Anak sudah bosan di rumah kala pandemi? Ajak main di plays.org aja! 

Anak sudah bosan di rumah kala pandemi? Ajak main di plays.org aja! 

“Mama, Pica Kangen Sekolah..”

Ucap Pica menunduk hari itu. Tidak semangat untuk beraktivitas. Pasalnya, Pica bilang dunianya menjadi kotak setelah pandemi melanda. Pica baru mengerti bahwa di rumah kadang bisa mengalami kebosanan sedemikian. 

Saat begini, Pica jadi mulai bisa berempati denganku. Eh kok gitu? Iya, dulu Pica kira jadi Ibu Rumah Tangga itu nyaman karena kerjanya cuma di rumah. Ternyata, di rumah itu rentan banget mengalami namanya rasa bosan. 

“Ruang yang dieksplore itu-itu aja. Kamar, dapur, ruang keluarga. Gak ada teman. Dan gak ada main-main bareng kayak dulu lagi.. Kok bisa sih mama setiap hari gini dan gak kunjung bosan?”

“Ya udah, kita main bebikinan apalagi nih? Cari ide di youtube yuk. Atau Pica mau main apa nih?”

Ketika berbagai DIY di rumah sudah terasa membosankan

Hal yang aku lakukan jika sudah selesai dengan pekerjaan domestik dan PJJ biasanya adalah menonton video di youtube bareng Pica. Nah, video yang aku tonton itu biasanya beberapa kreasi mainan oleh para youtuber anak. Sejak awal pandemi, Pica memang lebih menyibukkan diri dengan berkreasi. Dari belajar menggambar, membuat squishy hingga karya-karya lainnya. 

Belakangan, kami juga ikut mencoba berbagai DIY dari mengikuti kegiatan di berbagai webinar. Mengikuti acara seru begini, kadang membuat anak merasa sensasi berbeda. Tapi, ketika acara sudah usai dan kreasi DIY sudah selesai dilakukan.. Rasa bosan itu datang lagi.

Ngapain lagi sekarang? Bikin apa lagi? 

Aku sih, sangat maklum ya jika Pica merasa hal demikian. Bukan tidak mau berkreasi lagi, tapi kadang manusia itu butuh semacam hiburan lain untuk mengusir rasa jenuh. Kadang rutinitas itu adalah pembunuh kreatifitas jika tidak segera menemukan jalan keluar. Maka, duh.. Musti ngapain ya? 

Sementata kondisi kan sedang begini? Varian delta dari covid 19 menyebar lebih cepat dari dugaan. Area kami yang tadinya hijau, berubah jadi merah kembali. Jadi, apa iya harus bawa anak main keluar rumah? 

Bahkan perkelahian antar saudara sering terjadi saat pandemi

“Ajak main sama Humaira aja win! Kan Pica punya adek. Jadi bisa diajak main di rumah aja”

Duh, kenyataannya.. Tidak semudah itu. Huhu. 

Kadang kala (sering bahkan) Pica itu suka bertengkar dengan adiknya. Aku tidak menyalahkan juga sih. Adiknya Humaira baru berumur 2 tahun. Yang mana saat itu memang sedang masa tantrum. Jadi, kadang Pica itu tidak salah loh. Humaira malah ngamuk-ngamuk saat dia dekatin. Jadi, kadang dua bersaudara ini bukannya bisa main bareng dengan akur. Malah layaknya tom and jerry. Selalu bertengkar. Sampai pusing aku dibuatnya. Huhu. 

Pernah suatu hari, keduanya aku ajak mewarnai di dinding kamar yang sudah aku tempelkan kertas lebar. Hasilnya? Alhamdulillah, selama 20 menit mereka damai. Tapi, gak lama kemudian mereka bertengkar lagi. Pasalnya, Hum mengamuk saat warna pink kesukaannya ada di tangan Pica. Duh, bukannya pewarnanya sudah dipisahkan satu sama lain. Huft.. 

Mereka berdua memang mirip dengan Tom and Jerry. 

Pica selalu protes kalau aku bilang demikian. Soalnya, saat dia bertanya, “Pica jadi Tom atau Jerry?”

Aku menjawab, “Pica itu Tom, Humaira yamg Jerry”

“Berarti Pica kalah terus dong.. Gak mau ah. Pica mau doraemon aja”

Ya, begitulah. Kadang memiliki dua anak itu tidak semudah yang dibayangkan. Tadinya bikin anak kedua supaya Pica tidak berasa lonely. Eh, ternyata jadi begini. Hahaha

Anak Main Game? Kenapa Tidak? 

Suatu ketika, aku keluar rumah bersama Pica dan Hum karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Kedua anak pun terpaksa aku bawa karena tidak tau harus menitipkan mereka kepada siapa. Lalu, saat mengantri kami bertiga berhadapan pada kakak-adek laki-laki yang sedang bermain game di depan kami. Umurnya bisa dibilang hampir sama dengan Pica dan Humaira. 

Aku menatap mereka berdua. Asik sekali. Si adek menyemangati, dan si kaka terlihat serius. Entahlah apa yang sedang mereka mainkan. Tidak berapa lama, si adek bertepuk tangan. Lalu mereka berdua kompak bersama. Sebuah pemandangan kontras dibanding realita kehidupan Pica dan Hum di rumah. Haha. 

“Anak laki-laki emang kompak sekali ya kalo lagi main game.” Ucapku kemudian kepada Pica. 

“Pica juga suka main game.” Jawab Pica kemudian. 

“Pica bisa gak main sama Hum dengan damai kayak mereka?”

“Gimana kalo kita coba aja Ma..”

Terdiam aku sebentar. Berpikir keras. Kira-kira game seperti apakah yang cocok mereka mainkan? 

Lalu, diriku yang lain langsung memberontak keras. 

“Win, anak umur segini jangan diajak-ajak main game. Nanti kecanduan.”

Akupun teringat pada sepupuku yang berbeda pulau disana. Dia yang umurnya sudah setua kakakku, pernah kecanduan game sejak kecil hingga dewasa. Sehingga di dunia nyata dia tidak bisa fokus dalam belajar. Hal itu membawa dampak ke masa depan. 

Tapi, disatu sisi aku melihat suamiku. Sang gamers sejati pada zamannya. Dia berkata padaku bahwa game lah yang membuatnya bisa menjadi programmer handal seperti sekarang. 

“Gamers terbiasa berpetualang pada tantangan demi tantangan. Ketika bosan dan stuck di dunia nyata. Game membawa semangat. Lalu memunculkan solusi saat stuck memecahkan kode program.” -Suamiku

Hingga kini, suamiku masih lah seorang gamer. Jika ia memiliki waktu luang, ia masih setia dengan gadget di tangannya. Serius memecahkan tantangan dalam game. Lantas bersemangat kemudian. Lalu, ia memberi saran padaku. 

“Tidak apa-apa memperkenalkan anak pada game. Sebatas untuk hiburan mereka. Siapa tau game tersebut bisa memercikan api semangat dalam mendorong mimpi mereka. Kita tidak tau bukan? Di era digital seperti sekarang, kadang memulai mimpi bisa dari game..”

Bermain di plays.org memupuk rasa kasih sayang Pica dan Humaira

Akupun mencoba memperkenalkan Pica pada situs game yang terlihat nyaman untuk dicoba. Namanya adalah plays.org

Ada berbagai macam jenis mainan disini. Jika terus scroll halaman websitenya kebawah maka akan terlihat katalog A-Z yang sangat banyak ragamnya. Anak tinggal memilih, dia sedang suka apa sekarang? 

Pertama kali mencoba, Pica langsung tertarik dengan game coloring. Maklum, selama ini Pica hanya mewarnai di kertas saja. Jadi, dia penasaran bagaimana mewarnai di game? 

Humaira pun antusias melihatnya. Ia yang memiliki hobi ekstrem ‘memecah crayon’ mulai excited melihat goresan warna bisa timbul di layar laptop. 

Sesuai kondisi, aku mencoba game Tom And Jerry Arts and Craft: Coloring & Art Game for Kids. Aku tersenyum licik. Kartun yang mirip dengan Pica dan Hum. Haha. 

Meski Pica kesal dengan pilihanku tapi ia menikmatinya. Apalagi, saat mencoba menghias cupcake. Wow, mereka berdua bersemangat. Pica membuat hiasan dan Humaira bertepuk tangan. Lantas mencoba membuat sprinkle di bagian atasnya. 

Aww.. Mereka senang sekali. Mereka lalu mencoba berbagai pilihan mewarnai lainnya. Hasilnya? Seru! 

Siapa sangka game di play.org bisa mendamaikan Tom and Jerry di rumahku? Memperkenalkan rasa kerjasama lalu memupuk kasih sayang kemudian. 

Bermain bisa menyalurkan hobi dan mengasah otak? Tentu! 

Bukan hanya game coloring yang sudah kami coba. Game dengan keyword cat juga sudah kami jelajahi. Dan ternyata seru juga bermain Playful Kitty Yarn Ball Rolling Logic Puzzle Game. 

Dari game ini anak bisa belajar strategi. Secara tidak langsung mereka sedang mengasah otak untuk berpikir sebuah solusi. Pica tak bosan terus mengulang misi saat gagal. Dan Humaira? Dia fokus pada ekspresi kucingnya. Apalagi saat gagal, dia tertawa terbahak-bahak. Dan jika misinya berhasil, ia ikut bertepuk tangan. Jadi, apa Pica kesal ditertawakan Humaira? Tidak, dia malah ikut tertawa. Haha. 

Humaira pun mulai mencoba level yang terkecil. Dan saat berhasil, ia girang sekali. Dalam dunia nyata ia mencoba memberikan bola kasti pada anak kucing di rumah kami. Menaruhnya di bagian perut. Berharap si kucing bisa senang. 

Dan, jika kedua anak sudah tertidur. Saatnya emak beraksi. Ngapain? Main juga dong. Haha

Karena melihat begitu banyak kategori pada game di plays.org maka aku merasa kangen dengan masa laluku. Ssst.. Aku juga seorang gamer loh saat masa kuliah dulu. Dulu, aku ikut game online di facebook dan memiliki komunitas sendiri dalam klan. Klan tersebut membawaku berkenalan dengan berbagai teman di dunia maya. Dan ya.. Game membuatku bersemangat! 

Aku ingin merasakan semangat itu kembali. 

Lalu aku iseng memainkan Be Cool Scooby Doo The Mysterious Mansion Hidden Objects. 

Permainan ini mengingatkanku pada masa kecilku. Kartun scooby doo adalah kartun pertama yang membuatku suka dengan film berbau detektif. Jadi, menemukan hidden objects itu jadi keseruan sendiri. Iya awalnya iseng main sendiri. Besoknya, ngajakin Pica main sama Humaira. Eh, ternyata mereka lebih jago dong. Hihi

Berbagai kelebihan plays.org menurut kami

Cara bermain sangat mudah

Cukup membuka website dan bermain sesuai kategori. Tidak perlu mendownload aplikasi dll dsb. Sangat ringan dipakai di laptop maupun smartphone. 

Pilihan levelpun bisa diatur sesuai umur dan mood pemain. Dalam setiap game ada petunjuk dan cara bermain. 

Pilihan Permainan Banyak

Katalognya saja sudah sedemikian lengkap. Dan setiap satu kategori ada 3-5 bahkan lebih isinya. Jadi, ya.. Iya. Ratusan game disini. Tinggal pilih sesuai kesukaan saja. 

Tidak ada iklan hingga maintenance di sela-sela game

Siapa nih kalo main game di aplikasi kadang terganggu dengan iklan? Aku banget. 

Seumur emak-emak sih masih aman ya. Kalau anak-anak? Main game yang kadang dipenuhi dengan iklan? Bahaya bukan? Senangnya di plays.org tidak ada iklan dalam game. Dan webnya lancar. So far selama hampir sebulan bermain kami tidak pernah merasa terganggu

Cocok untuk semua umur

Siapa bilang yang cocok main di plays.org cuma anak-anak. Orang tua sepertiku pun senang loh bermain disini. Bahkan main Playful Kitty Yarn Ball Rolling Logic Puzzle Game aja aku juga ikut-ikutan. Suami juga kadang ikut bermain menyalurkan ide. Akhirnya, kami semua bermain. Haha.

Duh, jadi ramai kan bonding antar keluarga karena keseruan main game di plays.org

Kalian musti coba juga main di plays.org ! Wajib! XD

Komentari dong sista
0 Shares

20 thoughts on “Anak sudah bosan di rumah kala pandemi? Ajak main di plays.org aja! 

  1. eh ini seru juga ya permainan di aplikasi ini. bisa jadi rekomendasi untuk anak-anakku. bener, main game boleh-boleh aja selama enggak kecanduan dan dibawah pantauan orang tua ya mba

  2. Wah, aku baru tahu nih dengan Plas org. Nanti ceki-ceki ah. ya banget, anak-anakku udah pada kebosanan nih main ini-itu. Semoga deh, nanti dengan lihat Plays org, mereka jadi gak kebosanan lagi. Ada ide baru untuk main hal-hal baru. Cus ke tekapeeee…

  3. Ngga cuma Pica dan Humaira yang kayak Tom and Jerry, anak-anakku juga. Huhu.. Mereka tuh ya, adaaaa aja yang diributin, Ya Allah… Tapi ngga apa-apa, biarin ributnya pas kecil aja. Nanti kalau besar insya Allah rukun dan saling membantu. 🙂

  4. Hahha lucu-lucu banget nih putrinya kak… Banyak di rumah memang bikin heboh ya..anak-anak mulai saling berantem..becanda..marah2an komplit. Seneng juga nih kalau ada sarana buat main seru selama di rumah aja

  5. aku pun bosaaaan huaaaa
    tapi emang kudu suasana baru biar hidup makin semangat. tapi ini bisa jadi pilihan deh biar ga garing amat di rumah saja ya mak. anak pasti seneng secara game-game seru lucu-lucu

  6. Baru tahu ada situs game kek plays org ini bisa jadi alternatif buat anak-anak kalau sudah bosan dengan game onlinenya nih. Asal terus diawasi dan dibatasi waktunya ya.

  7. Kalau sudah ketemu cara buat buang kebosanan, biasanya jadi asyik lagi, betah lagi.
    Aku baru tahu ada plays.org ini. Ternyata menyenangkan buat anak bermain. Dulu anakku pas masih pada SD suka dengan game-game kayak yang ada di plays.org itu 😀

  8. Heuheu.. dua anak di rumah juga kadang kayak tom and jerry, Mbak. Tapi lebih banyak berdamainya, sih, karena mereka udah sama-sama besar.
    Kalau untuk urusan main game, memang gak hanya anak saja, orang tua juga senang bermain game. Bisa menghilangkan rasa bosan

  9. Nanti aku ajak keponakanku main ini juga deh. Dia suka main game apalagi yang teka-teki gitu. Jadi ada gregetnya. Ini adik bayinya juga suka kepo kalau Kakaknya main

  10. Iya ya, aku pun di rumah sudah memutar semua kegiatan bersama anak. Mulai dari DIY, lego, tembak-tembakan, sepedahan dan lainnya. Ini seru banget ya mbak kalau tak lihat, jadi ingin mencoba juga dan biasanya juga kalau main games aku selalu berdua.

  11. Boleh juga nih dicoba ke plays.org
    Anak-anakku juga sering terlihat bosan, terutama si bungsu. Dia nggak ada teman main saat saya lagi ngezoom dan kedua kakaknya juga lagi belajar. jadinya gitu deh gangguin, cari-cari perhatian dan sering bilang “Aku nggak ada teman”

  12. Saya termasuk yang membolehkan anak mengenal internet sejak kecil. Karena sebetulnya banyak yang bagus dari dunia maya. Game pun gak selalu buruk. Paling yang perlu ditingkatkan adalah pengawasan serta sreen time

  13. Sik asiikk, ini solusi jitu banget ya Mak.
    Soalnya anak2 di manapun pastinya jenuh dan bosan akut di rumah aja ye kan
    makasi rekomendasinya ya

  14. anakku juga sempat kukenalin sama plays.org ini tapi dia masih belum terlalu bisa megang mouse jadi gagal melulu. atau mungkin akunya yang salah pilih gamenya ya? heu

  15. Hhahaa, menggemaskan ini dua bocil. Pica ma HUmaira bagaikan Tom n Jerry, kbayang tuuh saat di rumah aja yang kadang anak2 kasian yaa, pastinya bosaan banget.
    Untungnya ada mainan baru nih yang bikin Pica seneng, asiknyaaa. Main game boleh2 ajaa, tapi tetep ada batasan waktunya ya Mak!

  16. Mbaaa…salamann tolong di rumah juga ada baku hantam terosss sampe puyeng aku mba kalau WFH wkwkwk entah ada aja yang bikin ribut :p

    aku jadi mau coba deh bagus ini ya mba gamesnya aku baru tahu malah yang begini kalau games kayak gini boleh nih dicoba anak-anak di rumah

  17. Asik ini maen agme ga usah download aplikasinya, karena ini yang bikin HP jdi lemot dan cepat panas. Aku ngikik dong pas Pica protes ga mau jadi Tom. Ya udah judulnya ganti aja Dora Emon dan Jerry hihihi tapi biar Dora Emon baek dia kan suka ngalah, ya. Meski kesel (dibahaaas)

  18. Hobi main game ternyata bisa ada hasilnya ya, salah satunya bisa jadi programer lho. Boleh main game tapi harus ada pendampiangan dari orangtua, salah satunya pembatasan waktu main game ya mbk. Boleh juga ini, kebetulan anakku jarang banget main game, ini gamenya lucu lucu ya.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A