Pentingnya Manajemen Kebersihan Saat Menstruasi

Pentingnya Manajemen Kebersihan Saat Menstruasi

“Ma, kok baju mama merah gitu?” 

Pica bertanya bingung padaku hari itu. Saat itu, usianya masih 6 tahun. Itu adalah kali pertama ia tau tentang betapa spesialnya yang namanya perempuan. 

Oh ternyata, perempuan itu bukan cuma tentang menyusui, hamil dan melahirkan. Ternyata jadi perempuan itu begini. Tertegun Pica menyimak penjelasanku tentang apa yang sedang aku alami saat itu. Lalu sejak itu, pembicaraan tentang menstruasi sedikit lebih meluas. 

Pernah suatu hari Abah Pica pulang dan berbicara sedikit kesal padaku karena suatu masalah. Seketika Pica muncul dan berbicara dengan polosnya. 

“Abah jangan gitu sama mama. Mama tuh lagi sensi. Katanya mau mens.. Tadi Pica aja dimarahin terus..”

Ya, begitulah. By the way.. kalian tau gak tanggal 27 Mei 2021 itu hari apa? 

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Tanggal 27 Mei 2021 kemarin aku berkesempatan untuk mengikuti Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diadakan oleh pperkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia. Webinar ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi.

Wow, jujur saja aku baru tau kalau ada hari begini. Waktunya pun ditetapkan secara unik karena tanggal dan bulannya mewakili periode menstruasi wanita. Webinar kali ini diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. 

Webinar ini sendiri bertujuan agar pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) meningkat. Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal.

Sebagai seorang ibu yang memiliki 2 anak perempuan tentu aku excited sekali mengikuti webinar inj. Bagaimanapun juga, aku masih harus banyak belajar tentang tips bersih dan sehat saat menstruasi dan yang utama aku ingin bisa mengkomunikasikan tentang menstruasi pada anak-anakku. Tidak hanya ilmu asal tau yang terbesit di kepala begitu saja. 

Adapun Nara sumber dari webinar ini diantaranya:

dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH: Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.,: Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta.

Mada Shinta Dewi : Country Manager Mundipharma Indonesia. 

Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi Sejak Dini

Paparan dari dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid membuatku sadar akan fakta yang terjadi di belahan dunia. Bahwa, menstruasi masih hal yang dianggap ‘tabu’ oleh sebagian orang. Bahkan, ketika anak kecil menanyakan beberapa hal yang menyinggung tentang menstruasi orang dewasa cenderung menutupinya seakan seorang anak belum saatnya tau tentang itu. Anak perempuan dinilai perlu belajar dan tau tentang menstruasi ketika sudah mengalaminya. 

Padahal baik remaja putri maupun wanita dewasa harus mendapatkan informasi tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi sejak dini. Hal ini agar dapat menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik.

Sebagai ibu, kita juga diharapkan dapat memberikan informasi yang tepat terkait tentang Menstruasi hingga tentang manajemen kebersihan kepada anak perempuan kita. 

Masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat tidak menjaga kebersihan di masa menstruasi

Pernah gak sih kalian mengalami rasa yang berbeda pada Miss V? Seperti gatal dan tidak nyaman? Usut demi usut, memang peranan pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi berdampak besar loh. 

Sepertin yang diutarakan oleh Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH. Bahwa kebanyakan dari perempuan terkadang masih berpola salah dalam membersihkan vagina. Seharusnya, pola yang benar seperti gambar dibawah ini. Hal ini agar bakteri pada anus tidak masuk ke vagina. 

Selain itu, masih banyak yang malas mengganti pembalut hingga membuang pembalut dengan cara yang salah. Sehingga penyakit pun rentan bermunculan. Nah, dibawah ini merupakan penyakit yang rentan muncul jika kita tidak melakukan manajemen kebersihan menstruasi dengan tepat. 

Pentingnya peran Ibu untuk edukasi Anak Perempuan tentang sehat dan bersih saat menstruasi

Jujur, saat Pica memergokiku darah pada bajuku ada keinginan iseng yang ingin aku poles menjadi drama kecil. Seperti bertingkah layaknya sedang terluka atau menjelaskan dengan singkat bahwa ‘mama lagi berdarah’ begitu saja lalu mengabaikan pertanyaannya yang lain. Akan tetapi, kok sepertinya kalau dipikir-pikir mending dijelaskan sekarang saja daripada ketika hari ‘H’. 

Akhirnya aku menjelaskan sedikit hal tentang periode menstruasi yang dialami perempuan saat pertama kali Pica bertanya. Lalu seiring berjalan waktu, Pica semakin sering memergoki ‘peristiwa berdarah’ tersebut. Akhirnya? Akhirnya sang mamak sampai curhat sampai ke periode PMS dan mood swing yang merupakan efek psikologisnya. Aku tidak tau apakah komunikasiku sudah terbilang bagus atau tidak. Yang jelas, hasilnya seperti kejadian diatas. Di Awal blogpost ini.. 😂

Syukurlah webinar kemarin menjadi bahan pembelajaran untukku dalam berkomunikasi dengan anak soal menstruasi. Setidaknya, bahasaku bisa sedikit direvisi lagi untuk bahan edukasi Humaira, anak keduaku. Nara sumber Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., menjelaskan dengan sangat nyaman tentang pentingnya edukasi kepada anak tentang kebersihan dan kesehatan menstruasi. 

Setidaknya, Ada tujuh hal yang perlu ditekankan dalam komunikasi tentang menstruasi kepada anak.

Ya, peran ibu sebagai yang paling diharapkan adalah yang terpenting. Karena kalau tidak dimulai dari Ibu, lantas dari siapa lagi seharusnya anak mendengar edukasi pertamanya? Perlu ditekankan kita juga tidak boleh menghindari pembicaraan ini karena sesungguhnya bicara tentang menstruasi itu tidak tabu dan dilakukan berulang kali dengan sikap positif. Apresiasi jika anak banyak bertanya, karena itu artinya rasa ingin tahunya tinggi. Jangan lupa untuk membuka berdiskusi serta jelaskan secara kongkrit. Terakhir, jelaskan juga kepada anak laki-laki. Well, karena aku tidak punya anak laki-laki. Maka terkadang sering edukasi suami juga untuk memahami periode sensitif agar ia dapat berempati dan membelikan bakso. *apa sih ini ujungnya.. 🤣

Betadine Feminine, Rangkaian Lengkap Untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan bahwa jika kita ingin menggunakan cairan pembersih vagina sedapat mungkin gunakan yang sesuai dengan pH normal vagina. 

Jujur, aku bukanlah jenis perempuan yang terbiasa menggunakan pembersih khusus untuk area kewanitaan. Dulu, aku sempat diperingatkan oleh seseorang bahwa area kewanitaan tidak perlu dibersihkan dengan sabun dsb. Karena justru akan menghilangkan bakteri baik. 

Tapi, itu kan dulu? Waktu itu aku masih sekolah dan waktu itu memang tidak mengenal sama sekali pembersih area kewanitaan yang sesuai dengan pH normal vagina. Sekarang, aku sudah tau kalau ada rangkaian betadine feminine yang dipercaya untuk kebersihan area kewanitaan. FYI, merk ini sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah serta mengobati infeksi.

Serangkaian produk Betadine feminine care kini tersedia lengkap. Mulai dari untuk sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan.. Produk ini tentunya sudah sesuai dan ideal dengan pH di area vagina ya. 

Nah, untuk membelinya kalian bisa beli di official store betadine shopee atau  tokopedia

Yuk, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan ya.. 

Komentari dong sista
0 Shares

21 thoughts on “Pentingnya Manajemen Kebersihan Saat Menstruasi

  1. Selama ini branding Betadine ya sebagai obat luka. Nggak nyangka sekarang juga bisa buat merawat dan menjaga keseimbangan ph dalam mrs vi kita ya. Lengkap pula itu produknya.

  2. Daerah kewanitaan emang penting dijaga kebersihan nya ya mba, apalagi kalau udah terasa lembab, segera mungkin diganti.
    Karena tempat yang lembab sangat disukai kuman ataupun bakteri.

  3. Mantap nih inovasi produknya betadine feminine care, ada yang untuk pemakaian sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Kita tinggal pilih dan beli yang sesuai kebutuhan

  4. Idem anakku juga awalnya nanya kenapa aku pakai pampers (pembalut) haha trus kenapa aku gak sholat akhirnya dijelasin aja walau masih kecil.
    Menurutku jg sebaiknya obrolin aja jangan ditabukan supaya anak2 jd paham ttg menstruasi dan gak kaget kyk zaman dulu yak.

  5. webinar ini sangat menarik dan bermanfaat ya mbak
    jadi tahu banyak informasi seputar menstruasi
    aku juga makin sadar pentingnya manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi

  6. Pics baik banget nih, Masya Allah bisa ngertiin suasana hati Mama yang lagi galau.

    Bener sih kalo sejak kecil anak-anak udah diajak mengenali begini jadi tahu kelak kalo perempuan yang sedang menstruasi kadang sensitif perasaan nya.

  7. Pintarnya Picaaa..
    Gemesh yaa…anak sekarang itu cerdas dan peka. Alhamdulillah, melalui webinar ini jadi paham mengenai kesehatan organ kewanitaan dan seputar menstruasi juga menjelaskannya kelak kepada anak ketika masanya tiba.

  8. asik nih produknya bisa dibeli online jadi praktis, sebab untuk merek betadine kami sudah langganan pakai. produk jenis ini aja yang belum dicobain

  9. Aku jelaskan menstruasi sejak anak-anak masih TK, walaupun laki-laki tetao aku jelaskan soalnya mereka akan lihat aku gak sholat. Nah apalagi buat anak perempuan ya harus banget dikasih tau tentang mendtruasi dan manajemen kebersihannya untuk menghindari infeksi

  10. Dampak jika anak tidak ada pengetahuan tentang menstruasi ternyata ngeri ngeri sedap ya mbk. Makannya penting banget diskusi masalah menstruasi je anak abak kita. Sebagai bekal untuk masa depan mereka

  11. Baca di paragraf awal ngomongin warna baju, bener banget nih biasanya kalo pas menstruasi aku pilih warna baju yang gelap. Jadi andaikata nembus kan gak terlalu kentara.

  12. Webinar yang seperti ini nih perlu banget digencarkan. Edukasi-edukasi masalah kewanitaan khususnya menstruasi. Agar kita yang sudah dewasa juga paham betul gimana nantinya menghadapi anak perempuannya/saudaranya yang akan menghadapi menstruasi pertama. Bahwa kebersihannya harus selalu dijaga, salah satunya menggunakan sabun khusus untuk area kewanitaan seperti rangkaian produk dari Betadine Feminin care ini. Karena setiap produknya mengandung pH balance yang cocok untk daerah kewanitaan.

  13. “Abah jangan gitu sama mama. Mama tuh lagi sensi. Katanya mau mens.. Tadi Pica aja dimarahin terus..”

    Hihi Picaaa, masya Allah … sudah ada pemahaman mengenai menstruasi. Jadi sudah tahu ya harus lebih sabar hadapi mamanya.

  14. siap menjelaskan ke anak laki2 suatu hari nanti..
    kalau anak perempuan aku masih 1 sd, tapi udah lumayan sering aku cerita kenapa pms dan perempuan itu ada haid.. iya beneeer ibu sumber informasi ya^^ dulu aku dpt seminar dari sekolah aja mbaa, mamah ngasi tau sih tapi nggak terlalu detil

  15. Salah satu yang memang harus dan wajib banget ini sebagai wanita adalah menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi ya. Jadi teringat semasa remaja waktu pertama kali datang bulan itu mamah selalu cerewet sekali tentang kebersihan yang harus dilakukan saat menstruasi. Makanya sampai sekarang tuh jadi kebawa banget.

  16. Iya.. kadang kita kepengen ya mbak sekali-kali isengin anak, tapi kalau soal haid jadinya gimana ya, nanti anaknya malah takut, setuju sih sama mbak :D. Kbersihan saat haid memang sangat penting. Alhamdulillah kemaren saya juga ikut webinarny nih mbak 🙂

  17. Waah ternyata banyak ya penyakit yang timbul akibat tidak memperhatikan kebersihan saat menstruasi termasuk penyakit infeksi saluran kemih..Penting sekali nih edukasi menjaga kebersihan saat mens

  18. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A