Punya Anak Super Kreatif dan Hobi Coret-Coret? Begini Solusinya

Punya Anak Super Kreatif dan Hobi Coret-Coret? Begini Solusinya

Apa aja sih keluhan mom ketika punya balita yang lagi aktif-aktifnya?

Rumah selalu berantakan…
Ini itu selalu bertumpahan…
Barang-barang tidak ada yang ‘waras’
Sampul buku lepas semua…
Dan terakhir yang bikin seribu emak dilema luar biasa itu adalaaah…
Coretan-coretan yang ada di dinding, di sprei hingga di properti kesayangan emak lainnya…
Dan coretan itu tidak mau hilang…
Bak prasasti bersejarah yang punya bahasa sansekerta yang menghiasi seluruh isi rumah. Hahaha

Anakku adalah salah satu balita yang aktif dulu. Dia sangat suka dengan aktivitas coret-mencoret dan berekspresi dalam warna. Saking pintarnya, biar pun spidol dan crayon-nya sudah ku simpan tapi ia tak kehabisan akal. Ya, stok pewarna makananku di dapur juga menjadi bahan eksperimennya. Hasilnya? Lantai yang warna-warni, serta tangan dan kaki yang penuh dengan pewarna. Dan yang kadang membuat aku suka kelepasan marah itu adalah pewarna itu susah sekali hilang di tangan dan kakinya.

Lantas, kalau sudah sering begini… Apakah aku harus melarangnya?

Konon Katanya, Kotor Itu Kreatif

“Waduh… Kenapa itu tangan dan kaki Farisha warna pelangi… Pasti habis ikutan mamanya bikin kue yaaa..” kata salah seorang tetanggaku saat melihat Farisha kecil bermain keluar.

Aku pun menjawab, “Hehe.. Iya.. Habis ngabisin stok pewarna emaknya di dapur. Emaknya lagi mandi.. Lah bisa-bisanya dia buka kulkas nyari macam-macam.”

Tetanggaku pun tertawa sambil berkata, “Gak papa.. Anak kecil memang harus begitu. Daripada kerjaannya diam aja sambil nonton TV. Siapa tau suatu hari dia bisa jadi pelukis hebat…”

“Iya, anaknya suka mewarnai bu.. Sudah dibeliin warnaan juga macem-macem. Tapi kayaknya kurang cukup. Berasa pewarna makanan emaknya lebih bagus kali ya… Haha..”

Salah kah anak yang suka mencoret-coret tembok dan berekspresi dengan pewarna? Tentunya tidak ya. Karena dalam umur 3-5 tahun, anak memasuki tahap eksplorasi yang luar biasa. Ia akan mencoba berbagai hal yang baru dan menarik perhatiannya. Karena itu anak kecil sangat suka berantakan, menumpah-numpahkan sesuatu dan mengubah bentuk barang waras menurut kita menjadi barang waras menurutnya. Pikiran anak sekecil itu masih sangat pure dan penuh dengan imajinasi. Jadi, melarangnya melakukan apa yang ia senangi bukanlah hal yang bijak.

Sejauh ini aku memang membiarkannya. Namun, suatu hari ketika ‘tamu istimewa’ datang ke rumah, tiba-tiba saja aku merasa amat sangat malu. Apa pasal? Ya ya.. Mereka bilang rumahku berantakan. Cat dinding yang terbilang masih baru sudah penuh dengan coretan sana sini. Parahnya lagi, tamu istimewa itu seakan membandingkan rumahku dengan rumah Mama A yang punya balita sama sepertiku namun rumahnya masih sangat rapi dan bersih, satu goresan spidol pun tidak ada di dindingnya.

Malam itu, aku tidak bisa tidur memikirkan ‘nyinyiran’ tamu istimewa itu. Akhirnya, aku putuskan untuk browsing. Aku tidak mencari pembenaran untuk argumenku bahwa kotor itu kreatif. Namun, aku mencari solusi yang lebih baik untuk keduanya. Anakku dan sang tamu istimewa.

Untunglah Aku Menemukan Crayola

Sebenarnya, aku mencari-cari jenis pewarna yang bisa dihapus malam itu. Aku tahu bahwa melarang anakku untuk mencoret-coret barang berharga bukanlah hal yang benar. Karena itu akan menghilangkan kreativitas dan imajinasinya yang berharga. Dan kedatangan tamu istimewa tersebut telah menemukan solusi yang baru. Solusi itu adalah Crayola.

Crayola adalah salah satu produk pewarna kekinian yang bersahabat dengan anak kecil dan juga tentunya ’emaknya’. Apa pasal? Karena Crayola memiliki kualitas terbaik dalam mewarnai. Dan juga, salah satu produk Crayola merupakan ‘World Most Washable’ yang artinya paling gampang dibersihkan di seluruh dunia. Ya, aku membelikan Ultra-Clean Washable Markers Color Max untuk Farisha. Produk ini sukses menyalurkan bakat coret-coretnya di dinding dan tentunya membuatku senang karena coretan itu dapat dihilangkan.

“Crayola is dedicated to helping kids of all ages unleash the power of imagination in colorfuk ways. That’s why we developed ColorMax – a variety of innovations to reinvigorate classic Crayola products with the highest quality colors available today”

Produk Crayola yang satu ini benar-benar gampang dibersihkan. Di dinding, di kain, hingga di properti berharga lainnya. Kita tinggal menghapusnya memakai lap basah atau mencuci pakaian seperti biasa dan hasil coretan itu pun akan hilang. Bagaimana dengan di tangan dan kaki? Tentu saja kita tinggal membersihkannya seperti biasa saja. Dan tadaaa.. Hasil coretan yang indah itu akan hilang.

Tidak percaya? Hmm.. Aku pernah mencoba memakai produk Crayola ini untuk menyalurkan bakat mewarnai Farisha. Aku menggambar tokoh Chibi Maruko Chan pada salah satu kerudung segi empatku yang berwarna putih. Dan.. Tinggal kucek-kucek manja saja keesokan harinya. Pewarnanya sudah luntur. Kalau di dinding jangan ditanya lagi.. Ambil tisu basah saja dan semua coretan menggunakan Crayola sudah hilang. Akhirnya, rumahku kembali normal dan waras. Hahaha.

Hingga sekarang, ketika Farisha sudah berusia 5 tahun. Produk Crayola tetap setia kugunakan.

Tetanggaku benar. Farisha punya bakat mewarnai dan berimajinasi sejak kecil. Karena itu ia senang mewarnai dan mengikuti berbagai perlombaan mewarnai di sekolahnya. Ia telah memperoleh banyak piala karena hobinya itu. Hobi apa? Hobi coret-coret dinding saat masa kecil tentunya. Haha.

Tentunya bukan hanya produk Ultra-Clean Washable Markers Color Max yang kubelikan untuk Farisha. Aku juga memiliki Colored Pencils serta crayonnya. Pewarna Crayola sukses membuat Farisha menjadi juara.

Hal lain yang aku sukai dari produk Crayola adalah produk ini Eco-Evolution.

Solar panels provide energy to produce one billion crayon and half a billion markers each year in the USA.

Using recycled plastic in our prodycts keeps hundreds of tons of plastic out of landfills each year.

A new tree is planted for every one used to make our colored pencils.

Repurchase Crayola? Tentu saja!

Di mana bisa membeli Crayola? Kalau aku biasa membeli Crayola di Shopee. Ada berbagai paket produk Crayola di sana dan sesuai dengan paket kebutuhan. Untuk mom yang punya problematika sama sepertiku jangan lupa untuk membeli Ultra Clean Washable Markers.

So moms.. Masih suka kesal dengan anak yang suka coret-coret? Jangan sampai kemarahan kita membatasi imajinasi dan kreativitasnya ya.. Karena imajinasi itu sungguh berharga.

Happy parenting!

Komentari dong sista
13 Shares

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A