Yuk, Tanamkan Nilai Islami pada Anak Sejak Dini bersama Game Anak Sholeh

Yuk, Tanamkan Nilai Islami pada Anak Sejak Dini bersama Game Anak Sholeh

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia mati, terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara: Shadaqah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan untuk orang tuanya” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Tidak dipungkiri, salah satu impian utama para Ibu adalah dapat menumbuhkan buah hatinya menjadi pribadi yang sholeh dan berakhlak mulia. Bukan hanya itu saja, kita pasti menginginkan agar kelak buah hati kita dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga maupun masyarakat. Karena ia adalah salah satu bekal kita di akhirat nanti. Ya, Doa darinya sangatlah berharga bagi kita.

Karena itu, Pendidikan Dini tentang nilai-nilai Agama harus ditanamkan sejak kecil

Ketika anak masih kecil adalah waktu yang sangat tepat untuk mulai menanamkannya dengan nilai-nilai agama dan kebaikan. Karena sudah dibuktikan bahwa edukasi yang diberikan secara konsisten kepada anak sejak kecil akan terus melekat di ingatannya hingga besar. Sehingga suatu hari nanti anak akan tumbuh dengan bekal nilai-nilai agama yang kuat.

Untuk membimbing anak perempuan saya menjadi pribadi yang sholehah, tentu banyak berbagai cara yang sudah saya lakukan. Cara-cara tersebut antara lain dengan menjadi role mode baginya, mengajari mengaji dan berdoa, memberikan edukasi mengenai Islam hingga menceritakan kisah nabi dan rasul sebelum ia tidur.

Ternyata, cara menanamkan nilai-nilai agama pada si kecil tak cukup sampai disitu. Sebagai Ibu, saya sangat merasakan bahwa anak-anak zaman sekarang lebih suka belajar dengan cara bermain. Ia tidak terlalu bersemangat jika dalam belajar tidak ada permainan didalamnya. Bagi saya, menemukan permainan yang mengasyikkan untuk mengedukasi anak tentang nilai-nilai agama adalah hal yang sangat saya butuhkan saat ini.

Untungnya, sekarang ada Game Anak Sholeh..

Apa sih Game Anak Sholeh itu?

Game Anak Sholeh adalah aplikasi pendidikan Islam melalui game online yang bisa di download di Google Playstore.

Game Anak Sholeh ini adalah produksi dari Agate Internasional. Semua konten di game ini sudah dirancang khusus untuk anak-anak. Tidak hanya itu, kita sebagai orang tua juga dapat memantau secara langsung melalui aplikasi pendamping anak sholeh.

Bagaimana cara memainkan game anak sholeh?

1. Ketik keyword ‘game anak sholeh’ di pencarian Google Playstore maka akan muncul aplikasinya. Lalu, install aplikasinya.

2. Login dengan email dan password maka anak kita sudah dapat memainkan game keren ini.

Apa aja sih yang ada di Game anak Sholeh?

Ada berbagai permainan dalam game anak sholeh diantaranya:

1. Petualangan

Ini adalah bentuk permainan yang paling disukai oleh anak saya. Pada dasarnya, anak saya sangat suka dengan cerita. Saya tau bahwa dia ingin sekali mengalami kejadian yang sama dengan buku-buku ceritanya. Nah, Fitur Petualangan pada game ini telah mewujudkan imajinasinya dengan menjadi Ali sebagai tokoh utama game ini.

Uniknya, reward dalam game ini sangat mendidik bagi anak. Tidak hanya mendapatkan bintang, tapi anak juga akan mendapatkan nilai kebaikan. Tantangan dalam game juga sangat unik yaitu mencari kartu kebaikan. Tentu hal ini akan membuat anak secara tidak langsung mengingat akhlak baik dan mengamalkannya.

Cerita petualangan adalah tentang anak bernama Ali dalam mencari kartu kebaikan bersama temannya Muza, makhluk ajaib yang berwujud seperti kucing.

Dalam satu tema petualangan ada 5 cerita yang dikemas dengan permainan interaktif, pengenalan akhlak dan berbagai pelajaran positif.

Perlu diingat bahwa setelah tamat memainkan sesi petualangan pada perkenalan. Kita tidak dapat membuka season 1 petualangan jika tidak menjadi VIP member dan memiliki voucher.

Anak saya masih berusia 5 tahun dan belum terlalu lancar membaca. Sehingga saya harus mendampinginya karena pada game ini tidak ada intruksi audiovisual. Saya berharap suatu hari Game ini dapat diupgrade agar memiliki intruksi audiovisual agar anak saya dapat belajar sendiri.

2. Games

Pada games ini tersedia berbagai games menantang untuk anak. Anak juga dapat bermain permainan favoritenya. Ini juga merupakan hal yang sangat anak saya sukai setelah fitur petualangan. Games terbagi kedalam beberapa kategori seperti ibadahku, Al Qura, kecermatan, nabiku dll.

3. Ensiklopedia

Nah, untuk yang satu ini sangat bermanfaat buat anak-anak yang rasa ingin tahunya sangat tinggi. Ini adalah fitur urutan ketiga yang paling anak saya sukai karena dari sini ia dapat mengetahui banyak hal. Menu Ensiklopedia ini terdiri dari pengetahuan umum dan ensiklopedia islam

4. AR Mewarnai

Farisha sangat menyukai mewarna sehingga fitur ini juga salah satu favoritenya. Fungsi AR mewarnai dapat digunakan jika kita memiliki buku aktivitas dari VIP member box. Contoh gambar dibawah ini adalah hasil dari mewarna anak saya yang ada di buku aktivitas loh. Bagaimana? Mesjidnya sudah terlihat 3 dimensi bukan?

5. AR (Augmented Reality)

Seru tidak sih kalau permainan kartu si kecil dapat terlihat nyata di smartphone. Pastinya anak senang banget ya melihat fenomena ini. Sayangnya, kartu keren ini hanya bisa didapatkan dengan memiliki VIP member box.

6. Koleksi

Melalui fitur koleksi anak saya dapat melihat apa saja yang sudah dia dapatkan selama menjalankan petualangan. Segala moment berharga tersimpan disini.

6. Kisah Teladan

Terakhir nih yang paling anak saya suka adalah versi cerita buku yang dia miliki juga ada versi ceritanya di game ini. Ia lalu membanding-bandingkan cerita yang ia ketahui dengan versi game anak sholeh. Ajaibnya, si kecil akhirnya lebih mengingat versi game anak sholeh. Mungkin karena versi game anak sholeh penggambarannya lebih menarik.

Sayangnya, hanya satu cerita game anak sholeh yang terbuka yaitu cerita Nabi Muhammad di Gua Hira. Cerita lainnya masih terkunci dan hanya dapat dibuka dengan menyelesaikan season 1 petualangan yanh mana hanya dapat dinikmati jika menjadi member VIP.

Apa sih keuntungan jadi VIP Member Card?

Dari penjelasan mengenai isi dari game anak sholeh tadi tentu anda mengerti bahwa beberapa fitur dari game anak sholeh masih terkunci dan tidak dapat dibuka jika kita bukan member VIP. Dengan menjadi member VIP kita dapat mengakses game secara keseluruhan. Seru banget kan?

Jika ingin menjadi member VIP anda harus menginstall aplikasi ‘pendamping anak sholeh’ di Playstore kemudian melakukan Redeem kode VIP.

Cara Redeem Kode VIP member Card adalah:

1. Setelah register sukses, pilih menu account. Lalu pilih ‘beli akses premium’

2. Gosok bagian belakang kartu VIP Member Card hingga muncul kombinasi huruf dan angka dikartunya.

3. Masukkan kombinasi huruf dan angka sesuai dengan kode yang tertera dibagian belakang kartu VIP, kemudian klik submit.

4. Kini kita dapat memgakses seluruh fitur VIP dan pendamping anak sholeh.

VIP member card ini ada didalam VIP Member Box yang saya miliki. Kebetulan saya memiliki VIP member Box dari Al Battani.

Nah, penasaran bukan apa saja sih isi VIP Member Box?

Berikut ini adalah berbagai macam isi dari VIP member Box Al Battani yang saya miliki.

1. VIP Member Card

Kartu VIP ini berisi voucher senilai 150.000 rupiah. Dengan kartu ini anak dapat memainkan game dengan menjadi member VIP dan dapat membuka berbagai fitur yang terkunci.

2. Kartu Koleksi Sahabat Sholeh

Apa sih fungsinya? Ini berguna di fitur AR pada game, jadi anak dapat memainkan kartu ini dengan menghubungkannya dengan aplikasi dan membuatnya terlihat hidup. Nah, dalam satu pack ini aku mendapatkan 10 kartu koleksi sahabat anak sholeh.

3. Board Game anak Sholeh beserta Kartunya

Bosan bermain online dengan smartphone? Yuk, main offline aja! Jangan khawatir tidak bisa karena petunjuk untuk memainkan permainan ini juga tersedia. Permainan ini keren banget loh, kita bisa membentuk keceriaan keluarga dengan memainkan permainan ini bersama.

4. Buku Aktivitas Sahabat Sholeh

Nah, yang satu ini juga tidak kalah keren. Buku aktivitas dengan segudang kreativitas.

Selain itu, didalamnya juga ada aktivitas mewarnai yang dapat dihidupkan dengan fungsi AR pada aplikasi Game Anak Sholeh.

5. Stiker Anak Sholeh

Senang banget anak saya dapat ini. Dia memang stiker collector. Hati-hati saja bunda persiapkan space di dinding rumah anda. Hihihi

6. Poster Edukatif Anak Sholeh

Nah, akhirnya memiliki poster edukasi wudhu dan sholat yang menggemaskan. Bagaimana tidak? Poster ini di olah dengan karakter anak dan bacaan yang sangat lengkap.

Apa Kelebihan Game Anak Sholeh dibanding yang lain?

Saya dan anak saya sudah memainkan game anak sholeh selama lebih dari satu minggu. Menurut saya banyak sekali kelebihan game anak sholeh dibanding aplikasi edukasi anak yang lain, diantaranya adalah:

1. Saat menunggu proses loading game, selalu ada pesan baik yang muncul.

Apa saja pesan baiknya? Yang selalu aku ingat adalah “Sabar ya..orang, sabar disayang Allah”

“Selalu minta izin dengan orang tua dulu ya sebelum bermain keluar”

“Awali segala aktivitas dengan bismillah”

2. Edukasi Doa dan Tata Cara Ibadah dengan cara yang menyenangkan

Menarik tidak sih kalau kita disuruh menghapal doa melalui game potongan puzzle doa seperti dibawah ini? Bukan hanya puzzle doa saja, ada juga game tentang tata cara urutan sholat yang benar beserta bacaannya. Pokoknya sangat menyenangkan dan edukatif.

3. Nilai-nilai kebaikan selalu ada di setiap bagian game ini

Tidak percaya? Ayo Install dan buktikan. Setiap bagian permainan selalu menyimpan nilai kebaikan yang mudah melekat pada pola pikir si kecil. Misi dan reward dari game ini juga bukanlah sesuatu yang bernilai material, melainkan nilai kebaikan, kartu kebaikan, petualangan baru, pengetahuan baru, koleksi baru dll. Pokoknya sangat mendidik.

4. Tokoh Karakter Game yang spesial

Tokoh dari permainan ini bagaikan diambil dari kehidupan nyata loh. Dan ini membuat kesan tersendiri bagi anak yang memainkannya. Seperti Ali yang pemberani, Abro yang menjadi saingan Ali, Danis yang suka jajan, Jana yang suka membaca dan ditambah lagi dengan Muza, si Kucing lucu dari Agatha yang menggemaskan.

Saat memainkan game ini karakter dari Ali dan teman-teman sangat hidup. Hal ini membuat anak sangat senang memainkannya. Selain itu, secara tidak langsung anak juga belajar mengenal karakter dan bersosialisasi.

Bagaimana? Game Anak Sholeh Menarik sekali bukan?

Tentu menarik sekali. Jika anda ingin mencobanya anda dapat mendownload aplikasinya seperti instruksi diatas. Setelah itu, dijamin anda pasti merasakan betapa kerennya game ini untuk edukasi nilai agama dan kebaikan kepada si kecil sejak dini.

Saran saya, jika ingin menikmati game ini secara full maka anda lebih baik menjadi member VIP dan memiliki VIP member box. Bagaimana mendapatkannya? Yuk, untuk selengkapnya kunjungi www.sahabatsholeh.com. Disana sudah tersedia informasi lengkap tentang game ini.

Happy Parenting Mom.. 😊

Komentari dong sista
2 Shares

7 thoughts on “Yuk, Tanamkan Nilai Islami pada Anak Sejak Dini bersama Game Anak Sholeh

  1. aaak … kece banget infonya.
    punya anak usia balita memang kadang ga bisa jauh dari games. Danisha juga aku sortir banget games/aplikasi apa yang boleh dia mainkan.

    nah kayaknya game anak sholeh ini cocok banget buat dia. penasaran pengin install nih

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A