Resep Wadai Ipau aka Lasagna Khas Banjar 

Resep Wadai Ipau aka Lasagna Khas Banjar 

Halo.. Siapa penggemar Lasagna angkat tangaaan.. 🙋

Aku? Aku sih enggak terlalu suka lasagna versi italia itu. Selain dilidah aku kurang sreg, lasagna asli itu juga punya komposisi bahan yang lumayan ribet daaan.. Mihil juga tentunya.. Hihihi.. *elu mak pikiran ngirit mulu yak.. Kapan jadi ibu sosialita yang baik dan benar? 

Enggak, aku ga bakal bisa kayaknya jadi Ibu sosialita yang baik dan benar. SGM aja nelpon 7x ga keangkat, dan ga nelpon balik lagi. Batal dah emak bersosial ria sehabis lebaran dengan membawa status Mombassador.. 😭 *okeh, saya mulai OOT😂

Jadilah saya yang sedang bersedih ini mulai mencari pelampiasan bagaimana menumpuk lapisan kesedihan ini menjadi output yang baik dan benar. Akhirnya, terjadilah letusan gunung berapi. Eh, maksud saya terasering, eh.. Lapis legit.. Oh mahal.. Jangan.. Ini loh.. Lapis ipau. 😂

Wadai Ipau ini enak banget menurut aku. Rasanya gurih banget dan ga bikin eneg walau ada komposisi santan kental didalamnya. Soal bahan juga mudah banget didapet juga ga terlalu mahal. Recomended lah dibikin buat emak rumahan yang suka ngirit kek saya ini. 

Saking ngiritnya si emak ini pas udah motongin wortel n kentang baru aja nyadar kalo ga punya stok daging sapi.. 😅

Akhirnya ngubek-ngubek kulkas nemu tulang iga difreezer n sisa rendang dirak ikan. Jadilah si iga saya pukul2 demi melampiaskan… Eh.. demi dapet dagingnya buat kaldu..hihi dan si rendang saya iris-iris sisa dagingnya yang cuma tinggal 2 iris itu. Duh mak, elu mah udah kelewatan ngiritnya. 😂

Okeh, kalo saya biarin bakat nyurcol saya ini bakal ga ada abisnya, 500 kata juga saya demen nulis ngalor ngidul. Tinggal pembaca aja bingung baca tulisan saya dengan ekspresi 😑😑😑

Iya, saya yakin banget.. 😂

Wadai Ipau Khas Banjarmasin 

Bahan Kulit:

250 gr Tepung Terigu

1 sdm tepung kanji

500 ml air

1,5 biji telur ayam

1 sdt garam

3 sdm minyak goreng 

Bahan Isi:

250 gr kentang

250 gr wortel

3 siung bawang putih

50-100 gr irisan daging sapi, *semampunya ya.. Kalo ga punya daging jangan maksa pake tempe. Pasti aneh rasanya.. 😂

2 sdm saos tiram

1 sdt merica

Air secukupnya

Garam dan penyedap secukupnya

Pelengkap:

50 ml santan kara *atau santan sangat kental

Daun seledri

Bawang Goreng

Cara membuat:

Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging sapi dan saos tiram. Aduk sebentar lalu masukkan kentang, wortel, garam, merica, penyedap. Tambahkan sedikit air. Masak hingga wortel dan kentang matang. 

Buat kulit ipau dengan mencampur terigu, kanji, air, garam dan telur di blender. Tinggal blend dan adonan tercampur rata tanpa menggumpal. Ini tips saya loh. 

Dan langsung dadar aja diteplon diameter 20 cm. Jadinya? Kurang lebih sekitar 25 biji kulit. Seperti risoles? Iya kamu bisa bikin adonan ipau ini jadi risoles kalo kelebihan kulit dan isi. Serba guna kan? 😊

Membuat ipau itu menurutku adalah versi risoles malas ya. Lihat aja caranya tinggal numpuk-numpuk malas adonan kulit n isi aja. Jangan lupa dituang santan kental biar gurih. Jangan lupa juga cetakannya dilapisin kertas roti dulu biar gampang ngambil ipaunya nanti. U can see the process yak. 

Kukus selama 10-15 menit aja yak. Jangan khawatir ga mateng. Ini semua udah mateng kok. Hihi. 

Taburin dengan santan kental, bawang goreng dan irisan seledri diatasnya. Siip jadi daaah. Tinggal dimakan sama saos sambal. Enak keunn.. 

Maaak, masih banyak nih sisa kulit n isiannya.. Aduh, repot amat.. Bikin aja risoles. Gimana? Liat aja gambar ini. Tinggal bentuk, celup kedalam kocokan telur, guling ketepung roti daaan Goreng… 

Gimana? Simple kaan? 

*Enggak.. Rempong maaak.. 

Jiah.. Masak emang rempong euy.. Tapi memuaskan.. Hehey.. 

Happy Cooking yaak.. 😊

Komentari dong sista

4 thoughts on “Resep Wadai Ipau aka Lasagna Khas Banjar 

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A