Kreasi Resep Makanan Sehat Menggunakan Susu Cair Anak

Kreasi Resep Makanan Sehat Menggunakan Susu Cair Anak

Masih segar rasanya di ingatanku tentang kata-kata dari Chef Devina Hermawan pada konferensi pers dari Morinaga Chil*Go! minggu kemarin. 

“Kadang tuh suka worry sama kecukupan gizi anak aku. Yang makannya suka pilah pilih. Cukup gak ya?”

Kata-kata itu sangat mewakili pikiran emak-emak sepertiku. Apalagi, anak keduaku Humaira sedang dalam fase picky eater yang lumayan parah. Bisakah aku mencukupi gizinya hanya dengan makanan yang ia suka saja? 

Atau, kita yang harus memutar otak dan mencari cara agar menu sehari-hari dapat diatur dengan kreatif? 

Berbagai Kreasi Resep Makanan Sehat dengan Susu Cair Anak

“Mau tidak mau, kita harus kreatif dalam memberikan variasi makanan pada si kecil. Kenali bahan-bahan favoritnya dan atur keseimbangan gizinya.”

Ya, Chef Devina mengaku salah satu idenya untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil adalah dengan mengolah masakan yang bervariasi. Selain itu, kreasi masakan tersebut juga diberi tambahan susu cair anak untuk melengkapi gizi seimbangnya. Ide kreatif Chef Devina dalam menyajikan makanan untuk buah hatinya menginspirasiku untuk mengenali makanan favorit anakku dan mengkreasikannya. 

Nah, berikut ini adalah resep makanan sehat kreasiku:

Korean Cheese Bread Simple ala Chil*Go!

Awalnya, ide ini hanyalah ide iseng saja. Aku dan Pica sering sekali memang bereksperimen dengan roti tawar. Bahkan, kami pernah membuat kue red velvet dari roti tawar. Haha. 

Karena sejak punya 2 anak, jujur aku tidak terlalu sempat membuat cemilan yang susah. Termasuk itu untuk mengulen roti dsb. Sehingga setiap minggu memang selalu membeli roti tawar. Tetapi, trust me resep korean cheese bread simple ini sudah 2x kami praktikkan. Hasilnya ludes tak bersisa. Bahkan Humaira pun sangat suka. 

Ini dia resepnya

Bahan:

10 lembar roti tawar ukuran sedang (saya pakai 15 lembar ukuran kecil) 

1 butir kuning telur

3 siung bawang putih

3 sdm mentega

3 sdm madu

100 gr keju quick melt

Parsley secukupnya

1 botol Morinaga Chil*Go! Original

Cara Membuat:

Cincang halus bawang putih masukkan kedalam wadah tahan panas dan campur bersama kuning telur, mentega, keju quick melt dan madu. Aduk dan masukkan ½ botol Morinaga Chil*Go! Original. 

Selanjutnya tim bahan campuran tersebut hingga kejunya leleh dan mengental. Ini adalah saos cheese garlicnya. 

Ambil selembar roti tawar. Oles dengan saos cheese garlic tersebut lalu taburi parsley. Gulung dan tata diatas loyang tahan panas. Ulangi hingga habis

Tuang ½ botol Morinaga Chil*Go ! kedalam sisa saos yang ada. Aduk dan tuang kedalam loyang. Lalu, taburi lagi dengan parsley. 

Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 20 menit atau hingga kekuningan.

Sajikan hangat. 

Roti ini sangat enak dijadikan cemilan maupun hidangan sarapan. Perpaduan rasa bawang putih dan keju yang meleleh didalamnya membuat si kecil berselera. 

Resep ini biasanya aku sajikan dengan lauk disampingnya. Bisa berupa sosis goreng maupun nugget, tambahkan juga sup untuk melengkapi kandungan gizinya. Bisa juga disajikan dengan daging barbeque atau daging lada hitam. Jangan lupa sediakan cocolan mayonaise dan saos tomat. 

Es Campur Frambozen Mix Agar Chil*Go!

Nah, ketika bulan puasa begini anak aku si Pica biasanya selalu request menu yang segar untuk berbuka. Dia selalu suka dengan sirup. Dan biasanya sangat jarang meminta susu untuk berbuka. Jadi, agar nutrisinya saat berpuasa terpenuhi saat berbuka maka aku juga sedikit tricky untuk memasukkan susu. Kali ini, aku mencampurkan susu sebagai potongan agar untuk sirup berbuka puasa. Tak lupa dicampur dengan buah agar kandungan seratnya juga ada.

Berikut resepnya:

Bahan Sirup:

250 gr gula pasir

100 ml air

2 tetes frambozen

2 tetes pewarna merah tua

1 lembar daun pandan

Bahan Agar:

3 botol Morinaga Chil*Go! Original

½ sachet bubuk agar-agar plain

Bahan Tambahan:

Potongan Nanas dan Sagu Mutiara. (Bisa tambahkan buah dan bahan lain yang disuka) 

Cara membuat:

Campurkan bahan sirup dan masak hingga mendidih. Dinginkan. 

Campurkan bahan agar. Masak hingga mendidih. Dinginkan dan masukkan kulkas. 

Potong agar-agar susu kecil-kecil. Tata di dalam gelas. Masukkan potongan nanas dan sagu mutiara. Lalu masukkan ice cube dan tuangkan sirup frambozen secukupnya. Terakhir, tuangkan air putih secukupnya. Sajikan dingin. 

Bakwan Campur Gurih ala Chil*Go!

Bakwan kok pakai susu? Emangnya enak? 

Hmm.. Enak kok! Kalian belum pernah nyoba sih. Hihi. Lagian, ini bukan pakai susu biasa. Tetapi Morinaga Chil*Go! original yang rendah gula. Jadi, bakwannya enggak manis kok. Tetap sesuai dengan identitasnya yang gurih crunchy. Justru dengan tambahan susu bakwannya jadi tambah gurih. 

Ya, Bakwan memang terkenal sebagai jurus jitu untuk anak-anak yang suka ngemil. Karena di dalam bakwan kita bisa menyelipkan berbagai lauk dan sayur. Gizi dan nutrisi terpenuhi dan anak juga suka. Berikut resepnya:

Bahan:

1 buah wortel (iris tipis) 

200 gr kol (iris tipis) 

1 butir telur

200 gr tepung terigu

50 gr tepung beras

100 gr udang kecil

1 batang daun bawang (iris tipis) 

2 helai kacang panjang (iris tipis) 

1 botol Morinaga Chil*Go! Original

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

1 sdt garam

2 siung bawang putih

1 sdt merica bubuk

Penyedap secukupnya

Cara membuat:

Campur bumbu halus dengan 1 butir telur. Kocok sebentar. 

Masukkan bahan yang diiris (wortel, kol, daun bawang dan kacang panjang). Aduk rata. 

Masukkan tepung terigu dan tepung beras. Masukkan juga udang kecil. 

Terakhir, masukkan satu botol susu Morinaga Chil*Go! Original. Lalu, masukkan air secukupnya hingga tekstur adonan pas. 

Goreng hingga kecoklatan. 

Morinaga Chil*Go! Rasa Original, Lengkapi Kreasi Ibu Tanpa Worry

Semua kreasi resep di atas memakai Morinaga Chil*Go! rasa Original. Bukan tanpa alasan loh aku memilih Morinaga Chil*Go rasa Original untuk melengkapi kreasinya. 

Varian rasa Original dari Morinaga Chil*Go! ini adalah varian baru. Dibuat spesial karena rendah gula. Kalian tau? Anak-anak yang kelebihan asupan gula akan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh. Selain itu, juga memungkinkan adanya dampak masalah pada gigi hingga obesitas jika anak-anak kelebihan asupan gula. 

Jika melihat dari riwayat penyakit keluarga suami maka aku khawatir sekali kalau anakku nanti terkena diabetes. Maka, sejak kecil asupan gulanya harus dijaga. Morinaga Chil*Go! varian Original menjawab solusi atas rasa khawatir itu. 

Dengan Morinaga Chil*Go! rasa Original aku dan anak-anak jadi tidak worried. Karena berbagai masakan yang dikreasikan dengan Morinaga Chil*Go! Original menjadi kaya rasa, gurih dan enak. Picky eater pada anak pun lambat laun dapat diatasi dengan berbagai kreasi masakan. 

Rumus membuat kreasi masakan adalah peka terhadap bahan-bahan makanan yang disukai oleh anak. Perlahan, kenalkan ia dengan bahan makanan lainnya yang mengandung gizi baik lalu cerdiklah dalam memadukannya bersama bahan makanan yang ia sukai. Selain itu, kita juga harus peka dengan tekstur yang disukai anak. Jika sudah paham dengan itu semua maka tengoklah isi kulkas dan kreasikan sebisa mungkin. 

Karena dari rasa ada cinta. 

Nah, kalau kalian bagaimana? Punya resep favorit juga yang menjadi andalan di rumah? Share denganku yuk! 

Website: https://morinagaplatinum.com/id

Ig: @morinagaplatinum

Komentari dong sista
0 Shares

25 thoughts on “Kreasi Resep Makanan Sehat Menggunakan Susu Cair Anak

  1. Waaah ternyata dari susu cair bisa diolah menjadi makanan sehat dan bergizi uaaa. Terimakasih rekomendasinya ya kak 😊

  2. Wah pas banget ini buat ide buka puasa nanti, biar anak-anak semangat nunggu buka puasanya.. thanks for sharing Mom

  3. Alternatif lain pakai susu cair anak buat camilan , semua bisa makan , anak suak kita suka hihiw save ya ka

  4. Yang paling amazed adalah resep bakwan susu hihi baru tau kalau bakwan bisa pakai susu. Sepertinya bakal tambah gurih ya moms

  5. Menarik banget resep yang pertama, pengen recook tapi aku tu takut gagal bikinnya hehehe cuma bisa biin yg es frambors. Mantap mom

  6. Biasanya menambahkan susu buat kudapan, kue dan camilan, bikin lauk pun makin mantap ditambahkan susu ya mba.

    Selain rasanya makin enak, rasanya juga makin mantap ditambah Chil Go.
    Aku juga suka bikin menu roti tawar dikasih susu gitu.

  7. Wuih kreatif, enak juga kayaknya deh. Jadi kepengen nyoba bikin yang begini. Anak-anak bakalan suka. Izin nyontek resepnya ya 😀

  8. Masakan apapun pakai cinta jadi enak dan disenengi anak ya. Aku sering yang versi roti panggang tapinya. Enak juga cepet murah meriah enak resepnya. Cobain ah pakai bawang gini bekum pernah coba

  9. Aku suka buat puding kalau dari susu karena anak dan suami suka
    Nah ini nanti kalau anak kedua sudah masuk 2 tahun juga bakalan coba berkreasi lagi bareng ChilGo

  10. Enak iniih…
    Resep yang pasti anak-anak suka karena ada campuran susu Morinaga Chil*Go yang menambah rasa gurih.
    Aman yaa, kak…nutrisi anak juga terpenuhi.

  11. Wah ternyata Chil*go bisa buat campuran olahan masakan makanan atau minuman ya maaaak.. kayanya enak banget tuh yang resep rotinya, anak anak pasti makin doyan ya sama cemilan dengan susu chil*go iniii. Nanti cobain aaaahhhh

  12. Wah susu chill go ini ternyata bisa juga dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan dan minuman ya maaaakk.. anak anak makin lahap deh makan cemilannya yang dicampur susu chill go ini yaaa

  13. Resepnya enak semuaaa, dan akutu mupeng dengan es frambozen agar pakai Chil Go, nampah enak dan seger. Kalo bakwan itu lucu ya misal menggunakan susu cair Morinaga Chil Go malah bikin penasaran

  14. Rajiiiiinn banget bikin camilannya nih, ibuk luar biasa.
    Apalagi zaman skrng anak2 pasti banyak makan ya, drpd minta jajan di luar mendikng dibikinin sendiri aja.
    Aku tertarik kepengen nyontek resep cheese breadnya mbak, simple dan menggoda sekali buat disantap 😀

  15. Aku ngiler lihat Korean Cheese breadnya, pakai susu chil Go ya, enak pastinya. ikutin resepnya ah buat buka puasa enak nih

  16. Wah, bisa dicontek nih resepnya. Meski aku udah nggak punya anak kecil lagi tapi seenggaknya bisa buat aku sendiri hahaha atau mungkin ngasih hasil kuliner berbahan Chil Go ke para ponakanku.

  17. banyaak juga nih resep asyik yang bisa kita buat dengan susu cair ya mba. Anything with cheese will definitely be welcomed here mba

  18. Ya ampyuuuuuuun, resepnya aku save ya mbak. Hatiku bergejolak tiap ada resep roti pakai susu dan keju hahaha enak banget sih. Chil Go ini zaman anak2ku masih kecil juga suka mengonsumsinya loh. Rasanya enak dan menyegarkan serta bagus untuk saluran pencernaan. TFS ya.

  19. Asiik, asiikk, daku juga mau coba mbaaa
    enjoy banget kalo masak pakai Morinaga chil*Go varian original yak.
    Rasa dijamin endeuss, nutrisi juga OK

  20. Wiiiih Mbak Aswinda gerceeep sekali. Huhu
    aku baru dapat satu resep kreasi sama anak-anak. Itu pun belum sempat difoto sudah ludes duluan. Wkwkk. Kumaha ieu tah kumaha?!

    Resepnya meuni enak sih Mbak. Kreatif emang.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A