Galau Memilih Bimbel Untuk Anak di Kala PJJ

Galau Memilih Bimbel Untuk Anak di Kala PJJ

“Si Pica gak ikut Bimbel Win? Anak aku udah 2 bulan ini kuputusin ikut bimbel. Cuma untuk beberapa pelajaran aja sih. Kayak matematika sama bahasa inggris. Soalnya kalo aku yang ngajarin bisa keluar tanduknya. Haha..”

“Wah, gitu ya.. Pantes anak kamu pinter gitu sekarang. Ikutan bimbelnya online atau offline sih?”

“Offline, jadi di dekat rumah aku ada yang buka bimbel kecil. Sudah prokes juga. Udah gitu gurunya ramah. Anak aku suka.”

“Oh ya? Berapa biayanya perbulan?”

‘Segini’ kata temanku. Dan aku pun terdiam. 

Lumayan juga sekarang harga bimbel sekarang ya. Huhu

Anak Ikut Bimbel? Yay or Nay ya? 

Kalau ingat zaman ketika aku sekolah dulu sih, aku sendiri termasuk anak yang sangat suka ikut bimbel. Bukan hanya karena aku ingin belajar saja, tapi dulu itu aku seakan jadi punya kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Bimbel menjawab kebosananku yang saat itu tidak punya hobi spesifik. Bimbel membawaku bertemu dengan teman-teman baru. Hingga membawaku pada cinta pertama. *ini apaan sih kalimat terakhir.. 🤣

Tapi, zaman dulu aku ikut bimbel ketika sudah sekolah SMA. Ketika SD seumur Pica (8 tahun) kerjaanku hanya main tanah liat di tanah. Jadi selama 6 tahun duduk sekolah di SD aku memang tidak pernah punya pelajaran tambahan diluar sekolah. Karena duniaku benar-benar hanya bermain saja. 

Jadi sebenarnya penting gak sih anak ikut bimbel? Seumur Pica begini? 

Menurutku, itu pilihan orang tua masing-masing ya. Dan harus dilihat dari kebutuhan anaknya juga. Dulu, pelajaran kelas 3 SD levelnya tidak setinggi sekarang. Bahkan, aku sih ingat sekali saat aku sekolah kelas 3 dulu.. Ada saja siswa di kelas yang masih terbata-bata dalam membaca dan itu tidak apa-apa. Perkalian dan Pembagian masih menjadi skill expert yang diketahui jawabannya dari buku perkalian buatan. Tidak seperti sekarang, anak-anak seakan sudah dituntut untuk paham soal cerita yang expert. Bukan hanya itu, pelajaran bahasa inggris pun sudah memiliki level setingkat aku SMP dulu. 

Memang, kemampuan otak anak akan berkembang sesuai umurnya ya. Tapi, kadang kita juga harus peka dengan lingkungan plus perkembangan pendidikan. Tentu dari standar yang ada, setidaknya kita menginginkan anak kita bisa lulus dengan pemahaman yang baik. Tidak ketinggalan dengan standar yang ada. Karena kalau tertinggal, kasian anaknya juga. Begitu sih pandanganku. 

Lagi pula, bimbel zaman sekarang itu metode belajarnya tergolong fun. Anak tidak hanya mengerti melalui teori tapi juga praktiknya. Guru bimbel pun kebanyakan tidak menghakimi anak jika melakukan kesalahan. Mereka lebih menikmati prosesnya. Kenyataan demikian, membuat banyak bimbel menjamur di luar sana. Menawarkan kelebihannya masing-masing. 

Jadi, tinggal kita saja yang bisa memilih. Mau ikut bimbel apa yang sesuai dengan kondisi kita. Apalagi sekarang sedang dalam situasi pandemi. Tentu memilih bimbel bukanlah hal yang mudah. Selain mempertimbangkan faktor keamanan, kita juga harus mempertimbangkan faktor ekonomi. 

Iya, gak semua orang tua bisa membayar biaya bimbel yang mahal bukan? 

Ternyata Bimbel Brain Academy Tergolong Murah

Setelah keliling survei biaya bimbel, maka aku memutuskan bahwa.. 

“Ya ampun bimbel offline disini gak ada yang murah. Harganya gila semua.. ” 😭😭

Dan tentu saja usulan untuk bimbel ditolak mentah-mentah oleh suami. Jadi, kudu piye? 

Untungnya, ternyata di ruangguru ada Brain Academy. Ini beda ya sama ruangbelajar yang pernah aku tulis. 

Brain Academy adalah fasilitas kelas virtual yang dihadirkan oleh Ruangguru, bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran siswa di rumah. Dengan Brain Academy, siswa bisa mengakses ratusan ribu video materi belajar, bank soal, infografis, dan quiz yang dapat diakses melalui aplikasi belajar Ruangguru.

Berapa biayanya? Menurutku, cenderung terjangkau ‘banget’  dibanding biaya bimbel offline yang sedang menjamur. 

Brain Academy Online, Pengganti Bimbel Offline Kala Pandemi dengan Banyak Keunggulan

Meski di beberapa tempat sekolah PTM sudah dibuka kembali, bahkan bimbel offline pun kembali eksis. Akan tetapi, akan lebih baik jika kita memilih online saja ya. Hal ini jauh lebih aman di tengah menyebarnya varian delta covid 19. Selain itu, menurutku sih ya lebih nyaman aja. Tidak perlu keluar rumah, tidak perlu repot ganti baju dan langsung cuci. Dan terakhir, tentu tidak perlu tambahan uang jajan. Haha. 

Selain itu, Brain Academy ini punya banyak keunggulan. Apa aja sih? 

-Bimbel dengan Kelas online interaktif

Bimbel online dengan live Teaching interaktif yang terjadwal bersama Star Master Teacher secara langsung via aplikasi dan desktop? Bisa banget! 

-Klinik PR

Disini ada bimbingan belajar online dengan sesi Klinik PR untuk selesaikan tugas sekolah bersama Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil melalui video call.

-Konseling Pendidikan

Konseling privat video online dengan guru wali dan disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orangtua. Mantep banget kan. 

-Modul Belajar

Bimbingan belajar online yang menyediakan modul lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah siswa. Wah, bisa buat bahan bacaan anak juga. 

-Kelas Pengembangan Diri

Bimbel online dengan kelas tambahan seperti tips masuk PTN favorit, prospek karir, public speaking dan kreativitas. Anak berkembang meski di rumah aja? Bisa! 

-Komunitas Diskusi Soal

Share berbagai latihan soal yang sulit dalam grup dan akan ada tutor serta teman dari seluruh Indonesia yang siap menjawab. Sudah kayak kerja kelompok virtual ya. 

-Klub Hobi

Bertemu teman dari seluruh Indonesia dengan bergabung ke dalam lebih dari 50 Klub Hobi. Wow, sejak kecil udah bisa kumpul sama teman-teman yang satu hobi nih

-Tryout Ujian

Try Out Ujian dengan tipe soal terbaru untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian. Gak galau-galau lagi si emak bikin soal kisi-kisi tiap malam. 

Jadi, memilih bimbel di Brain Academy? Why Not? 

Komentari dong sista
0 Shares

14 thoughts on “Galau Memilih Bimbel Untuk Anak di Kala PJJ

  1. saat memilih bimbel selama pandemi ini memang beneran harus selektif ya mba, soalnya belajar online itu tricky. kalau pembawaan materinya ga bagus malah anak bosan dan susah nangkap pelajaran .

    Nah brain academy ini menurut saya bagus karena materinya terpilih dan penyampaiianya asyik ya

  2. Untung jaman sekarang serba ada ya. Beljar daring bukan kendala karena ada brain academy. Memang anak-anak perlu yang bimbingan yang menyenangkan.

  3. Langsung happy lihat di Brain Academy ada KLUB BUKU.
    Kira-kira kegiatannya bakalan apa aja yaa..

    Menang kalau anak zaman pandemi, lulusan pandemi dan kembali masuk dengan pandemi, ini kudu banget dibantu dengan aplikasi belajar online terbaik.
    Dan pilihannya tentu jatuh pada Brain Academy yang memiliki banyak sekali fitur menarik yang membantu anak menggapai cita-cita.

  4. terkadang pjj memang memiliki hambatan tersendiri ya mbak.
    makanya perlu banget ikut bimbel online untuk pendalaman materi
    bimbel online terbaik di Indonesia ya pasti Ruangguru

  5. Itu biaya setahun ya, Mbak. Emang jauh lebih murah dari bimbel offline sih. Saya juga lagi mikir-mikir pengen ikutin anak ke bimbel online tapi masih nyari yang cocok nih. Cek Brain Academy dulu ah.

  6. Harus diakui memang PJJ ini ga optimal sih. Anak susah mencerna pelajaran karena terkendala komunikasi dengan guru. Ikut bimbel brain academy nih bisa jadi solusi biar anak makin paham sama pelajaran nya

  7. Asik banget ada diskon sampai 50 persen dan ini ngebantu sekali. Bisa dapat bimbingan belajar yang harga terjangkau dan kualitasnya juga bagus

  8. ini tuh aku banget deh, galau mau milihin bimbel si kecil. Sekarang pun masih mencari yang pas dan cocok nih untuk anakku, ya walaupun masih kelas 2 SD rasanya diera sekarang ini sepertinya perlu pembelajaran tambahan deh.

  9. Saya termasuk salah satu orang tua yang memilih YES untuk bimbel anak. Tahun lalu memang sempat galau nyari tempat bimbel online yang cocok selama pandemi. Mungkin karena belum punya banyak informasi dan referensi. Kalau sekarang udah banyak informasi dengan penjelasan yang lengkap, yang bikin anak maupun orang tua ga perlu ragu lagi mau masukin anaknya bimbel di mana. Brain Academy bisa jadi pilihan terbaik.

  10. Biaya bimbel di brain academy terjangkau ya, ada diskon pula… Saya tertarik juga, tapi mungkin nanti, tahun ajaran sekarang sih belum…

  11. Hooh ya, bimbel di brain academy itu tergolong murah apalagi kalau pakai kode diskon gitu bisa mpe lebih dari 60% potongannya. Belajarnya fun, nggak bikin bokek pula.

  12. Brain Academy ini Tempat bimbingan belajar yang beda, dengan adanya kombinasi bimbel offline & online bersama guru les terbaik.

    Bukan hanya itu, Brain Academy didukung juga oleh kelas pengembangan diri dan fasilitas modern. No pusing pusing club hadapi tahun ajaran baru.

    Anak-anak bisa belajar dengan girang, ortu juga ngga perlu dilanda meriang dan meradang 😀

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A