Jangan Malas Backup Data, Yuk kenalan dengan USB OTG Sandisk

Jangan Malas Backup Data, Yuk kenalan dengan USB OTG Sandisk

Pagi itu aku terbangun dan dikejutkan oleh email yang masuk. Dan itu adalah dari Google Photos.

“Backup stop because you’re out of storage”

Dan akupun speechless melihat email tersebut. Bingung berkata apa lagi.

Well, akhirnya storage penyimpanan foto abadiku penuh juga. Kata siapa kemarin kalau enggak perlu mindahin foto ke lain? Aku kira google photos bakal menyimpan segala photo perjalanan hidupku. Semuanya.. Ternyata aku salah..

Ya, salah aku juga sih. Aku emang segaptek itu makanya bener-bener enggak tau soal sepele begini Hahaha… Dan ketika tau begini, langsung deh aku konsultasi dengan konsultan IT di rumah. Ya siapa lagi kalau bukan suamiku.

“Ini nih gara-garanya. Foto gagal aja enggak langsung dihapus. Semuanya otomatis diback up sama google photos. Makanya cepat penuh. Bayangin aja. Sayang… itu foto selfie aja sampai puluhan kali.. Yang bagus cuma 3 bijik. Yang disimpan puluhan bijik. Makanya.. Dihapus dooong yang enggak penting begini..”

“Iiih.. Tapi ini tuh lucuk tau. Masa dihapus. Liat deh, ekspresi Humaira waktu diajak jalan-jalan kesini. Lihat deh, si Pica waktu ikut lomba mewarnai. Nih nih.. Coba lihat ekspresi Humaira pas ngejan di Potty Training.. Eeeerghhh.. Gemesin banget kan kan.. Kan kan #DibuangSayang ”

(Suami cengar cengir liat ekspresi Humaira lagi ngejan. Eh, kalian pasti lagi ngebayangin juga kan? Lucu banget tauk.. 😂)

“Ya kalau semuanya disimpan ujung-ujungnya mana cukup sayang. Harus dihapus dong sebagian.. ”

“Tapi ini tuh bagus semua.. Semuanya punya kenangan tersendiri. Bahkan foto kabur sekalipun.. ”

“Iya in aja dah.. Wanita memang selalu benar.. ” 😒

“Terus.. Gimana solusinya kaka.. ”

“Ya sayang juga sih.. Dibilangin ngeyel.. ”

Ternyata, Bukan cuma Aku kok yang Suka Males Backup Data

Jadi.. Obrolannya berlanjut disini..

“Tapi kak.. Temen aku juga begitu kok. Storagenya penuh juga. Jadi bukan cuma aku kok yang begitu.. ”

“Kalau cewek ya rata-rata kelakuan begitu.. Males manage data sendiri.. ”

“.. Apalagi kalau udah emak-emak.. Udah keasikan Manage rumah sendiri, sampai yang lain enggak diperhatikan.. Heu.. ”

Ini fakta loh, bukan cuma aku yang males backup data dan sampai pernah kehilangan data karena gak ada back up.

Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan ini baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar Surabaya,Makassar, Medan, Bandung, Jogjakarta, dan Jakarta) ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Hayo.. Hayo..

Kalian ngaku aja deh, pasti juga pernah mengalami hal yang sama kan? Kehilangan data.. Kepenuhan data sampai enggak bisa menyimpan kemudian berujung pada kegalauan, “Ini apa lagi yang musti dihapus nih.. Kok lucu-lucu semua kenangannya.. ”

FYI, dari penelitian tadi tuh ada 67% orang Indonesia yang pernah mengalami kehilangan data di smartphone. Dan lebih dari 80% responden survey juga menyadari pentingnya melakukan back-up data. Dan dari semua itu, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Iya, hanya sepertiga, sisanya ya sadar sih penting.. Tapi butuh di rukiyah supaya ngeback up… Siapa yang masuk disini? Saya ikutan nyemplung sini juga deh.. Hahaha

Sayangi Kenangan.. Simpan dengan benar, Karena semuanya akan hilang.. kecuali kenangan..

Yah, galau banget sih win bikin kata-kata. Iyah, aku orangnya memang segalau itu. Bagiku yang namanya kehilangan foto lucu itu adalah kehilangan moment yang dapat dikenang. Apalagi kehilangan content yang susah-susah dibuat. Duh, nangis Bombay aja deh ya kalau begitu.

Aku pernah punya impian konyol ya pemirsa. Punya kantong doraemon yang bisa menyimpan segala hal. Cukup bawa kantong putih sekecil itu tapi isinya buanyak banget. Kalau ada teknologi demikian.. Rela deh nabung 3 tahun buat beli. Apalagi kalau ada yang buka arisan. Cuss dah langsung ikut. Gak perlu mikir berkali-kali lagi.

Loh kok jadi ke kantong doraemon?

Iya, sama kan kasusnya. Daripada barang-barang di dapur emak yang berharga berantakan dan makan space terlalu banyak.. Bahkan ada yang dimainkan anak sampai hilang, mending kan semuanya diamankan dikantong doraemon. Jadi ketika mau ngambil emak tinggal masukin tangan dan bersuara dengan mode dubber.

“Panci penghancur tulang.. ”

Begituh.. Hahaha..

Okeh, mulai ngawur deh.. Lagian, kenapa sih data bisa hilang begitu? Coba deh, intip hasil penelitiannya lagi. Kali aja ada yang senasib sama alasanku.

Jadi, dari penelitian yang tadi ternyata ada berbagai macam penyebab kehilangan data. Sebanyak 51% responden menyebutkan kalau kehilangan data karena dihapus biar memori ponsel lebih plong. Lalu, 26% responden menghapus karena ada notifikasi memori penuh (ini aku banget sih, mana sampai di email google photos segala.. Haha). Dan sebanyak 22% menyatakan file berharganya hilang karena HP eror/malfungsi, 21% tidak sengaja terhapus (ini aku juga deh, soalnya punya bayi kan.. Kadang tangan gak sengaja nge-touch dan terhapus deh). Nah sisanya 18% itu karena kena virus..

Solusi menyimpan kenangan yang baik #SanDisk APAC

Menurut aku, seperti pentingnya punya kantong doraemon.. Aku juga mesti punya sesuatu hal yang bisa diandalkan untuk menyimpan file berharga agar tidak hilang begitu saja. Aku perlu sesuatu yang kecil, imut dan bisa dibawa kemana saja serta dapat memback up data penting yang aku simpan.

Untungnya, Western Digital Corp melalui brand naungannya SanDisk meluncurkan dua USB OTG (On The Go) sebagai solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah.

Nah, jadi.. Apa itu Sandisk USB OTG?

Halah, kalian pasti udah tau kan sama Sandisk. Pasti deh tau. Soalnya merk ini sudah banyak banget dipakai. Termasuk aku sendiri juga pengguna Sandisk. Buat apaah? Buat menyimpan film-film koreyah hasil malak mahasiswi suami dong. Hahahahaha.. Ssst.. Diam aja ya kalian soal ini. Kalau aku itu sukanya cuma nyimpen film di Sandisk lalu ditonton deh di TV sambil nyetrika baju.. Surga me timenya emak-emak lah ya..

Tapi inovasi Sandisk sekarang keren banget pemirsa. Yaa, keluaran barunya Sandisk USG OTG ini bisa dipakai di smartphone yang sistemnya berbasis Android (USB OTG SanDisk Dual Drive) dan iOS (iXpand Flash Drive). Dengan begitu kita jadi mudah mengosongkan file di HP, dan file di mobile storage bisa diakses kapan pun dimana pun karena gak butuh sinyal untuk mengaksesnya.

Nah, kalau sewaktu-waktu kita pengen ganti HP.. Kita juga gampang mengosongkan memori HP lama. Karena kita tinggal pindahin ke mobile storage, lalu pindahkan ke ponsel baru. Segampang itu. Jadi, siapa yang sering galau karena kalau ganti HP semua file foto cakep dan penting pada hilang? Itu tuh.. Aku banget. Baru ganti HP juga soalnya enggak lama ini. Yah.. Sombong deh anaknya. Haha

Nah, coba deh instal Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive. Aplikasi ini bisa mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Kita bahkan bisa loh mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone. Kok sekeren ini ya? Aku jadi makin semangat nih bikin-bikin konten baru.

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media social. Jadi kita gak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat. Hayo, siapa disini yang akun sosmednya pernah di hack atau kena banned lalu semua hilang? Sedih banget kan? Apalagi kalau isi sosmednya itu kenangan terindah semua. Hiks..

Bila.. Yang terbaik untukmu adalah yang terbaik untukku.. (Loh kok jadi nyanyi?)

Anyway… #SanDiskAPAC ini memiliki beberapa pilihan kapasitas memori. Mulai 16 GB, 32 GB, 128 GB dan 256 GB. Ada 2 konektor, micro-USB di satu sisi dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Oya, adanya 2 konektor ini memungkinkan kita memindahkan konten lintas perangkat (dari smartphone atau tablet Android ke komputer laptop, PC) sekaligus dengan mudah. Konektor USB 3.0 juga punya performa tinggi dan di sisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0.

Dah kaan.. Berasa punya kantong doraemon yang bisa menyimpan segala data penting dan kenangan. Tinggal disayang-sayang aja tuh Sandisk-nya. Disimpan dengan benar. Tapi ingat, jangan dicuci ya.. Apalagi direndam. 🤭

Hei, pak suami. Ingatlah jika anda menyimpan USB Sandisk OTG di saku celana. Jangan langsung ditaroh di keranjang cucian. Istrimu kadang lupa memeriksa dan memutarnya di mesin cuci. Please ya.. Rawat simpananmu baik-baik.. (Loh?)

Nah, kalian masih galau dengan data yang hilang? Yuk, coba pakai Sandisk OTG!

Komentari dong sista
9 Shares

20 thoughts on “Jangan Malas Backup Data, Yuk kenalan dengan USB OTG Sandisk

  1. Aku termasuk yang sering lupa back up data. Kalau sudah penuh di ponsel baru nyadar, Alasannya males ribet keluarin memori card dari ponsel trus pindahin ke laptop du du du. Sekarang sudah ada USB OTG Sandisk mah tennag ya. Tinggal colok ke ponsel lalu copas. Selesai perkara hehe.

  2. kadang suka ikhlas aja gitu kalo data ilang, gak ada usaha yang signifikan buat nyari atau ngumpulin lagi hahhaha.. yaudahlah ya udah ilang juga. Etapi sekarang ada USB OTC Sandisk mempermudah kita buat backup segala data yang dibutuhkan

  3. Eh, Sandisk nya suami pernah doonk kecuci, secara bentuknya mungil dan aku gak mendeteksi keberadaannya.
    Alhamdulillah…
    Masih selamat datanya dan awet bisa kepake sampai sekarang.
    ((jangan dicontoh ini mah, hahahah…))

  4. Wah, kayak saya dong mbak, segala foto disinpan sampai suami geleng2 kepala.. Hihi. Sering ngalami harus rela menghapus data demi tetap bisa bekerja. Tapi akhirnya nemu solusi gampang pakai usb otg sandisk ini.

  5. Saya juga orang yang berat banget buat hapus hapus galeri foto, harapannya siapa tau nanti foto foto lama tersebut bisa digunakan lagi. Tapi kalau semua data foto hilang karena keteledoran, rasa menyesal pasti membebani

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A