Bolu Singkong Super Yummy

Bolu Singkong Super Yummy

Kemaren ada yang nanya sama aku, “Eh, kamu bisa ga bikin bolu singkong?” trus, ga aku balas karena emang ga pernah bikin.. 😂😂

Katanya ni bolu lg booming didunia perbakingnya beberapa dekade lalu. Tapi di aku sih ga bikin penasaran. Karena saya sudah bosan dengan rasa bolu pemirsaaaaa… 😅

Mamaku ini adalah mantan penjual kue bolu teman-teman. Dari bolu jadul, caramel, bolu pisang, bolu Kukus, bolu apa lagi ya? Pokoknya segala bolu dah. Jadi setiap kali aku denger kue yang namanya dimulai dari ‘Bolu’, aku sudah males duluan bikinnya. Karena, sudah bosan melihat,  memakan dan menjilat sisa adonan mentah bolu (hihi) 

Tapi, yang satu ini bolu singkong loh ya..kata temenku. Dalem hati saya, yang namanya bolu pasti dah ada khas bolu yang nyangkut. Itu loh, pasti pake telur n gula yang kolesterol plus tinggi kadar gula itu kan? Saya kan ceritanya mau diet ngecilin perut biar kayak bule-bule gitu.. 😅

Jadilah saya males melaksanakan request teman saya itu. Dan hari ini, saya tiba-tiba aja kedatangan banyak rezeki. Mama dan Abah membawakan banyak amat sangat singkong didesa saya yang lagi dipanen. Jadilah saya membagi-bagikannya ketetangga hingga mertua saya. Tentunya dipisahkan sedikit juga ya buat saya. Hehe.. 

Olahan singkong memang tiada habisnya ya. Aku sudah sering membuat perkedel singkong, tela-tela, jemblem, roti singkong, donat singkong dan Lain-lain. Tiba-tiba saja aku jadi teringat request temanku ini. Aku akhirnya Iseng nengok cookpad dan nemu resep bolu ini. Aku ga tau siapa yang pertama posting resepnya😂 yang jelas ni resep kuliat2 hampir sama disetiap penulisnya dan banyak banget yang sama😅. Tapi aku ga mau loh dibilang plagiat jadi kutulis aja sumbernya cookpad ya, ga tau juga soalnya yang nulis resep pertama siapa. 

Hmm.. Kupikir-pikir bulan ini aku belum berani bikin bolu-boluan. So, Why not? Jadilah saya bela-belain marut singkong untuk membuang energi positif saya yang sedang dilanda PMS hari pertama.😂

Rada takut juga sih bebakingan kalo lagi PMS ini, takut dapur jadi pelampiasan emosi akhirnya meledak😂. Ternyata setelah matang semuanya pada suka pemirsaaaaa.. 😆 senang deh. Bolu ini rasanya khas, teksturnya agak Kenyal Kenyal, manisnya pas, dan menteganya kerasa mantap paduannya dengan bahan itu. Ah, siapa sangka olahan singkong bisa jadi se emejing ini ya. Hmmm.. Berikut resepnya:

Bolu Singkong

Bahan:

700 gr singkong (timbang setelah singkong sudah diparut  dan diperas) 

4 butir telur

370 gr gula pasir

1 sdt garam

1 sachet/200 gr margarine

Cara Membuat:

Pemirsa jangan lupa ya ni singkong diparut dulu terus diperas airnya. Anda bisa memerah menggunakan kain kemudian anda haluskan cukup pakai tangan. Ketika sudah anda haluskan seperti gambar 5 baru kemudian ditimbang. Ikuti seperti gambar dibawah ini ya.. 

Mixer telur dan gula dengan speed tinggi hingga mengembang. 

Kurangi kecepatan. Masukkan mentega hingga mentega halus. 

Masukkan singkong yang sudah diparut dan diperah airnya kemudian tambahkan garam. Aduk hingga rata. 

Tuang kedalam loyang yang sudah dioles margarine dan ditaburi tepung. Saran saya kalo anda punya kertas kue cupcake siap pakai anda pake itu aja ya. Lebih cantik tampilan ya. Ga jadul kayak punya saya ini😂

Oven dengan api atas bawah pada suhu 200 derajat Celsius selama 40 menit/ hingga matang kecoklatan. Beda Oven, beda tingkat kematangannya. Saran saya, kenali Oven masing-masing ya. 😊

Dan begini penampakannya pas udah mateng. Saya ga ngerti kamera handphone saya memoto seolah ini kue agak gosong padahal aslinya mulus loh pemirsa.. 😂 mungkin lain kali saya harus belajar teknik fotografi. Atau, beli kamera kekinian aja ya.. Hihi.. 

Mari kita potong-potong supaya membuktikan kue ini tidak gosong dan kita bawa ke cahaya yang agak terang. Hihi. 

Sampe bawa keluar rumah saya pemirsa.. 😭 hargai pengorbanan saya dalam memoto ya walau Beginilah hasilnya setelah sudah nungging2 cantik selama beberapa puluhan menit. 😂

Bagaimanapun fotonya.. Happy baking yaa.. 😊

Komentari dong sista
Comments are closed.
IBX598B146B8E64A