Resep Ayam Crispy Lada Hitam ala Shezahome

Resep Ayam Crispy Lada Hitam ala Shezahome

Halo.. Udah lama banget aku enggak share resep ya.. 😂

Apakah emak sudah termasuk kategori emak pemalas? Yang kerjaannya uring-uringan nonton drakor sembari bersosmed ria? Apakah emak sudah tidak peduli dengan lidah suami dan anak yang seleranya unik dan sangat pembosan?

Tidak juga.. Sih..

Sebenarnya alasan utamanya adalah emak sedang malas melakukan dokumentasi terkait kegiatan memasak. Karena baru-baru ini emak sedang muter-muter dengan hoby baru. Hoby apa? Jangan ditanya.. Banyak pokoknya, emak aja bingung passion emak yang baik dan benar itu dimana.. 😂

Kalau soal menu makan pagi, siang dan malam, sebenarnya emak masih suka masak dan jarang banget beli makanan diluar. Hal yang paling membuatku malas melakukan dokumentasi adalah karena tidak ada menu ‘wow’ yang terbilang baru. Sebelumnya aku pernah curcol di salah satu content label masakan banjar kalau suamiku itu seleranya sangat ‘kedaerahan’. Sehingga menu makan itu berputar disekitar masakan daerah saja, tidak terlalu ada menu baru.

Lalu, emak bosan. Jadilah suatu hari emak fillet dan potong dadu semua dada ayam. Kemudian emak goreng memakai ‘adonan tepung andalan’ karena Farisha suka sekali dengan menu ini. Tapi karena emak mau sedikit inovasi, jadilah emak mengambil setoples kecil lada hitam dikulkas dan menghaluskannya.

Sebelumnya, emak pernah juga bikin menu ala ala lada hitam gitu. Tapi, menu lada hitam itu cuma di campur dengan fillet sapi atau ayam biasa tanpa tepung. Enak sih, tapi kalau ayam dan sapinya sedikit kurang ekonomis. Hehe

Iya, karena aku biasanya cuma beli satu ekor ayam ukuran kecil jadi bagian dada ayamnya juga kecil. Kalau di olah tanpa tepung jadinya ya dikit amat. Bisa-bisa suami protes.. 😅

Baca juga: resep ayam masak habang ala so good

Akhirnya aku beranikan campur ayam fillet tepung ini ke saos lada hitam. Aduk aduk aduk… Jadinya?

“Enak maa” 😋

Ternyata enak banget pas diicip-icip. Enggak nyangka sih menu asal gini rasanya lumayan bikin nagih. Point plusnya adalah bahannya sederhana dan cocok dimasak di bulan tua. Hahaha..

Penasaran resepnya?

Yuk, intip!

Ayam Crispy Lada Hitam

Bahan 1:

200 gr Ayam fillet

1/2 butir telur

1 siung bawang putih yang dihaluskan

1/2 sdt garam

1 sdt saos tiram

1 sdt air jeruk nipis

Penyedap secukupnya (skip jika tak suka)

Bahan 2:

150 gr tepung terigu

1 sdm tepung kanji

1 sdt garam

1 sdt merica

Penyedap secukupnya

Bahan 3:

1 siung bawang bombay (potong dadu)

5 siung bawang merah (iris kecil)

3 sdm lada hitam (suka-suka ya, kalau aku suka versi banyak) oh iya, kalau mau pakai yang bubuk boleh juga. Kalau aku suka yang versi biji dan dihaluskan.

10 sdm kecap manis

Air secukupnya (hati-hati jangan terlalu banyak)

Cara membuat:

Bersihkan dan lumuri ayam dengan jeruk nipis, kemudian masukkan sisa bahan 1 lainnya. Diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap pada daging ayam.

Campur bahan 2 dalam toples kemudian kocok hingga rata dengan cukup menggoyanglan toples. *cara emak supaya dapur tetap bersih dan rapi.. 😂

Selanjutnya, mari memasak saos lada hitam memakai bahan 3. Pertama tumis bawang merah dan bawang bombay hingga layu kemudian masukkan lada hitam yang dihaluskan dan kecap manis. Aduk dan masukkan sedikitt air. Jangan terlalu banyak ya nanti ayamnya tidak crispy.

Masukkan potongan ayam fillet yang telah didiamkan kedalam toples berisi bahan 2. Kocok-kocok dan goreng hingga matang. Perlu diperhatikan bahwa tahap ini harus jeli, jangan sampai ayam sempat terlalu lama dalam tepung. Dan dalam tahap penggorengan pun gunakan api sedang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.

Masukkan ayam pada saos lada hitam. Aduk rata dan ayam siap dihidangkan.

Bagaimana? Mudah bukan?

Happy Cooking.. 😊

Summary
Reviewed Item
Resep Ayam Crispy Lada Hitam Indonesia
Author Rating
51star1star1star1star1star
Komentari dong sista
2 Shares

12 thoughts on “Resep Ayam Crispy Lada Hitam ala Shezahome

  1. Wow cukup banyak juga pakai lada hitamnya ya mbak, itu 3 sdm, lho! Jadi 2 sendok makan kan? Bukan sendok teh?
    Emang kenapa kalau ayamnya terlalu lama di dalam tepung, mbak?
    Aku catet ya resepnya, trims ^,^ Segala sesuatu yang ada lada hitamnya taste yummy deh… :-d

  2. Pas banget nih lagi laper, liat postingan mba winda jadi tambah laper :(((

    Wahh, makasih ya mba resepnya berguna banget nanti aku mau coba deh masak ini. Hihihi

  3. Kelihatannya mudah dan praktis ya Mak Jadi pengen mencoba juga, aslinya malas masak ribet. Crispy begini biasanya cocok juga di lidah

  4. penambahan tepung kanji memang bikin makanan gorengan jadi yahud, apalagi setelah ditambahkan tulisan bumbu lada hitam ya, maaakk, lumpur bangett. aku sudah bisa bayangin endessnya. biasanya aku pakai bumbu saus tiram aja sih

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A