Kompor Induksi PLN Kalselteng-Solusi Masa Depan yang lebih baik

Kompor Induksi PLN Kalselteng-Solusi Masa Depan yang lebih baik

sumber: architectaria.com

Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata Kompor Induksi? Apakah itu jenis Kompor elite? Kompor Mahal? atau Kompor kekinian? Jujur, dipikiran emak-emak sepertiku kata Kompor Induksi masih terdengar terlalu elite karena aku yang hanya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga diharuskan untuk bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga seberapapun pemasukan yang ada. Rasanya terlalu jauh untuk berpikir mengenal bahkan memiliki Kompor Induksi. Tapi itu dulu, sebelum aku akhirnya mengetahui tentang kompor induksi di acara ‘Bamasak Mamakai Kompor Induksi’ – aman nyaman dan barasih di Taman Kamboja Banjarmasin pada tanggal 10 Desember 2017 kemarin. Menghadiri acara itu telah membuka pengetahuanku tentang kompor induksi.

Bersama chef agus sasirangan di acara ‘Bamasak Mamakai Kompor Induksi’

Kompor Induksi adalah salah satu jenis kompor yang memakai reaksi magnet untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan kompor ini berasal dari reaksi elektromagnetik antara alat masak dan area pada kompor. Jadi, sumber panasnya berasal dari panci atau wajan yang merupakan pemanas itu sendiri. Saat panci dan alat masak lainnya tidak diletakkan di atas kompor induksi, maka kompor ini tidak akan menghasilkan panas. Wow, ajaib ya! Saat mengetahui hal ini aku langsung berpikir, “ini dia kompor induksi-kompor masa depan” 

Ya, Kelak kompor gas yang kita pakai sekarang hanya akan menjadi sejarah seperti halnya kompor dengan minyak tanah dan tungku batu bara. Kenapa? Karena energi listrik selalu tersedia, sehingga pemakaian kompor induksi di masa depan sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Ketersediaan listrik di Banjarmasin tentu tidak perlu diragukan lagi, karena pasokan listrik selalu ada di pln kalselteng. Oh ya, kalian juga bisa membaca Topik kompor induksi pln kalselteng di portal bpost online

Apakah Kompor Induksi sama dengan Kompor Elektik? Boros dong ya? 

Kompor induksi menggunakan listrik tapi kompor induksi berbeda dengan kompor elektrik. Kompor elektrik tidak menginduksi peralatan masak, tetapi mengalirkan panas pada peralatan masak tersebut. Bisa dibayangkan bukan? Artinya, untuk melakukan pemanasan dilakukan dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas dan berarti konsumsi listrik dari kompor elektrik jauh lebih besar daripada kompor induksi. Emak-emak pilih mana? Pilih Kompor Induksi dong yah.. Lebih irit.. Hehe

Pemakaian Kompor Induksi ini jauh lebih aman karena tanpa api. Sehingga kejadian kebakaran karena lupa mematikan api tidak akan terjadi ketika kita menggunakan kompor ini. Ini penting sekali karena aku yang suka memasak ini sering sekali lupa mematikan api saat selesai mengangkat panci. Setelah selesai memasak, aku suka sekali asyik memoto makanan untuk bahan tulisan blog tanpa sadar kalau api di kompor masih menyala. Jadi, pertimbangan rasa aman saat membeli kompor induksi adalah nomor satu. 

Oh ya, salah satu masalah dalam aktivitas memasak yang aku lakukan adalah tidak stabilnya pengaturan suhu. Ya, kalian pastinya tahu kalau kompor gas yang emak-emak pakai itu tidak ada pengaturan suhu secara detail. Tetapi dengan memakai kompor induksi pengaturan suhunya dapat dipakai secara tepat. Kita bisa mengatur ingin memakai suhu tinggi, sedang ataupun rendah. Apa gunanya? Tentu berguna banget buat mengasah skill baking aku. Selain itu pengaturan suhu ini juga berguna untuk hal lainnya seperti pembuatan MPASI dan lain-lain. Wow, kompor induksi ternyata sangat nyaman digunakan. 

Membersihkan kompor induksi juga tergolong sangat mudah. Kita tinggal lap saja permukaan kompor induksi dengan kain lembab. Tampilan elegan dari kompor induksi membuat tampilan dapur jauh lebih rapi dan bersih. Ya, kalau orang banjar sepertiku menyebutnya dengan istilah barasih

Lengkap kan sudah kenapa kompor induksi menjadi pilihan kompor masa depan? Karena kompor induksi dinilai lebih aman, nyaman dan barasih. Ditambah lagi dengan pasokan listrik yang tak terbatas dari pln kalselteng. 

Nah, tertarik ingin membeli Kompor Induksi? Berbagai merk kompor induksi telah tersedia diantaranya adalah Philips, Midea, Kenwood, Mastoso,  Maspion, dan Cosmos. Harga dari kompor induksi ini juga bervariasi mulai dari 700k, 800k hingga 3 juta. 

sumber: sastodeal.com

Nah, didaerah Banjarmasin juga tersedia berbagai tempat untuk membeli kompor induksi. Tempat yang sering aku kunjungi yaitu Ufo Elektronik, Ace Hardware, SenWell, Depo Gemilang, Hypermart, dan Pondok Elektronik. Kalian juga bisa cek galeri kompor induksi di instagram pln kalselteng

 

Komentari dong sista
5 Shares

9 thoughts on “Kompor Induksi PLN Kalselteng-Solusi Masa Depan yang lebih baik

  1. Makin canggih aja ya teknologi kompor sekarang 😀

    Pake kompor induksi cakep nih di rumah, biar dapur kelihatan elegan.. 😉

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

  2. Canggih banget kompor induksi.. Aku jadi pengen hunting juga, tapi itu cuma muat 1 panci atau wajan aja ya? Ada ga yg sekalian dua kaya kompor gas biasa? Hehe

  3. Iya.. Aku juga mupeng nih. Tapi masih wishlist dulu.. Hihi.. Soalnya lumayan kepake jg nanti kalau mau piknik n jaga2 kali aja gas habis.. Hehe

  4. Kompor ini dicolok kelistrik mb rindang. Tp penggunaan listriknya tdk sebesar kompor elektrik krn dy memanfaatkan elektromagnetik dr alat masak jg untuk mendapatkan panas. Diatas sdh dijelaskan jg ya.. Smg dimengerti.. 🙂

  5. Wait, wait, aku ngiler dengan slogan barasihnya, karena aku suka dapur (dan semua ruangan) bersih. Tapiii, aku belum ngerti di mana letak hubungan antara kompor induksi dan listrik. Minta penjelasannya yang lebih detail ya Mbak tentang ini. Soalnya sekilas kayak kompor elektrik tapi kemudian bisa menginduksi energi panasnya ke peralatan masak.

  6. Eh ternyata desain kompor induksi ini cakep yaaa… Kayak di tutorial masak luar negeri yg pernah aku tonton di yutub. Harganya juga lumayan terjangkau, aku kira harganya bakalan jutaan loh.
    Waaah, beneran calon kompor masa depan nih 😀

  7. Aku dari dulu suka banget liat kompor ini di mall dan memang berharap sih suatu saat punya kompor model beginian. Terlihat elegan aja rasanya kalau dapur beginian.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A