Membuat Bumbu Sop Khas Banjarmasin yang serba Guna

Membuat Bumbu Sop Khas Banjarmasin yang serba Guna

Siapa disini penggemar soto banjar? Sup Ayam Kampung khas banjar? Sup Iga? Bubur Ayam? Mie Bancir? Mie Yamin? Hingga Bistik Khas Banjar? Angkat tangaaan… 🙋

Kalo anda salah satu penyuka makanan diatas dan penasaran dengan cara membuatnya maka Bumbu Sop ini adalah Bumbu Dasar yang wajib di stok dikulkas. Kayak akuu, aku nih hoby banget kalo masak itu ga perlu lagi bikin-bikin bumbu pake ngupas bawang lagi, ngulek lagi, nyuci lagi. Ribet yaw, Ribet. 

Lebih enak beli yang instan. Tinggal Cusss… Eh iya sih, tapi tetap beda ya.. Bedaaaa.. Rasanya sesuatu itu kalo bikin sendiri lebih berkesan dan cinta kita didalam masakan lebih masuk aja gitu. Hehe

Entah beberapa minggu lamanya ya bumbu sop ini dibuat dan aku baru aja nulis resepnya. Kau tau apa alasannya? Iyaaa.. Fotonya ga ada yang bagus pemirsa.. 😂😂

Maklum, aku bikinnya dirumah mertua (lebih tepatnya mertua yang bikin) sekalian ngajarin menantunya yang skill masaknya ini masih kelas sabuk abu-abu (ga jelas maksudnya). Aku memotonya dengan malu-malu sok anggun. Padahal kalo moto dirumah sendiri aku bisa bermenit-menit nungging cantik. 😅

Tapi, udah banyak banget temanku yang nanya resep mie bancir. Nah, gimana aku mau ngasih resep, sedangkan bumbu dasarnya aja aku masih nyolong punya mertua. 😂

Jadilah resep ini aku publish dengan tampilan apa adanya. Gapapa ya pemirsa. Nanti kalo ni bumbu abis, aku bikin sendiri deh biar fotonya lebih bagus. (kayak yang kemarin2 bagus aja) 😅 

Bumbu Sop Banjar Ala Mertua

Bahan:

500 gr Bawang Merah

250 gr Bawang Putih

6 ruas jahe

250 ml minyak goreng

100 gr mentega

5 lembar ganti ganti

1 sdm merica

3 buah bunga lawang

5 buah kapulaga

6 buah cengkeh

2 batang kayu manis

1 sdm adas manis 

1/2 biji pala

Cara membuat 

Haluskan Bawang merah, Bawang Putih dan Jahe menggunakan blender dengan air secukupnya. 

Tumis Jus Bawang tadi hingga mengental dan tidak cair lagi. Masukkan Minyak Goreng. Aduk-Aduk hingga harum. 

Sementara itu, haluskan merica, kapulaga, ganti ganti, adas manis dan pala memakai ulekan. Lalu tambahkan sedikit air pada ulekan dan saring. Masukkan air tadi di bumbu sop. 

Tambahkan mentega. Masak hingga bumbu sop berbau harum, mengental serta ‘mengeluar minyak’. 

U can see the process yaa.. 

Inget ya, tekstur bumbunya harus seperti gambar diawal tadi. Kalau belum seperti itu rasanya akan berbeda. Bisa-bisa nanti bau bawang mentah. Harus sabar pokoknya kalau bikin ini. 😂

Happy Cooking yaaa…. 

Komentari dong sista
3 Shares

2 thoughts on “Membuat Bumbu Sop Khas Banjarmasin yang serba Guna

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A