Yuk membuat Gangan Keladi, Sayur Khas Banjarmasin 

Yuk membuat Gangan Keladi, Sayur Khas Banjarmasin 

Jika anda orang banjar, tentu tidak asing dengan sayur yang satu ini. Namanya Gangan Keladi. Dibuat dari tanaman keladi yang tumbuh dibanjarmasin. Tanaman ini memiliki bongkah yang disebut keladi. Rasanya seperti tanaman berbongkah lainnya. Jika dikupas maka akan mengeluarkan getah dan jika direbus warna air berubah menjadi keputihan. Bukan hanya bongkahnya yang dimasak loh pemirsa. Batangnya juga enak, teksturnya klenyel-klenyel. 

Bahan lain yang juga dibutuhkan adalah jantung pisang. Jika jantung pisang ini ditinggalkan dalam memasaknya, maka tekstur kuah akan berbeda. Disamping itu, warnanya pun tidak akan berwarna putih. Warna putih yang dihasilkan dalam gangan ini bukan karena santan. Namun, dari perpaduan getah jantung pisang yang dominan dan getah keladi. Jantung pisang yang digunakan adalah jantung pisang dari pisang pulau laut. Jika menggunakan jenis pisang yang lain maka rasanya akan berbeda. So far, aku yang tidak terlalu bisa membedakan jantung pisang selalu bertanya dengan penjual “jantung pisang apa itu?”. Hal ini kulakuan karena aku pernah memasak dengan jantung pisang Awa, percayalah rasanya sungguh berbeda. 

Getah semua? Ah iya. Memang getah semua. Bahan getah lainnya adalah buah pisang pulau laut mentah. Kebetulan bahan ini aku skip karena aku dan suami kebetulan tidak suka. Jika anda menyukainya bisa ditambahkan agar melangkapi bahan getahnya. 😂

Bahan getah yang lain? Yaitu Kangkung Rawa. Kangkung ini berbeda dengan kangkung biasa. Biasanya tumbuh didaerah rawa. Jika ditumis kangkung ini kurang enak tapi jika diolah gangan keladi sungguh enak. Kenapa? Karena batangnya pun bergetah. 😂

Bahan lain yang sangat khas banjar adalah daun supan-supan. Daun ini menyerupai putri malu namun batangnya lebih tinggi dan tak memiliki bunga pink khas putri malu. Jika tak ada daun ini jangan coba-coba menggantinya dengan tanaman putri malu ya. Ini berbeda loh pemirsa. Untuk gangan yang kumasak ini kebetulan bahan ini aku skip karena aku udah muter-muter pasar ga dapat. Kata penjual daun supan-supan ini musiman tumbuhnya. By the way, bahan ini satu-satunya yang ga bergetah. 

Bahan lain yang sangat dibutuhkan dan janvan sampai ketinggalan adalah Kepala Ikan Haruan atau dalam bahasa indonesianya adalah Ikan Gabus.  Anda bisa menggantinya dengan ikan pepuyu atau ikan sungai lainnya. Namun, berdasarkan pengalamanku kepala Haruan adalah yang terenak dan menghasilkan cita rasa manis pada gangan ini. Yup, gangan ini tidak membutuhkan gula. Disamping itu, dengan menambahkan kaldu haruan membuat gangan ini menjadi kaya akan Albumin. Albumin ini sangat tinggi protein dan zat yang dibutuhkan bagi para penderita diabetes. 

Jadi ini namanya Gangan Getah ato Gangan Keladi sih? Bahannya ko getah semua?

Baiklah, untuk menghormati nama yang diberikan oleh para leluhur kita hormati aja kata mereka ya. Sebut aja Gangan Keladi, walau jika aku yang menemukan gangan ini terlebih dulu aku lebih senang menyebutnya Gangan GETAH. 😂

Eit, biar getah semua ini enak loh pemirsa. Sungguh.. Coba aja yak,, lebih sehat dibanding beli diluaran😄

Gangan Keladi

Bahan:

1 Buah Keladi dan batangnya

1/2 Buah Jantung Pisang

1 biji Buah Pisang Pulau laut mentah

1 ikat Kangkung Rawa

1 ikat Daun Supan-Supan

Kepala Ikan Haruan 

Bumbu Halus:

3 siung bawang merah 

1 siung bawang putih

1 biji Kemiri

1 ruas jahe

Sedikit Asam jawa

Sedikit terasi

Garam dan penyedap secukupnya 

Cara Membuat :

Kupas, bersihkan dan potong-potong keladi, Jantung pisang, pisang mentah, kangkung, dan daun supan-supan. Bersihkan keladi dengan memakai air hangat, garam, dan sedikit asam jawa agar keladi yang dimasak tidak gatal. 

Rebus Keladi dengan air hingga mendidih. Sementara itu, kita bisa menyiapkan bumbu halus dan membersihkan haruan. 

Masukkan jantung pisang dan pisang mentah hingga empuk. Kemudian masukkan bumbu halus dan kepala haruan. Biarkan sebentar hingga haruan matang. 

Terakhir, masukkan kangkung dan daun supan-supan. 

U can see the process yaa.. 

Happy Cooking.. 😊

Komentari dong sista

4 thoughts on “Yuk membuat Gangan Keladi, Sayur Khas Banjarmasin 

  1. Aku jg dulu ga bisa blass… semenjak bersuami yg lidahnya terlalu banjar akhirnya HARUS BISA

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A