Asah Otak Anak Dengan Bermain Game Solitaire

Asah Otak Anak Dengan Bermain Game Solitaire

Game Solitaire atau terkenal juga dengan sebutan game kartu. Aku pernah memainkan game ini di komputer jadulku dahulu. Saking sukanya. Aku sering mempraktikkannya di dunia nyata. Permainan itu benar-benar mengasah otakku sewaktu masih anak-anak dulu. 

Time flies, aku menjadi Ibu dengan dua anak. Iseng berselancar di google. Siapa sangka aku bertemu dengan game Solitaire lagi? 

Bukan pada aplikasi di komputerku, tapi aku menemukan websitenya. Dan wow.. Ini free! 

Berkenalan dengan Web Game Solitaire, Kini Bermain Kartu Bisa Segampang Ini! 

Aku membuka web www.solitaire.org . Waw, aku menemukan Ace of Heart. Game yang waktu SMA dulu sering aku mainkan sampai bosan saat praktik komputer di sekolah. Haha. 

Ada rasa kangen ketika membuka game ini. Apalagi di web Solitaire, game ini tidak memiliki opsi hint. Sehingga dahiku berkerut-kerut berpikir. Oh astaga, berpuluh tahun tidak memainkan game ini membuatku tak bisa memecahkan bahkan satu barispun. *seketika sadar bahwa otak mulai tumpul. Huh! 

Kecewa dengan kemampuan sendiri akhirnya aku membuka game lainnya. Astaga, banyak sekali pilihan permainan kartu yang ada. Aku membuka satu demi satu. Kepalaku sukses dibuat berpikir begitu lama. 

Cobalah kalian membuka solitaire.org . Kalian akan menemukan berbagai jenis permainan kartu. Yang aku tampilkan hanya sebagian saja. Masih banyak kategori permainan kartu yang lain. Jangan khawatir, semua permainannya bisa dimainkan secara gratis. Aku sangat merekomendasikan bermain game ini untuk kalian yang sedang jenuh dengan aktivitas monoton. Game ini membuatmu bisa mengasah otak. 

Dan bukan cuma buat kamu, anakmu pun bisa bermain. Bahkan belajar. Ya, belajar. 

Asah Otak Anak Dengan Card Game Solitaire

Tahukah kalian bahwa sudah 2 bulan belakangan ini aku begitu kesal dengan Pica? Ya, anak pertamaku yang sekolah di bangku kelas 3 itu kini mulai membuat otakku panas. 

Pasalnya, mengajarinya perkalian dan pembagian sudah begitu sulit dilalui. Tetapi, alamak.. Dia sering lupa begitu saja. Apalagi ketika pelajaran baru sudah harus dikuasai. Pelajaran lama hilang seketika. Bu ibuk.. Apakah kalian ada yang senasib denganku? Hiks hiks. 

Aku pernah curhat di instagram story tentang hal ini. Dan salah seorang followerku berkata padaku bahwa anaknya sangat mirip dengan Pica. Akhirnya, dia pun memasukkan anaknya pada kelas belajar di sore hari. Dan kalian tau? Ternyata di kelas belajar pun anak hanyalah disuruh bermain. Ya, bermain! 

Bermain berulang-ulang tentang penjumlahan berulang. Sehingga, ketika diberi latihan soal perkalian.. Anak sudah hapal di luar kepala. Karena saking seringnya bermain tentang hal serupa. 

Game Solitaire menjawab masalahku. Aku menemukan game Blackjack 21 Cards yang membuat anak ambisius untuk belajar berhitung. 

“Wah, apa hubungannya game ini dengan berhitung? Terlihat seperti game biasa win?”

Mungkin itu pertanyaan yang ada dibenak kalian bukan? Karena kalau dilihat sekilas, ini seperti susunan kartu biasa saja. 

Padahal, tidak begitu. 

Dalam setiap susunan menurun pada kartu, kita harus menghitung jumlahnya agar tak lebih dari 21. FYI.. kartu King, Queen, dan J bernilai 10. Sedangkan kartu As bernilai 1. Jadi, jika lebih dari itu akan ada warning. Dan jumlah keseluruhan itu deal terbaiknya adalah 100. 

Dengan memainkan ini, anak otomatis terbiasa berhitung dengan mindset yang menyenangkan. Karena setiap game itu selalu punya tantangan level. Setiap naik level kesulitannya meningkat. 

Pica juga bisa menyimpan scorenya sendiri. Jadi, andai membuka game lagi dia bisa melanjutkan dan membandingkan dengan game sebelumnya. 

Bosan bermain Blackjack 21 Cards, Pica pun mencoba permainan Blackjack yang lain. Yaitu Blackjack Chain

Aww, permainan ini seru sekali untuk anak seumur Pica. 

Permainan ini masih tak jauh-jauh dari permainan sebelumnya. Masih berhubungan dengan angka 21. Tapi bedanya, kita disuruh untuk mencari kartu yang hasil penjumlahannya 21 dan berada pada garis atau kolom yang berdekatan. Jika jumlahnya benar maka kartunya akan hilang dan scoremu akan bertambah. Mudahnya, game ini juga memiliki opsi hint dan shuffle. Tapi, jika opsi ini digunakan maka score kita akan berkurang atau bahkan bisa minus. Sebuah pelajaran unik sih buat anak bahwa ketika ia memilih sesuatu, ia harus siap dengan konsekuensinya. 

Setelah Main Game Solitaire, Anakku Mulai bisa.. 

Menjawab hasil pembagian apa saja dari 21. Hahaha. 

Receh ya? Tapi aku senang. 

Sebenarnya, kalau dilihat mungkin seperti tak ada hubungannya dengan perkalian dan pembagian. Tapi, dengan memainkan game ini secara berulang. Skill berhitung anak akan meningkat. Dimana tentu saja berhubungan dengan perkalian ya. Karena perkalian adalah penambahan berulang. 

Anak-anak memang selalu berada dalam fase bermain. Mereka menyukai tantangan. Ah, jangankan anak-anak. Kita yang sudah tua pun demikian bukan? 

Menang dan mendapatkan apresiasi, itu adalah surga bagi anak-anak. Makanya mereka selalu suka bermain. 

Kadang, ketika sudah menyelesaikan misi.. Pica tertegun melihat nominal bonus dari game. Lantas bertanya padaku, “Ma, kalau bonusnya terkumpul itu bisa jadi duit gak ya?”

Omo, hidup tak sesederhana itu Pica. Tapi, percayalah jika kamu konsisten belajar, bermain dan berdoa dengan seimbang maka Insya Allah money will follow.. Yang penting, teruslah berusaha menjadi baik. 

Mengasah otak anak itu penting. Tapi hal yang lebih penting adalah menikmati prosesnya. 

Jadi, asah otak anak dengan bermain game Solitaire? Kenapa enggak! 

Komentari dong sista
0 Shares

21 thoughts on “Asah Otak Anak Dengan Bermain Game Solitaire

  1. wah mantap nih game solitairenya bisa sekalian buat ngajarin anak matematika. hihi itu permainan blackjack aku jadi ingat sama permainan 41 yang dimainkan di masa kecil. bedanya kalau 41 as itu nilainya 11

  2. Anak-anak itu cepat beradaptasi dengan apa yang dilakukan yaa..
    Dengan berlatih mengasah otak melalui permainan, semua gakkan nolak. Dan anak bisa dengan cepat memahami sebuah konsep aturan dalam bermain dan matematika logis.

  3. Permainan solitaire ini tak lekang oleh zaman yaaa
    Aku inget awal2 punya komputer gede di rumah tu gamesnya ya solitaire ini
    Kalau lagi gak mud nulis hiburannya ya antara ndengerin musik di winamp ya main solitair, ya ampun ketauan umur deh wkwkw
    Haha Pica andai semua game bisa dicairin ya poinnyaaa 😀

  4. Ahhahaa, seru banget emang main solitare ini, satu2nya games yang pernah kecanduan duluuuu. Mengasah otak banget inituu, makanya banyak diminati jugaaakarena gemesss..

  5. wehehe Pica lucu sekali. Tapi bener juga sih emang kudu realistis yaa, lihat angka-angka ya kelihatannya kalau diuangkan jadi gede juga kan. Btw saya juga suka main kartu remi mbak. sekarang sudah ada onlinenya ya. Menyenangkan.

  6. Maaf Mak, aku gaptek soal game. Jadi kurang paham, hehehe. Taunya cuma game onet2, semoga bisa asah otak ya mak main game dan menghibur diri ya

  7. Nah aku blom terbayang klo buat anak2ku terutama yg bontot untuk game solitaire ini deh… kayaknya agak susah ngejelasinnya. dulu saat pilihan game masih terbatas , aku main gamenya ya bolak balik solitaire

  8. Wuih lumayan ya game bisa membantu anak belajar matematika, anakku juga nih masih lambat soal perkaliannya jadi bisa nih kuajak main game seperti ini untuk mengasah kemampuan berhitung dan berpikirnya

  9. huaa, ini mah emaknya juga suka main mainan asah otak begini hahaha. game nya simple2 tapi pake mikir xD selain card game nya gini, aku juga suka word game nya. seru juga lho!

  10. Duh Solitaire jadi ingat zaman bikin skripsi di warnet lagi jenuh ngetik diselang dengan main game solitaire hihi. Sekarang di rumah juga masih main game solitaire mbak 🙂

  11. aku suka banget sama game ini loh, makanya happy ps tau bisa main solitaire di hp tanpa donlot! hahaha seruu. oh iya sama mahjong tuh asik buat buang waktu

  12. Dulu pernah sering main Solitaire..di laptop..dan emang terbatas banget sih ya permainannya.. Kalo di soitaireorg bisa banyak pilihan..ternyata anak-anak juga bis amain dengan aman dan nyaman ya

  13. Eh, zamanku dulu malah main black jack pake kartu remi beneran. Dipikir2 bener juga sih, permainan kayak gini emang ngasah otak banget. Dan yang penting fun.

  14. Hehehe Kocak banget Pica,
    Andai poin game bisa jadi duit, sepertinya anak2 kita udah kaya raya yah, terutama anak aku udah tajir melintir karena kerjanya main game terus hahaha

    Semangat terus belajar berhitungnya yah Pica!

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A