Sering Cemas dan Pegal saat Menyusui kala Pandemi? Ini Solusinya!

Sering Cemas dan Pegal saat Menyusui kala Pandemi? Ini Solusinya!

“Bisa gak tahun 2020 ini diloncatin aja? Sumpah capek banget ngejalanin tahun ini.. “

Ucapku ketus sambil meletakkan keranjang belanja pagi itu. 

Ya.. Pagi itu aku sedang sangat kesal. Bisa dibilang aku sedang PMS. Belum lagi si bayi yang menyambutku dengan tangisan pasca berbelanja kebutuhan rumah keluar. Bergegas aku masuk ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Lalu menghela nafas ketika melihat setumpuk belanjaan mingguan. 

“Dan semua ini harus disemprot dengan disinfektan dulu..”

Huft.. 

Ya bener sih. Disisi lain harus banyak bersyukur karena masih banyak orang yang kesulitan ekonomi untuk bertahan di pandemi ini. Tapi, boleh gak sih aku juga mengeluh capek

***

Mengeluh capek, lelah, dan khawatir itu boleh-boleh saja. Psikolog bahkan selalu menekankan untuk ‘menerima’ perasaan negatif yang ada pada diri kita. Yang tidak boleh itu, kalau kita terlalu lama larut di dalamnya. Sehingga lupa untuk memecahkan persoalannya. 

Aku sempat melalui masa lelah dan cemas kala berada di fase awal pandemi corona ini. Bahkan aku pernah bercerita disini bukan? Bahwa aku sempat anemia dan kecelakaan kecil karena terlalu strict dengan protokol kesehatan. 

Well, kalau dipikir lagi. Tindakanku itu ternyata sedikit berlebihan. Cemas dengan pandemi, hingga menyebabkan mood tidak stabil dan lelah harus diatasi dengan baik. Apalagi kalau sedang dalam keadaan hamil hingga menyusui. Pasalnya, apa yang kita alami dan rasakan juga akan terbawa ke bayi kita. 

Untunglah hal tersebut sudah terlewati, dan kali ini aku ingin berbagi solusi untuk mengatasi cemas dan cara mengatasi pegal-pegal saat menyusui di masa pandemi ini.. Diantaranya adalah:

1. Ciptakan Kegiatan yang Menyenangkan

Lupakan sejenak tentang corona. Lalu buatlah pikiran yang menyenangkan. Urutkan beberapa hal yang paling senang dilakukan. Dan tentu saja disertai dengan trik untuk dapat melakukannya bersama anak di rumah. 

Memang, ini sedikit sulit dilakukan jika kita memiliki kepribadian ekstrovert. Akan lebih nyaman jika bisa keluar rumah bukan? Yaa.. Aku pun berpikir demikian. 

Tapi sebenarnya, setiap diri kita selalu memiliki sisi introvert. Dan kala pandemi ini, sangat dianjurkan untuk membangkitkan hobi introvert yang kita miliki. 

Untuk yang terbiasa kuliner di luar rumah misalnya. Kenapa tidak untuk mencoba bereksperimen memasak di rumah? Ini sangat menyenangkan. Apalagi jika bisa mendokumentasi prosesnya hingga membagikannya di sosial media. 

Dan untuk yang terbiasa berkomunikasi dengan orang banyak misalnya. Kenapa tidak untuk mencoba membangun kelas online di zoom?  Ini sangat dianjurkan untuk kita yang ingin social time. 

Saat menyusui penting sekali untuk terus merasa senang. Aku bahkan sering membaca novel sambil menyusui. Aku juga sering bersosial media sambil menyusui. Menulis sambil menyusui. Itu membuatku lebih hidup. 

Keluarkan ekspresi menyenangkan yang bisa membuat hidup kita lebih bermakna dibanding hanya meratapi pandemi yang tak kunjung usai. 

2. Rutin Olah Raga dan Berjemur

Sejak pandemi ini, waktu pagiku menjadi jauh lebih longgar. Sehingga aku bisa mengisinya dengan ber olah raga dan sedikit berjemur. 

Ya.. Biasanya waktu pagi itu diisi dengan kerempongan menyiapkan sarapan dan sebagainya. Maklum, anak harus sekolah dan suami harus bekerja. Ini adalah satu hal yang benar-benar harus disyukuri. Akhirnya aku bisa berolah raga kecil di halaman rumah bersama dengan anak-anak. Humaira, anakku yang masih menyusu pun juga selalu ikut bermain kala pagi. Ketika waktu sarapan tiba pun aku membawanya ke halaman rumah untuk berjemur. 

Berolah raga dan berjemur sangat efektif untuk menyehatkan pikiran dan badan, sehingga dapat mengurangi rasa cemas dan pegal. Apalagi, kalau disertai dengan yoga. Tentunya pikiran juga semakin terasa rileks. Tapi bagi emak menyusui tanpa ART tentu sulit sih untuk melakukan yoga. Tidak apa-apa karena berlari kecil di halaman rumah dengan si kecil juga sudah merupakan olah raga ringan kok. Lakukan sebisa dan senyamannya saja ya. 

3. Jangan Malu untuk Minta Tolong
Sering kali, sebagai emak-emak rempong kita gengsi sekali untuk minta tolong secara langsung. Lebih suka main kode dengan suami, dari kode lembut hingga kode keras. 

Masalahnya, tidak semua suami paham dan mengerti dengan kode itu. Apalagi jika suaminya tipe introvert cuek seperti suamiku. Kode keras pun kadang tidak dimengerti. *sambil memecahkan piring.. Hahaha.. 

So, komunikasikanlah secara baik-baik tentang pembagian tugas di rumah. Apa saja hal yang harus diprioritaskan dan tidak perlu diprioritaskan. Apa saja yang sebaiknya dibantu untuk mengurangi kelelahan kita sebagai ibu menyusui. 

4. Couple Time dengan Saling Pijat

Seorang psikolog bilang kepadaku bahwa seorang Ibu sebaiknya memiliki 4 porsi waktu yang seimbang dalam kesehariannya. Empat waktu itu adalah me time, couple time, family time, dan social time. 

Untuk mengurangi rasa lelah, biasanya ketika semua anak sudah tidur aku dan suami melakukan couple time. 

Eits, couple time ala kami maksudnya saling pijat.. Wkwkwk.. 

Karena suamiku seharian selalu duduk untuk meng-coding. Sedangkan aku, aku sering sekali pegal karena terlalu lama menyusui dan menggendong Humaira. 

Dulu, waktu kami belum punya anak sih kami selalu menggunakan minyak urut yang sama. Tapi semenjak hamil dan menyusui, aku sudah move on untuk menggunakan Minyak Pijat yang spesial. 

Ternyata Memilih Minyak Pijat untuk Ibu Menyusui itu Tidak Boleh Sembarangan loh! 

“Tau gak kalau Koyo atau krim panas yang beredar di pasaran tidak disarankan 

untuk digunakan ibu hamil dan menyusui karena 

kebanyakan produk tersebut mengandung methyl salicylate, 

sejenis pain killer yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri 

sementara. Jenis toksin berbahaya tersebut tidak baik digunakan, apalagi untuk ibu hamil tri semester 3..”

Segini ribetnya untuk memilih minyat pijat? Iya, segininya karena aku sedang menyusui. Aku enggak mau memakai zat sembarangan saat menyusui. Bahkan, untuk urusan skincare saja aku sangat berhati-hati memilihnya. Ini bukan soal untuk keamananku saja, tapi juga untuk keamanan kualitas ASI dan tentunya bayiku sendiri. 

Bagiku, standar untuk memakai suatu produk itu harus aman, halal dan natural. 

Karena itu aku move on untuk mencoba produk Herbal Oil dari Mama Choice. 

Herbail Oil ini sudah bersertifikasi halal, kandungan bahan didalamnya aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Dan yang tak kalah penting, produk ini mengandung bahan yang natural sehingga tidak perlu khawatir dengan zat kimia yang berbahaya. 

Tentang Mama’s Choice

Aku sudah lama tau tentang produk Mama’s choice. Biasalah, aku kan sering sekali memantau flash sale di shopee. Kadang beberapa produk Mama’s Choice ada disana. Aku bahkan sempat tertarik untuk mencoba sunscreennya. 

Mama’s choice ini adalah salah satu brand yang memproduksi beberapa produk aman & bebas toksin khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Mama’s Choice dikembangkan bersama para Ahli, Ibu, Ayah, praktisi terbaik dan puluhan ribu Ibu hamil dan menyusui.

Yup, sesuai dengan taglinenya, “Aman dari Hati, Untuk Mama dan Bayi”

Hampir semua produk Mama’s choice memiliki packaging dengan warna pink. Sebuah warna yang dominan disukai kalangan perempuan termasuk aku. 

Mama’s Choice Herbal Massage Oil, Solusi nyaman untuk Pijat Ibu Menyusui

Minyak Pijat Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mama’s choice mengeluarkan 2 produk massage oil. Yaitu, Relaxing Massage Oil dan Herbal Massage Oil. Keduanya memiliki manfaat hampir sama namun kandungannya berbeda. 

Untuk kalian yang memiliki masalah ‘pegal’ yang sama sepertiku, aku rekomendasikan untuk mencoba Herbal Massage Oil. Karena tekstur dan aromanya lebih ‘nendang’ untuk meredakan pegal dan menenangkan pikiran. Selain untuk pijatan versi meredakan pegal, herbal oil ini juga bisa banget digunakan untuk pijatan oksitoksin. 

Review Mama’s Choice Herbal Massage Oil

-Packaging

Awal tadi aku sudah bilang bukan.. Bahwa hampir semua produk Mama’s choice berwarna pink-putih. Tapi, produk Mama’s Choice Herbal Massage Oil ini sedikit berbeda. Warnanya hijau lumut dan putih mungkin untuk membedakan dengan produk Relaxing Massage Oil. Karena produk ini lebih menekankan kandungan cajuput, bukan hanya kandungan lavender. 

Aku suka dengan desain botolnya, lebih langsing dibandingkan dengan kembarannya. Dan pump-nya sangat bersahabat. I mean, Minyak yang keluar saat dipencet itu sesuai dengan kebutuhan. Tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit. . Kemasan ini juga tidak membuat minyaknya gampang bocor saat terjatuh. 

Tutup beningnya juga sangat apik untuk tidak menutupi desain pump-nya. Dan jangan lupakan untuk membahas kotaknya. Wow, I love it.. Dikotaknya ini ada petunjuk untuk gerakan pijatan oksitoksin. Berguna banget kan buat para suami yang pengen mijitin istrinya.. Hehe

-Tekstur, warna dan komposisi 

Teksturnya.. Hmm.. Ya seperti minyak pada umumnya lah ya. Tapi warnanya ini bening seperti air dan ketika dioleskan kekulit tidak lengket dan tidak berasa oily banget. Karena minyaknya ini berasa meresap dikulit. Dan yang paling aku suka.. Hmm.. Wangi sekalii. Gak heran sih karena saat aku liat komposisi didalamnya.. 

Tiap botol mengandung:

Oleum Europaea 62%
Grape Seed Oil 10%
Oleum Cajuputi 25%
Oleum Lavender 3%

-Klaim dan Cara Pemakaian

“Minyak Pijat untuk membantu meredakan pegal linu. Dapat digunakan untuk ibu hamil dan menyusui”

Kegunaan: Sebagai minyak pijat untuk membantu meredakan pegal linu dan membantu melembabkan kulit. 

Diperkaya dengan kandungan essensial minyak berkualitas : 

  • Minyak KayuPutih: Obat alami untuk masalah pernapasan, juga mengobati nyeri otot dan persendian.
  • Minyak Biji Anggur: Tinggi antioksidan, melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori
  • Minyak Zaitun: Menghidrasi dan melindungi kulit agar kulit halus dan lembut

Aturan Pakai:

Tuangkan Mama’s Choice Herbal Oil secukupnya ke telapak tangan, oleskan pada anggota tubuh yang ingin dipijat secara merata, kemudian lakukan pemijatan secara perlahan dan teratur pada bagian yang pegal. 

-Kesan Penggunaan

Selama menggunakan produk Mama’s choice ini aku merasakan pegal yang aku alami sangat berkurang, terutama dibagian punggung. Kualitas tidur pun jauh lebih nyaman. Mungkin karena wanginya yang bersifat seperti aroma terapi. 

Manfaat plus-plus yang tak terduga dari Herbal Massage Oil ini adalah respon dari suamiku. Dia suka sekali dengan wanginya. Bahkan, sekarang dia suka menyuruhku untuk memakai Herbal Massage Oil ini tiap malam. Katanya wangi aku sekarang bikin nagih. Oh please, ini bukan lebay. Ini beneran. Coba deh kalian coba juga. Wanginya memang soft dan nyaman sekali. 

Tapi kesal juga sih. Karena sekarang dia ikut-ikutan minta pijit memakai Herbal Massage Oil Mama’s Choice juga. Hiks_ bakal cepat habis dong punya aku.. 

5. Solusi terakhir.. Jangan Stress, Buang Pikiran Negatif

Nah loh, kepanjangan curhat lalu review Herbal Massage Oil kesukaan.. Sampai hampir lupa kalau ada solusi nomor 5 untuk mengurangi cemas dan pegal kala pandemi… 

Yes..

Solusi itu adalah Jangan stress, buang pikiran negatif jauh-jauh.. 

Enggak dipungkiri sih, pandemi ini membuat pikiran sedikit sempit. Ya bagaimana tidak? Sehari-hari yang dilihat hanyalah seputar keadaan rumah saja. Dan ketika ingin beristirahat sejenak sambil membuka sosial media, bukannya senang yang didapatkan.. Tetapi malah semakin khawatir karena pemberitaan semakin meningkatnya pasien positif corona. Belum lagi cerita tentang virus yang bermutasi, gejala yang beragam, hingga dampak kriminalitas. 

Awalnya sih cuma khawatir, lama-lama muncul rasa cemas.. Lalu stress.. Kan enggak banget tuh? Karena itu, hal pertama yang harus kita singkirkan sebelum stress muncul adalah #KurangiWorry atau kurangi kekhawatiran yang muncul karena pikiran negatif. 

Mengurangi rasa khawatir tentu perlu ikhtiar bukan? Nah, salah satu ikhtiar atau usaha itu adalah melakukan segala yang terbaik. Kalau doa dan pikiran positif sudah dilakukan maksimal maka langkah selanjutnya adalah memberikan pelayanan terbaik untuk diri sendiri. 

Thats why, selain memakai produk Herbal Massage Oil.. Aku juga memakai produk Mama’s choice yang lain. Diantaranya adalah Pasta Gigi, Mouth Wash, dan Relaxing Massage Oilnya.. 

Dengan begini, paling tidak aku sudah ‘one less worry’. Karena yakin kalau segala produk yang aku gunakan aman untukku dan ASI si kecil. Yup, kesehatan mahal harganya. Jadi, harus selalu dijaga. 

Dan tentunya, One less worry yang berasa banget mengurangi kecemasan aku adalah aroma terapi dari Mama’s choice Herbal Massage Oil. Wanginya membuat tidurku berkualitas dan menenangkan pikiran. 

Oya, buat kalian yang mau belanja produk dari Mama Choice ini, bisa pakai kode voucher MAMAASWIND (Huruf besar semua) untuk mendapat potongan 25k dengan minimal belanja 150k di official store Mama Choice Shopee.

Caranya klaim vouchernya: Klik Profile > Voucher Saya > Input Kode MAMAASWIND (berlaku 1x penggunaan) 

Ya ya.. Aku juga sepertinya bakal repurchase lagi Herbal Massage Oilnya, plus juga coba beli sunscreennya. 

Kalian juga bisa membeli produk Mama’s Choice di official store Mama’s Choice

Oya, kunjungi Instagram Mama’s Choice juga yuk di @mamaschoiceid

Sekian curhatan dan solusi dari aku tentang masa menyusui kala pandemi. Kalian punya cerita yang sama? Sharing denganku yuk! 


Komentari dong sista
5 Shares

20 thoughts on “Sering Cemas dan Pegal saat Menyusui kala Pandemi? Ini Solusinya!

  1. Saya juga merasa pijat itu stress healing terbaik. Dulu kalau capek dan ga mood ke salon buat facial karena kangen sama massage wajahnya. Tapi sekarang dalam kondisi seperti ini ga mungkin ke salon lagi. Wah, bener mb, kalau sedang hamil dan menyusui mmg sebaik ya memakai produk yang aman…

  2. Memang tidak bisa dipungkiri ya mba kondisi seperti saat ini bikin kita makin bertambah capeknya. Butuh aktivitas yang di luar rutinitas. Sejenak melipir untuk pijetan oke banget tuh. Pake herbal oil yang oke bakalan mengembalikan mood ya.

  3. Samaaa, awal pandemi rasanya lelah banget… Pas belanja tuh deg2an takut ketemu otg, belanja 2x lipat supaya enggak perlu sering keluar rumah seminggu sekali jadi dua minggu sekali, sampai rumah harus semprot2 dan langsung mandi…
    Akhirnya belanja online aja deh sampai sekarang, mengurangi stres, hihi…
    Karena sunscreennya mama’s choice sering disebut, saya jadi ikut penasaran 😀

  4. Iyaa ya. Kalau cemas saat menyusui itu justru ga bagus banget ya. Malah pengaruh ke produksi asinya… hm.m belum pernah make mama choice ini.. dulu waktu menyusui belum kenal produk ini.. jadi pensaran deh

  5. Pas hamil sampe melahirkan, badan bawaannya emang kerasa lebih pegel ya. Ngga usah khawatir mau pijat tiap hari pakai Mama’s Choice Herbal Oil soalnya terbuat dari bahan alami

  6. Ya ampuun mak. I feel you. Wajar sih stres dalam keadaan seperti ini, yang penting bisa cepat teratasi dan nggak berlarut2 ya. Pijat tuh emang salah satu terapi yang bikin kita rileks. aku juga hobi banget sih pijat. apalagi kalau minyaknya bisa bikin kulit halus juga. suka deh.

  7. Jadi pengen beli herbal oil dari Mama’s choice ini. Sepertinya memang cocok buat saya yang terkadang pulang kerja suka pegal-pegal di punggung. Enak banget bisa rileks pakai ini.

  8. Aku dan suami juga saling pijat memijat kalo lagi capek. Badan jadi lebih seger dan lebih harmonis tentunya haha..Apalagi kalo ditambah dengan minyak pijat yang aromanya bikin tenang dan nyaman. Hm, cucoklah..

  9. Kebayang deh badan jadi rileks lagi setelah pakai Herbal Oil dari Mama’s Choice. Busui memang harus hati2 ya pakai produk, cari yang aman buat bayi.
    Jadi pengin coba juga Herbal Oil Mama’s Cboice buat pijat kalo badan lagi pegel2.

  10. Aku dulu pas hamil bingung mau pijet pake apa, takut soal aman apa enggak, sekarang ada produk ini jadi tenang ya memakainya

  11. saya pernah tuh kepikiran pengen 2020 cepet berlalu. Kayaknya tahun ini gak asik banget. Tapi, lama-lama saya udah gak mau ngitung-ngitung.

    Massage memang bisa bikin rileks. Apalagi pakai herbal oil Mama’s Choice kayaknya enak wanginya

  12. Sepertinya semua mengalami fase yang kurang lebih sama yah mbak,
    Sebulan pertama di awal pandemi pun aku bawaannya cemas dan gelisah terus,
    Tapi sekarang sudah mulai menerima dan tetap berhati2 sih
    Dipijit itu salah satu cara me-time yang paling efektif banget yaaa
    Lengkap banget nih pilihan produk dari Mamas Choice

  13. Ini Mamas Choice produknya lengkap juga ya, kebutuhan para bumil dan busui juga ada dia. Aku jadi pengen nyobain si Mamas Choice Herbal Massage Oilnya soalnya aku demen banget dipijat.

  14. Iya me time, couple time, family time, dan social time ini harus diperhatikan bisa kita miliki. Couple time dengan Herbal Massage Oil dari Mama’s Choice, meskipun gak sedang hamil boleh juga kali yaa hehe

  15. Minta pijat sama suami pastinyaaaa. Jangankan pas nyusuin pas gak nyusuin juga masih kulakukan haha 😀
    Wah beenr nih buat busui kudu pakai minyak pijat yang aman dan jangan sembarangan ya mbak ntr ngaruh ke baby. Kalau produk mamaschoice sih udah jelas sekali aman buat busui, bahkan bumil ya 😀

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A