Resep Ketupat Kandangan, Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Resep Ketupat Kandangan, Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Ketupat adalah salah satu makanan khas yang ada indonesia. Setiap daerah diindonesia pasti memiliki masakan khas tersendiri dengan bahan dasar ketupat. Makanan yang terbuat dari beras ini memiliki cita rasa yang khas dan tampilan yang khas pula. Bentuknya menyerupai layang-layang. Kulitnya terbuat dari daun kelapa yang dianyam sedemikian rupa hingga membentuk ruang kosong didalamnya. 

Membuat ketupat tentu memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika anda mengerjakan dimulai dari membuat sendiri anyaman ketupatnya. Nah, ketupat kandangan ini memiliki cita rasa yang khas. Ketika dipotong bentuknya kokoh, namun ketika dihancur bulir-bulir nasi tercerai berai seakan masih berupa nasi. Ketupat jenis ini adalah ketupat yang cocok digunakan untuk Ketupat Kandangan ini. 

Ketupat kandangan sendiri selain rasa ketupatnya yang khas tekstur kuahnya juga sangat lezat karena cita rasa yang dihasilkan dari perpaduan santan, rempah dan haruan panggang. Selain itu, sambal acan khas banjar yang juga tak boleh ketinggalan dalam penyajian ketupat kandangan ini membuat cita rasa masakan ini begitu dipuja. 

Kenapa harus Ikan Haruan? Dalam bahasa indonesia Ikan Haruan dikenal dengan sebutan Ikan Gabus. Ikan ini menyerupai lele namun tak berkumis. Dagingnya lembut dan memiliki sisik, tidak seperti lele. Ikan haruan ini terkenal kaya akan albumin. Ikan ini sangat digemari oleh penduduk di kalimantan selatan. Penggunaan ikan ini pada ketupat kandangan adalah sebuah keharusan, tak bisa diganti-ganti dengan jenis ikan yang lain karena akan merubah jauh cita rasanya. 

Ikan Haruan yang dipakai untuk membuat ketupat ini harus segar dan tidak dalam keadaan mati saat dibeli. Jenis ikan sungai jika dimasak dalam jarak mati yang cukup lama akan menyebabkan hilangnya rasa manis dari ikan tersebut. Cara memasaknya pun harus dipanggang dibara api, tidak boleh dipanggang diteplon apalagi digoreng. Sudah pasti rasanya akan sangat berbeda jika tidak dipanggang dengan benar. 

Well, karena ‘keribetan’ dalam proses pengolahannya sangat sebanding dengan rasa yang didapat maka tidak heran jika warung-warung penjual ketupat kandangan ini selalu laris manis. Kuliner ketupat kandangan ini amat sangat digemari. Tapi, kenapa tidak jika kita mulai mencoba membuatnya sendiri? Selain akan lebih menyenangkan hati suami kita juga menghemat anggaran pengeluaran rumah tangga tentunya. 🙂 

Ketupat Kandangan

(untuk 4 porsi) 

Bahan:

4 buah ketupat ukuran sedang *kali ini saya membeli Ketupatnya. Mungkin lain kali akan saya share proses cara membuatnya. 

Bahan Haruan Panggang:

2 ekor ikan haruan

1 sdt garam

1 sdt asam jawa

1 cm kunyit

1 sdm air jeruk nipis

Bahan Kuah:

1/2 biji kelapa parut + 500 ml air= santan 525 ml

1 batang serai

2 lembar daun jeruk *sobek

1 cm laos *memarkan

Bumbu halus:

8 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 biji kemiri *sangrai

1 cm jahe

1/2 sdt ketumbar

1/2 sdt merica

1/4 sdt jintan

1/2 sdt terasi

Garam, gula dan Penyedap secukupnya. 

Pelengkap, sambal acan dan Bawang Goreng

Bahan sambal acan:

8 buah cabe rawit

2 buah cabe keriting

1 buah tomat

1 sdt terasi bakar

1 sdt gula merah

Garam dan Penyedap secukupnya

Irisan mangga muda/binjai/belimbing tunjuk sebagai penyegar. 

Cara membuat:

Bersihkan ikan haruan dan potong-potong. Lumuri dengan garam, kunyit halus, asam jawa dan jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 

Panggang haruan dengan bara api. Jika anda kesulitan dengan memanggang pada bara api anda bisa melihat post saya sebelumnya, disini

Haluskan bumbu, cukup diulek saja agar mudah layu saat proses penumisan. 

Tumis bumbu hingga harum dan masukkan kedalam santan yang sudah mendidih. Aduk-aduk kemudian masukkan haruan panggang. 

Jika anda bingung melihat warna kuah ketupat kandangan yang agak kekuningan pada gambar saya maka jangan menambahkan kunyit. Warna kuning pada kuah dihasilkan dari bumbu tumis dan keluarnya warna kunyit pada bumbu ikan haruan yang dibakar. 

Aduk kuah, tambahkan garam, penyedap dan gula, cicipi rasa.

Membuat sambal acan:

Goreng Tomat, bawang dan lombok keriting sebentar saja kemudian Ulek semua bahan, tambahkan garam dan gula. Beri irisan mangga pada sambal agar terasa segar. *kebetulan didepan rumah lagi musim mangga😅 anda bisa mengganti bahan penyegar dengan buah binjai atau belimbing tunjuk. 

Happy Cooking 😊

Komentari dong sista

10 thoughts on “Resep Ketupat Kandangan, Kuliner Khas Kalimantan Selatan

  1. Kalau belajat pasti bisa mbak, tp setiap perempuan punya passion berbeda y.. Bisa kulineran ini juga tentu dibanjarmasin 🙂

  2. Amin.. Ini kalo dijawa namanya ikan gabus mba.. He.. Bisa bikin sendiri ko dimanapun kau berada. Semoga ada waktu untuk berkunjung kesini ya mba.. Dan ada kesempatan buat recook jg.. 🙂

  3. Jadi mendadak lapar mbaak shez. . 😀 akuu belum pernah cobaain ikan kandangan :’) hehehe semogaa bisa berkesempatan mampir ke kalsel dan mencicipi kuliner khas ketupat kandangan. Aamiiin 😀

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A