Tips Sehat Saat Menstruasi Dan Kilasan Acara Yoga Festival 2018 Bersama Kiranti di Banjarmasin

Tips Sehat Saat Menstruasi Dan Kilasan Acara Yoga Festival 2018 Bersama Kiranti di Banjarmasin

source: www.pacificwellness.ca

Ada ga sih yang sering bertanya, “Kenapa ya saat menstruasi itu suka sekali nyeri?”

Jujur, saya dulu sering sekali bingung melihat teman-teman saya yang saking kesakitannya perut itu sampai nangis segala. Eh, kenapa bingung ya? Ehm, soalnya saya tidak pernah merasakan hal ini. Konon, nyeri yang terasa itu ada di bawah perut pada hari pertama dan kedua menstruasi. Benar tidak?

Ternyata ini hal yang wajar. Nyeri Haid ini disebut juga dengan dysmenorrhea. Nyeri yang dirasakan itu beragam mulai dari pegal-pegal sampai sakitnya perut bagian bawah bagaikan diremas-remas.

Ada pula yang tidak mengalami dysmenorrhea parah tapi mengalami PMS atau Premenstrual Syndrome secara psikologis. Seperti halnya saya yang kondisi psikologisnya bisa naik turun saat mentruasi. Jika sangat parah bisa menjalar hingga sakit kepala. Ada yang begini?

Nah, Gejala PMS ini memang susah banget untuk dihindari tapi ternyata bisa diatasi loh..

Mengatasi Krengki Saat PMS

Ternyata, Krengki saat PMS itu dapat diatasi dengan tips-tips sederhana ini:

1. Me Time

Sepertinya me time memang solusi dari setiap permasalahan wanita ya, apapun jenisnya. Hihi..

Karena melakukan hal yang benar-benar kita inginkan dapat mengurangi stress. Kadang, wanita itu selain ingin dimengerti juga suka menjadi makhluk individual. Nah, bagaimana dengan me time ala saya?

Simple, sediakan cemilan beserta drama korea terbaru. Maka hal itu sudah cukup membahagiakan dan menghilangkan beban stress saat PMS. Haha.. Bagaiman dengan me time ala kalian?

2. Mandi Air Hangat

Sudah tau belum kalau mandi air hangat yang diteteskan minyak esensial dapat membuat otot tubuh yang tegang menjadi lebih rileks?

Ah, pantas saja anakku kalau pagi suka mandi air hangat ya.. Haha..

Ternyata, minyak esensial seperti peppermint, camomile, dan lavender dapat membuat tubuh kita segar kembali. Cukup teteskan 3-5 tetes minyak ini pada air hangat dan rasakan sensasinya. 😊

3. Konsumsi Makanan yang baik

Nah, saat PMS sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula tinggi seperti cokelat atau es krim.

Ehm, kalau makan coklat dan es krim itu bagian dari Me Time bagaimana? Kan bikin senang tuh? 😅

Ternyata efek bahagia dari makanan manis ini cuma sementara jadi ini bagaikan fatamorgana…*tsah..😅

Efek setelah memakan makanan yang manis itu ternyata dapat membuat stress menjadi makin parah. Selain makanan manis, kita juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein, garam yang tinggi dan makanan yang tinggi natrium seperti kentang, sosis, frozen food, dan makanan kalengan.

Lalu, makanan apa yang baik dikonsumsi?

Makanan yang baik dikonsumsi adalah sayuran dan buah serta makanan yang berkalsium tinggi. Jangan lupa untuk banyak minum air putih serta konsumsi vitamin.

4. Sedia Kiranti Sehat Datang Bulan

Kenapa harus kiranti ya?

Karena kiranti terbuat dari 100% bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami itu antara lain kunyit, asam jawa, gula jawa, gula pasir, jahe, dan kencur. Terlihat familiar ya bahannya. Yes, bahannya mirip jamu tradisional.

Pernah mendengar mitos bahwa minum kiranti dapat menyebabkan rahim kering? Ehm, ini mitos atau fakta ya?

Emang rahim kering apaan? Istilah rahim kering bahkan tidak ada dalam dunia kedokteran loh. Kiranti sangat aman dikonsumsi karena berstandar CPOTB (Cara Pengolahan Obat Tradisional yang Baik). Kiranti merupakan Obat Herbal Terstandar (OHT) yang terbukyi keamanan dan manfaat ilmiah melalui uji praklinis dan bahan baku terstandar. Kiranti juga tidak mengandung pemanis buatan (aspartame). Kirantu juga sudah mendapatkan sertifikat jaminan halal (SJH) yang sesuai dengan syariat islam dan fatwa MUI.

Kiranti kini tersedia dalam 3 varian berbeda yaitu Kiranti Original (kuning), Kiranti Plus Orange Juice (orange) dan kiranti pegal linu (biru).

Untuk kiranti berwarna orange dan kuning dapat diminum 3 hari sebelum menstruasi hingga 3 hari sesudah menstruasi. Nah, kalau favorite saya adalah kiranti pegal linu plus madu yang bewarna biru karena dapat meredakan pegal linu, meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh. Kalau si biru ini spesial, ia dapat diminum setiap hari setelah beraktivitas.

5. Olahraga dengan Yoga

Konon, gerakan-gerakan Yoga saat menstruasi dapat meredakan nyeri serta membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Hmm.. Yoga untuk menstruasi itu seperti apa ya?

Sebenarnya, sudah lama saya begitu penasaran tentang olah raga yoga ini. Pernah suatu hari saya iseng melihat video yoga di youtube dan berusaha menirunya. Tetapi bagaimana akhirnya? Saya pusing, bingung gerakan yang benar. Haha.. Sepertinya saya memang harus menyaksikan yoga secara langsung ya.

Alhamdulillah, doa ini terjawab sudah. Siapa sangka pada hari sabtu tanggal 20 April 2018 kemarin saya dan teman-teman blogger mendapat undangan untuk dapat berpartisipasi dalam mengikuti Yoga Festival 2018 di Swiss Bell Hotel Borneo. Tanpa berpikir dua kali, saya bersemangat membawa perlengkapan yoga karena jujur saja satu-satunya olah raga yang menarik minat saya selain bulu tangkis adalah Yoga.

Member female blogger banjarmasin (FBB) di Acara Yoga Festival 2018

Yoga Class ini dipandu oleh Komunitas Lea Yoga Borneo. Dapat dilihat bahwa komunitas ini menggunakan seragam yoga yang sama (ehm.. Seperti saya) haha. Ya tentu saja, karena kostum ini merupakan salah satu isi dari goodie bag saat mendaftar acara yoga ini. Jadi, saya ga bawa baju ini sendiri dari rumah kok. 😂

source: dokumentasi www.shovya.com

Ada beberapa Yoga Event di Festival Yoga 2018 ini yaitu Yoga Class, Yoga Community Performance, Engagement dan Entertainment. Ada juga beberapa Yoga Experience antara lain Yoga Swing, Yoga Water, Yoga Wall dan Yoga Trick Eye.

Saya sempat galau dan bingung saat ingin memulai yoga. Bagaimana tidak? Saat saya sudah berganti kostum yoga tiba-tiba saja hari mendung dan gerimis begitu saja. Akhirnya pada sesi satu yoga saya hanya bisa ikut meliput gerakan yoga. Nah, saat sesi satu ini gerakannya masih terlihat biasa. Hehe

Sesi dua? Saya ikut. Diantara teman-teman saya yang lain cuma saya yang dengan percaya diri dan luar biasa pengen mengikuti yoga ini. Memang kostumnya merupakan kostum tidak biasa yang saya pakai. Ah, tapi ya sudah lah. Semoga suatu saat saya bisa dapat rejeki untuk ikut kelas yoga private. 😂

Karena terlalu ringan bekas ikut yoga, saya bisa melayang.. 😂

Wah, memang beda sekali badan yang jarang berolah raga lalu tiba-tiba ikut yoga. Tapi enak sih, bener. Walau masih bingung mengikuti instruktur yoganya dan gerakannya mungkin beberapa salah tapi harus tetap berlatih kan? Kapan lagi emak-emak seperti saya bisa ikut yoga? 😅

Oh iya, ternyata ada gerakan-gerakan yoga yang spesial untuk menstruasi loh. Penasaran apa saja itu? Ini dia!

Child Pose

Gerakan ini bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggung.

Caranya yaitu dengan berlutut dan mencium lutut sambil meluruskan kedua tangan kedepan. Selanjutnya, atur nafas dengan tenang dan lemaskan pinggul dan pinggang.

Gerakan ini terlihat sederhana sekali tapi efeknya lumayan enak loh saat aku mencobanya di sesi kedua yoga.

Knees-to-Chest Pose

Untuk melakukan gerakan ini kita hanya perlu terlentang lalu memeluk lutut tepat kebagian dada. Atur nafas selama beberapa detik supaya sirkulasi darah diarea perut dan punggung bagian bawah menjadi lancar.

Spine Twist

Nah, untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulab gerakan ini cukup efektif loh. Kita cukup berbaring terlentang lalu posisikan kaki kiri diatas kaki kanan kemudian posisikan wajah kearah kanan.

Pastikan kaki, bahu dan pinggul rileks ya.. Atur Nafas..

Forward Fold

Gerakan ini syusyaaah.. Haha

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri tegak lalu perlahan-lahan raih ujung jari kaki dengan tangan (seperti mencium lutut dalam posisi berdiri). Nah, pastikan posisi kaki tetap lurus dan atur nafas ya..

Gerakan ini memerlukan sedikit kelenturan tubuh. Para instruktur yoga dari Lea Yoga melakukannya dengan sempurna. Sementara saya? Tentu tidak bisa sempurna. Saya hanya melakukan sebisanya saja karena takutnya kalau dipaksa bisa patah badan saya.. Haha.. 😂

Cat/Cow Pose

Sesuai namanya pose ini seperti bentuk kucing/sapi. Tapi untuk cat pose punggung dibuat melengkung lebih tinggi (pernah lihat kucing marah? Ya kurang lebih begitu.. 😂)

Untuk Cow Pose, bagian punggung lebih direndahkan lalu tarik nafas yang dalam. Gerakan ini sangat baik untuk meredakan nyeri haid dan meregangkan otot perut. *pastikan melakukan pergantian gerakan secara perlahan ya..

Corpse Pose

Gerakan ini adalah penutup dari setiap sesi yoga. Cukup tidur terlentang lalu pejamkan mata. Atur nafas dan buat pikiran setenang mungkin.. (lalu bobo aja sekalian.. Huahaha 😂)

Nah, itu dia tips sehat menstruasi serta kilasan acara Yoga festival 2018 di Swiss Bell Hotel Borneo Banjarmasin. Tertarik mencoba therapy yoga saat PMS? Coba di rumah yuk!

Komentari dong sista

12 thoughts on “Tips Sehat Saat Menstruasi Dan Kilasan Acara Yoga Festival 2018 Bersama Kiranti di Banjarmasin

  1. Kiranti minuman wajibku kalau datang bulan mbak. Mungkin jg sugesti soalnya kalau aku minum itu gak ngrasain PMS gtu.Kapan Kiranti bikin acara di Depok atau Bogor ya? 😀

  2. Iya salah satu yang suka kesakitan saat datang bulan ya saya. Me time emang jadi pelarian, hehehe… Saat santai sejenak ketika sedang tidak solat itu harus dinikmati. Meski perut sakit pinggang panas

    Salam
    Okti Li

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A