Drama MPASI Anakku, Oh ternyata Sembelit Gara-Gara Pepaya

Drama MPASI Anakku, Oh ternyata Sembelit Gara-Gara Pepaya

Pagi itu aku disibukkan dengan tangisan Humaira yang tiada hentinya. Matanya menangis sambil sesekali mengejan saat mandi. Tidak biasanya loh ia begini. Diingat-ingat lagi.. Memang sih sudah 2 hari ia tidak pup. Tapi apa sih yang salah? Kan aku hanya memakaninya buah pepaya. Pure pepaya saring dan ASIP sebagai MPASI pertamanya.

Apakah ada yang salah? Keluhku…

Yaa… Sebagian besar Ibu selalu memberikan MPASI buah-buahan untuk pertama kalinya. Banyak yang merekomendasikan kepadaku untuk memulainya dengan pisang. Namun, jika mengingat ekspresi Farisha dan trauma nya pada makanan dulu maka menurutku MPASI pertama dengan pisang bukanlah ide yang bagus. Jadi, tertarik lah aku dengan memberikan Humaira Pepaya saring untuk pertama kalinya.

Senang sekali rasanya saat ia memakannya dengan lahap. Bahkan, Humaira menarik sendoknya. Akupun tanpa ragu memberikannya lagi dan lagi hingga Humaira merasa kenyang.

Tapi lihatlah ia hari ini. Ia menangis tiada henti sambil mengejan. Ibu mana yang tega melihat anaknya demikian?

Benar saja, setelah Humaira berusaha keras.. Akhirnya keluar pup keras dengan bau pepaya. Duh, kasihan sekali aku melihatnya.

Sejak saat itu, aku bertekad.. Tidak mau lagi memberikannya buah pepaya. Sesuka apapun Humaira pada pepaya.

Kenapa sih Pepaya bikin Sembelit Buat bayi?

Ada yang bertanya kenapa? Ya aku juga kebingungan. Pasalnya, bukankah buah pepaya selalu direkomendasikan buat penderita sembelit?

Bagaimana bisa bayiku sembelit saat memakannya

Konon, hal ini bisa terjadi karena kualitas dari pepayanya. Bisa juga pepaya yang aku beli di toko buah tersebut mengandung enzim berbeda, juga tekstur yang berbeda. FYI, aku membeli pepaya California yang rasanya manis sekali itu. Kupikir, anakku pasti senang jika makanannya pertamanya manis. Ternyataaa… Huft..

Nah, faktor kedua juga dapat terjadi karena setiap bayi itu unik.. Yaaa.. Bukan cuma bakat anak yang berbeda. Tapi juga pencernaannya. Kebetulan, anakku sepertinya pencernaannya tidak cocok dengan buah pepaya.. Itu membuatnya sembelit.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi?

Nah, sebagai ibu kita tuh harus peka dengan pencernaan anak. Kalau bisa, untuk MPASI pertama mulailah dengan satu macam jenis buah saja. Jadi, kita bisa mengobservasi kira-kira makanan apa yang cocok untuk anak kita? Kira-kira yang mana yang membuat perutnya sakit? Kira-kira yang mana yang tidak ia sukai?

Saat pertama kali mengetahui Humaira sembelit aku nangis loh. Takut banget dia kenapa-kenapa. Sampai aku temenin pas ngejan-ngejan dan bilang minta maaf melulu. Merasa bersalah banget lah. Dan itu pun punya belum tuntas.. Hiks..

Lantas, aku pijit-pijit gak pakai baby oil diarea situ? Enggak… Cuma berusaha mendorong diarea kulitnya supaya keluar pup kerasnya. Dan setelah ituuu…. Aku dapat solusinya..

Ternyata anakku cocok makan Buah Naga, sembelitnya langsung tuntas

Atas saran seorang teman, aku akhirnya membeli buah naga pada sore harinya. Agak gimana sih ya beli buah naga ini. Soalnya, mama dan abahku sendiri berkebun dan berjualan buah naga. Setiap mereka ke banjarmasin, pasti deh aku dibawakan banyak sekali buah naga. Hanya saja, saat ini stok buah naga habis. Haha..

Dan akhirnya, aku membeli buah naga seharga 10rb untuk satu biji. Agak shock ternyata harganya semahal itu. Haha..

Dan rasanya.. Asem sekali. Sangat beda dengan hasil panen dari mama yang buah naganya sangat manis dan segar. Tapi.. Ya sudahlah, namanya juga usaha untuk memberikan yang terbaik buat anak.

Setelah menyaring buah naga dan menyuapi Humaira dengan itu.. Ajaibnya beberapa jam kemudian keluarlah pup lagi. Dan teksturnya sudah agak lembek dan berwarna agak kemerahan layaknya buah naga. Bukan.. Bukan darah loh yaa..

Duh.. Lega banget rasanya..

Pengen loh akutuh moto ‘itu’ saking pengen berbagi leganya.. Tapi, aku cukup tau diri lah ya.. Hahahaha..

Bisa-bisa Humaira protes saat sudah besar nanti ketika tidak sengaja membaca blog emaknya.

Bagaimana dengan mencoba Ide mencampurkan buah naga dan pepaya?

Humaira suka sekali pepaya.. Sangat. Karena itu saat pertama kali mencoba pepaya, tanpa pikir panjang aku menyuapi nya pagi, siang dan malam.

Ketika drama itu terjadi dan aku mengetahui solusinya maka terlintas ide untuk mencampur pepaya dan buah naga. Ya… Kali aja kan jadi stabil pup-nya.

Ternyata sekali lagi aku salah. Ketika mencoba itu beberapa hari yang lalu ternyata Humaira mengalami sembelit lagi. Hiks.. Sedih banget deh aku ya kenapa juga dicoba-coba begitu. Fixed deh, Humaira sama sekali tidak bisa memakan buah pepaya karena pencernaannya tidak bersahabat dengan buah tersebut.

Akhirnya, aku menyuapi Humaira dengan Pure Buah naga di pagi, siang dan malamnya. Untungnya kali ini aku dapat banyak stok buah naga dari mamaku di kampung. Hehe

Dan syukurlah akhirnya keluar juga pemirsaaah… Huft!!

Jadi, kalian punya pengalaman yang sama dengan sembelit bayi saat MPASI? Sharing yuk! Supaya aku bisa waspada juga nih sama bahan makanan yang mungkin menyebabkan alergi.

Komentari dong sista
7 Shares

One thought on “Drama MPASI Anakku, Oh ternyata Sembelit Gara-Gara Pepaya

  1. Sama sist aku ni lg baca2,soale anakku dah dua hari ini gak pup.udah ngejen gak bisa jg……kasian bgt aku liatnya,bingung jg…setelah aku baca ini mudah2an besok nemu buahnya….mudah2an cocok ….terimakasih pengalamannya sis

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A