Family Time di Banjarmasin, Kemana Aja Ya?

Family Time di Banjarmasin, Kemana Aja Ya?

“Mama, minggu ini kita jalan kemana?”

Itulah pertanyaan yang paling sering ditanyakan anakku saat hari sabtu mulai tiba. Sebagai keluarga yang tidak terlalu suka berjalan jauh tentu pertanyaan ini sering dijawab seadanya saja seperti…

“Ke Super market”
Atau..
“Masak-masak di rumah nenek ya..”
Atau..
“Nemenin Mama kepasar aja ya..”
Atau..
“Ke Mall ya?”

Bisa ditebak dong diantara jawaban diatas yang mana jawaban paling memungkinkan menimbulkan senyum sumringah di wajah anakku. Ya, ke mall. Hahaha.

Sebagai emak yang mencintai aura belanja dan kesejukan ruangan ber AC, jawaban mengisi family time dengan jalan-jalan di mall adalah alternatif terbaik. Namun, sesungguhnya jalan-jalan di mall kadang membosankan juga loh. Apalagi nih, kalau saat jalan-jalan anak mulai merengek-rengek meminta mainan ataupun barang-barang mahal lainnya. Duh, mak.. Dompet mana dompet..

Padahal ya, family time itu lebih mengasyikkan jika diisi dengan berlibur ke tempat wisata. Di Banjarmasin sendiri sebenarnya cukup banyak loh tempat wisata yang bisa dijadikan tempat liburan untuk mengisi Family Time. Hmm.. Dimana aja sih? Ini dia..

1. Pasar Terapung

Masih ingat gak sih iklan ‘RCTI OKE’ era 90 an dulu? Eh, udah lupa? Eh, enggak tau?

Oke, saya mengaku tua disini.. 😂

Nah, seperti terlihat pada iklan jadul di atas, pasar terapung ini adalah pasar unik dimana tempat berjualannya ada di atas perahu dan para penjualnya biasanya adalah ‘acil-acil banjar’ . Para pembeli pun bisa membeli barang dagangannya dengan menaiki papan ulin yang disediakan disekeliling pasar terapung. Sensasi berbelanja di pasar terapung ini berbeda loh dengan pasar-pasar pada umumnya.

Dulu, pasar terapung ini adanya cuma di Jl. Pangeran saja loh. Tapi, sekarang kita sudah bisa menjumpai pasar terapung kekinian di area siring tandean Banjarmasin.

Aku sudah beberapa kali family time dengan keluarga disini. Selain menyenangkan, dengan mengajak anak kesini aku bisa mengenalkannya pada berbagai kuliner khas banjar dan betapa uniknya sunscreen kepunyaan ‘urang banjar’ klasik, yakni pupur basah yang rata-rata dipakai penjualnya.

2. Siring Banjarmasin

Nah, jika kita mengunjungi pasar terapung yang terletak di siring tandean. Maka, sekalian saja jalan-jalan pagi di area siring. Apa asiknya ya? Asyik dong, di kawasan siring ini kita bisa melihat keindahan sungai Banjarmasin, berfoto-foto ria sambil sesekali singgah untuk menikmati wadai khas Banjarmasin dan Soto Banjar. Lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat olah raga. Family Time yang benar-benar berkualitas deh.

Yang paling aku suka adalah di kawasan Menara Pandang Siring. Nah, dari atas sana kita dapat melihat pemandangan Banjarmasin yang indah. Di bawah menara pandang pun juga ada berbagai pertunjukan khas daerah Banjarmasin. Aku sering mengajak anak kesini untuk menikmati budaya Banjarmasin.

Selain itu, juga ada Taman bermain kecil di kawasan siring sini loh. Jadi, kalau emak capek dan mau eksis update di sosial media.. Bolehlah si anak disuruh main disini ya. 😂

3. Pulau Kembang

source image: www.antahbaras.blogspot.com

Nah, kalau obyek wisata yang satu ini pastinya tidak asing lagi ya. Pulau kembang adalah salah satu tempat wisata yang lumayan terkenal di Banjarmasin. Kita dapat kesana dengan menaiki kelotok yang ada di kawasan siring maupun yang ada di jalan Pangeran. Untuk biaya menaiki kelotoknya dikenakan tarif 35ribu per orang.

Ada kembang apa aja sih disana? Kok dinamakan pulau kembang?

Well, sebenarnya disini lebih banyak monyet dibanding kembangnya, Hihihi.. Tapi biarlah, sebut saja pulau kembang.

Oya, jangan membayangkan pulau ini seperti pulau pada umumnya ya. Banjarmasin ini adalah area rawa, jadi tentunya tanah disana tidak padat seperti pulau biasa. Kita dapat berjalan disana diatas titian yang terbuat dari beton. Tapi, saranku harus berhati-hati berjalan disini karena titiannya ditumbuhi lumut dan agak licin.

Disana juga ada patung Monyet yang merupakan salah satu khas dari pulau kembang ini, jadi tidak heran ya banyak monyet disana. Saranku, bawalah cukup banyak makanan monyet jika kesana (baca:pisang). Karena monyet-monyet di pulau ini cukup agresif dan berjiwa preman kalau melihat pengunjung datang.

4. Taman Edukasi Lalu Lintas

Nah, di Banjarmasin juga ada taman edukasi yang lumayan kece loh buat mengajak anak jalan-jalan sekaligus belajar. Namanya adalah Taman Edukasi Lalu Lintas. Letaknya tidak jauh dari Siring Banjarmasin. Bahkan, kadang aku dan keluarga mengunjungi taman ini jika sudah puas berjalan mengelilingi siring.

Ditaman ini kita dapat mengedukasi si kecil tentang pentingnya berlalu lintas yang tertib. Ada beberapa sarana dan permainan yang cukup menyenangkan disini. Diantaranya adalah kereta api, jembatan penyebrangan, kantor polisi, dan berbagai permainan anak lainnya. Selain itu, juga tersedia beberapa spot foto yang cantik.

5. Mesjid Raya Sabilal Muhtadin

Mesjid tempat wisata juga?

Ya, mesjid Sabilal Muhtadin bagi kami adalah Mesjid Wisata. Hehe.

Apa pasal? Karena ini adalah mesjid terbesar di Banjarmasin. Disekeliling area mesjid ada hutan kota yang menyejukkan. Kami sering berjalan-jalan diarea ini untuk sekedar duduk-duduk santai sambil makan dan minum (dan berfoto-foto juga tentunya.. Haha).

Kadang kala, Mesjid Sabilal Muhtadin sering mengadakan pengajian. Jadi, aku sering sekali mengajak anakku kesini, baik di malam hari maupun di minggu pagi.

6. Museum Wasaka

Banjarmasin juga punya museum loh. Namanya Museum Wasaka. Dan as we know, ngajak anak ke museum itu banyak manfaatnya. Satu diantaranya adalah ia dapat mengenal peninggalan bersejarah dan budaya di daerahnya.

Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Ka Puting yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan, yang artinya mengerjakan sesuatu harus sampai tuntas. Museum yang terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin adalah museum dengan gaya arsitektur rumah bumbungan tinggi khas banjar.

Di museum ini, ada berbagai koleksi senjata-senjata modern hingga tradisional khas rakyat Banjar. Walaupun bentuk museum ini terlihat mungil, tapi di dalamnya tersimpan sekitar 400 benda-benda bersejarah selama perang Kemerdekaan. Biaya untuk memasuki museum ini pun cukup murah, hanya 3000 rupiah saja loh untuk biaya parkir.

7. Taman Satwa Jahri Saleh

Well, tidak banyak yang tau bahwa Banjarmasin juga punya kebun binatang loh. Namanya adalah Taman Satwa Jahri Saleh. Taman yang terletak di area jahri saleh ini memiliki berbagai jenis satwa didalamnya. Mulai dari berbagai unggas, reptil, ikan kecil, beruang, monyet, hingga buaya.

Biaya masuk ke Taman Satwa ini juga cukup murah, hanya 3000 rupiah saja loh. Keluarga kami sudah 3 kali kesini. Dan anakku sangat senang jika bertemu dengan ular phyton Albino disana.

Nah, tertarik jalan-jalan berwisata ke Banjarmasin? Ingin Family Time disini juga? Cuss booking hotelnya yuk. Zaman sekarang kita tinggal main jari aja kok buat hunting hotel di Banjarmasin.

Main jari? Iyes, Kalau aku sih biasanya hunting lewat aplikasi Pegipegi. Di Pegipegi ini kita bisa dapat harga yang jauh lebih murah karena memang banyak promo disana loh. Apa pasal? Karena Pegipegi bekerja sama dengan ribuan jaringan hotel. Selain hunting hotel kita juga bisa hunting tiket pesawat di Pegipegi loh. Kalau sudah begini tinggal cuss deh berwisata ke Banjarmasin. Ssst.. Jangan ketinggalan berwisata ditempat-tempat yang sudah aku sebutin tadi ya..

Happy Travelling!

Komentari dong sista
15 Shares

8 thoughts on “Family Time di Banjarmasin, Kemana Aja Ya?

  1. aku tau iklan RCTI oke nyaaa hahaa (udah tua) ternyata du Banjarmasin ya. Ssma nih kayak aku aslinya doyan mall tapi kadang bosen juga. Jadi enakan main ke tempat wisata sekalian sama anak anak

  2. Seru banget ya mbak bisa main ke pasar terapung. Dari dulu tuh aku penasaram banget pengen ke sini, ngeliat iklah RCTI zaman dulu. Smoga ntar kesampean.

  3. Sejak SD, aku membayangkan pasar terapung itu kayak gimana. Baru lihat di teve, media cetak maupun online. Pengen banget tahu aktivitas penjual dan pembeli disini. Kayaknya seru ya. Pernah lihat ada warungnya di perahu. Aku mikirnya kok bisa ya menikmati makan sambil diayun-ayun air gitu. Indonesia itu keren!

  4. Hiks, aku jadi kangen ke Banjarmasin lihat video ini
    Semoga secepatnya bisa kesana lagi dan bisa makan tahu pong di jalan menuju airport hehe

  5. Wah ternyata di Banjarmasin itu banyak tempat wisata dan berkumpul dengan keluarganya ya. Biasanya kita tahunya cuma di kota-kota besar ya. Seneng deh denger Banjarmasin tempat wisatanya menarik begini. Jadi kita bisa berlibur dan jauh dari kebisingan kota besar.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A