bibir terlihat tidak terlalu merah dan natural
4. ‎Efek Cahaya disekitar tidak berpengaruh berlebihan pada obyek foto

Tapi, Bagaimana cara agar hasil foto selfie terlihat seperti aslinya? Berikut tipsnya:

1. Pilih latar foto dengan cahaya yang memadai

Sebelum berfoto, ada baiknya kita mempertimbangkan cahaya sekitar. Cahaya matahari pagi, siang, dan hampir sore sangat mempengaruhi kualitas cahaya dari foto selfie kita. Biasanya, foto selfie terbaik yang kulakukan akan lebih terlihat real mulai jam 9.30 hingga jam 2 siang walaupun didalam ruangan. *dengan syarat ruangan berkaca jendela ya..

Nah, untuk jam 3-4 sore akan lebih baik jika foto selfie dilakukan diluar ruangan. Hal ini karena disore hari cahaya matahari mulai menggelap sehingga wajah kita tidak terlihat maksimal.

2. Pilih Angle Favoritemu

Ada tidak sih yang wajahnya terlihat sangat berbeda jika pengambilan foto tidak dalam angle yang tepat? Pastinya ada ya, termasuk aku. Hehe

Angle favorite untuk bentuk wajah ovale dengan hidung pas pasan sepertiku adalah mengambil foto dari kemiringan wajah yang pas yaitu sisi agak samping. Aku sangat menghindari berfoto ala pas foto karena sudah pasti akan membuat wajahku terlihat bulat dan hidungnya tidak mancung.

Jadi, Jangan heran ya banyak foto cewek itu rata-rata suka miring. Karena bagi mereka beda angle maka beda hasilnya cukup jauh. 😂

3. ‎Jangan menggunakan beauty effect

Kalian tim effect atau tim natural? Kalau aku? Aku tim keduanya..😂

Tapi aku say no untuk beauty effect buat selfie! Karena efeknya itu terlalu berlebihan. Kadang kala saat menggunakan beauty effect wajahku terlihat terlalu korea padahal aslinya tidak segitunya juga kali. Apa efeknya? Efeknya narsisku menjadi-jadi padahal tidak sesuai kenyataan.. Hihi..

Kalian tau yang bikin risih dengan beauty effect ini? Itu loh, ketika laki-laki juga mulai suka selfie pakai efek ini. Jadinya bagaimana? Kayak banci thailand cint.. Kinclong.. Kalah deh saya.. Haha..

4. ‎Tes kualitas kamera depan melalui berfoto dengan teman yang berkulit berbeda dan gender berbeda

Mau tau kualitas kameramu udah oke atau belum? Yuk, langsung ajak temanmu selfie bareng. Bukan hanya teman cewek kita, tapi juga teman cowok kita atau suami kita.

Biasanya kamera selfie kekinian bisa detect umur dan gender obyek foto dengan akurat. Kalau aku? Biasanya dideteksi jadi umur 17 tahun harus bangga tidak ya? 😂

Kemungkinan ada 2, kameranya tidak oke atau memang aslinya aku awet muda. *eh *timpuk gayung

Biasanya, saking wajahku ada aura lelakinya karena kumis dan alis yang ‘lumayan’ maka sering sekali wajahku dideteksi male saat no make up. Saat berfoto dengan make up maka kamera langsung mendeteksi sebagai female. Ya, kamera kekinian bisa mendeteksi gender dengan cukup tepat. Jadi, kalau mau foto selfie yang sempurna kita juga harus memperhatikan point ini.

5. ‎Yakinkan kamera dan obyek tidak bergerak saat berfoto

Kalau hal ini sepertinya sudah jelas ya. Jika ingin kualitas foto selfie yang bagus maka kita harus pause sejenak. Selain diri kita sebagai obyek utama foto maka yakinkan juga sekitar kita pun juga tidak banyak pergerakan atau hasil foto kita akan blur.

6. ‎Hindari berfoto di tempat gelap maupun terlalu terang

Jika anda tidak punya wajah yang bercahaya kayak iklan pon*s maka jangan coba-coba berfoto ditempat gelap karena hasilnya sudah jelas zonk. 😂

Seperti point nomor satu cahaya sangat menentukan kualitas foto kita. Maka, jika ingin kualitas foto yang baik jangan berfoto ditempat gelap.

Tapi apakah tempat terlalu terang juga tidak boleh? Lebih tepatnya tidak dianjurkan karena sudah jelas hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Cahaya yang berlebihan dapat mengakibatkan wajah kita terlihat terlalu gelap jika membelakanginya maupun terlalu terang jika tidak membelakangi.

7. Berekspresilah! Jangan Malu dengan sekitar

Selfie tanpa ekspresi tentu akan terasa sangat hambar, betul?

Maka saat selfie jangan lupa untuk berekspresi maksimal agar mendapatkan hasil sesuai harapan. Karena salah satu kekuatan utama selfie adalah ekspresi kita.

Malu?

Ya, saat pertama kali mengenal dan mencoba untuk selfie aku juga sangat malu. Terlebih jika aku melakukannya ditempat ramai. Namun, seiring berjalan waktu selfie kini bukan lagi sesuatu yang dipandang risih. Jadi, untuk apa malu mengabadikan kenangan? Bahkan katanya nih selfie terbaik akan bisa didapatkan dari berpuluh-puluh kali berfoto. Jadi kalau mau selfie tidak boleh malu memajang adegan ‘pause’ lama-lama. 😂

8. ‎Gunakan Peralatan yang maksimal

Ingin foto selfie terbaik? Pakai peralatan maksimal! Bukan edit! Catat.. 😅

Yah.. Mahal dong?

Ya, aku menyadari semua hal butuh modal untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah berkecimpung didunia blogger aku mulai peka dengan peralatan untuk berfoto. Memang sangat berbeda sekali foto dengan modal yang minim dan foto dengan peralatan yang maksimal. Nah, hal ini sangat aku rasakan saat mengikuti beauty class bareng wardah dan berfoto dengan Ring Light. Fotonya lebih amazing! 😍

Join Female Blogger Banjarmasin itu memang sangat bermanfaat. Selain aku mulai tau dengan peralatan berfoto aku juga mulai tau dengan teknologi Smartphone kekinian. Hari Selasa Tanggal 16 Januari lalu aku dan angggota FBB mengikuti lounching OPPO F5 terbaru di Mercure Hotel Banjarmasin.

Ternyata smartphone oppo itu keren sekali untuk selfie. Fitur utama dari OPPO F5 diantaranya adalah AI Beauty Recognition technology yang inovatif. Oppo F5 dapat memindai lebih dari 200 titik pengenal wajah, merujuk setiap subjek dalam gambar ke sebuah database pemotretan wajah global untuk mempelajari setiap keunikan dari wajah, bentuk dan struktur, dan membuat penyesuaian dengan peningkatan kecantikan yang halus namun tampak alami. Jadi penampakan wajah dengan kumis halus hingga tahi lalat akan tetap ada sebagai keunikan wajah dan hasilnya sangat real.

Teknologi A.I. ini ternyata juga dapat mengenali warna plus jenis kulit, jenis kelamin dan usia subjek dalam gambar, A.I juga dapat mempelajari pencahayaan lingkungan sekitar subjek dan melakukan perhitungan untuk memberikan efek peningkatan kecantikan. AI dapat membedakan antara subjek pria dan wanita, orang dewasa dan balita, keadaan subjek sendiri atau berpasangan, di bawah situasi latar belakang dan kondisi pencahayaan yang berbeda – beda. Wow, jadi point 1, 4 dan 6 sudah terjawab dengan OPPO ini ya?

Oh ya, OPPO itu berarti saking naturalnya tidak punya effect kamera seperti beauty effect ya?

Ada dong, tapi efeknya tidak seperti yang kebanyakan. Perangkat lunak OPPO dirancang dengan saran dari fotografer profesional dan make-up artis profesional, dan umpan balik dari konsumen dan juga survei. Teknologi dari OPPO dapat menerapkan perangkat tambahan yang diterima secara universal.

OPPO merupakan Kamera Terbaik di Kelasnya. F5 dilengkapi kamera depan 20MP dengan aperture F2.0 dan kamera belakang 16MP dengan aperture F1.8. Dibandingkan dengan kamera 13MP atau 16MP pesaingnya dalam kisaran harga yang sama, F5 memiliki resolusi lebih tinggi (2160×1080) dan kualitas foto yang lebih baik. Kamera depan F5 dapat memberikan efek Bokeh dan HDR. ES anti-shake DSP memungkinkan pengambilan gambar multi frame dan mengaktifkan fitur de-noising sehingga mengurangi timbulnya noise pada gambar, terlepas dari kondisi kurang cahaya dan gambar yang buram.

Oh iya, kemarin aku juga berkesempatan berfoto dengan OPPO dengan kamera belakang. Saat aku ingin berfoto dengan latar ini padahal aku sudah tidak yakin hasilnya akan bagus karena kami membelakangi cahaya. Ehm, ternyata oke juga kalau dibandingkan kamera hp lain.😅

Bagaimana dengan penampakan kamera depannya? Tidak kalah keceh tentunya. Bisa dilihat dari foto dibawah ini bersama kedua temanku. Sangat terlihat perbedaan ketiga warna kulit kami, Leha (paling tengah) memang memiliki kulit putih dan mulus, Melisa (Paling kiri) terlihat sekali berdarah chinese, dan aku yang standar, hehe. Terlihat pula digambar itu bahwa Aku (yang berkerudung putih) benar-benar terlihat seperti wanita umur 27 tahun sementara Leha dan Melisa terlihat lebih muda karena keduanya memang masih berumur dibawah 25 tahun. Waw, this is the real picture!

Jadi, sudah siap untuk Capture the Real you? Karena selfie terbaik adalah saat fotomu itu terlihat benar-benar kamu!

Ternyata peralatan yang maksimal itu merupakan penyempurna dari poin-poin selfie yang sebelumnya ya. Kalau begini sih, aku tinggal beli OPPO F5 aja supaya selfie aku sempurna tanpa edit. *Ops *Kode.. 😂

Demikian tips untuk foto selfie sempurna tanpa edit. Semoga dapat membantu. 😊

Komentari dong sista

9 thoughts on “8 Tips untuk Hasil Foto Selfie Perfect Tanpa Edit

  1. Iya bener banget Mba, kalo masalah selfie mah cewe itu punya angel tersendiri dari samping kiri atau kanan atau depan. Hahaha

    Pokoknya selfie sama oppo F5 ini emang bener-benar perfect deh, hahaha

  2. Bener, pencahayaan itu emang penting ya? Apalagi kalau ditunjang dengan peralatan yang bagus seperti ring light, misalnya… Hasilnya jadi semakin oke oce ^^

  3. Mama pica ini aku paling suka liat selfie nya. Memang uda cantik dari sononya, di tambah lagi kamera yang bokeh.. Mantap banget lah. Bisa nunjang kegiatan nulis nih ya

  4. Ayuk selfie bareng lagi mbak winda ama mba leha wkwk nagih terus selfie pake f5 wkwk jaka tau smlm bebanyak aku selfie gsan koleksi foto, soalny blm bisi smartphonenya wkwk

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A