10 Jurus Yang Perlu Istri Ketahui Ketika Jatah Bulanan Kurang

10 Jurus Yang Perlu Istri Ketahui Ketika Jatah Bulanan Kurang

source image: popsugar.com

“Wah, baru tanggal segini kok jatah uang bulanan aku sudah menipis ya?”

Familiar dengan kata-kata ini?

Kemudian merasa bahwa jatah bulanan akhir-akhir ini tidak cukup? Padahal beberapa bulan yang lalu jatah bulanan dirasa sangat mencukupi. Kenapa ya?

Baca juga: Tips menghemat pengeluaran rumah tangga versi shezahome

Banyak faktor yang menyebabkannya. Diantaranya adalah harga bahan pokok yang memang naik, kebutuhan yang bertambah hingga tekanan gaya hidup yang memaksa kita untuk menyesuaikan diri. Ya, problematika emak-emak pada umumnya memang mengatur uang bulanan yang ada agar terus bisa mencukupi kebutuhan, seberapapun itu harus cukup.

Tentu hal ini bukanlah hal mudah. Bahkan, untuk emak yang tidak meterialistis dan memegang prinsip kesederhanaan tingkat dewa pun_ini bukanlah hal yang mudah. Nah, shezahome punya jurus jitu buat para emak-emak rumahan yang mulai merasa jatah bulanannya tidak mencukupi lagi.

Dalam hal ini, saya mengkategorikannya menjadi 2 bagian yaitu jurus yang dianjurkan dan jurus terlarang. Apa saja sih? Cuss..

Jurus yang dianjurkan

1. Jurus Sharing Pengeluaran Bulanan

Yang namanya rumah tangga sangat perlu keterbukaan. Setuju gak sih?

Karena itu, tidak ada salahnya untuk mencatat pengeluaran sebulan hingga mengumpulkan struk belanja untuk menunjukkan bahwa pengeluaran kita bukanlah hal yang sia-sia. Dan yang lebih penting lagi, list pengeluaran ini harus ditunjukkan kepada suami.. *seberapapun pahitnya itu.. Tsah..

Dalam kenyataannya, biasanya suami saya mulai memisahkan pos-pos pengeluaran yang sebenarnya tidak penting.

Seperti pos belanja skincare n make up saya misalnya.. Musnahkan saja.. 😅

Atau pos jajanan ringan seperti beli es kepal milo diluar.. Di-black list..

Atau juga nih, pos anggaran protein mahal seperti daging yang kemudian diganti dengan ikan asin sapat atau wadi khas banjar.. 😅

Ya, itu sih kejadiannya kalau yang kita harapkan cuma jatah yang.. Yah, apa boleh buat udah sedikit dan gak bisa ditambah-tambah karena gajih suami memang segitu.

Tapi biasanya beda kasus sih kalau ternyata gajih suami naik. Mungkin saat melihat list pengeluaran bulanan yang tidak cukup dia akan bilang begini..

“Berarti perlu tambahan segini ya? Atau masih kurang?”

Hehehehe..

2. Jurus Politik Membandingkan

Kadang memang ada sih suami yang tidak terbuka dengan pemasukannya. Tapi yang namanya istri itu sinyalnya tinggi. Bener ga sih?

Ya, istri itu bisa mencium pemasukan-pemasukan yang tidak terbuka. Maka, tidak ada salahnya kok untuk mencoba jurus membandingkan. Dengan catatan membandingkannya dengan yang wajar aja lah ya.. *jangan sama Syahrini atau Paris Hilton.. 😅

Kita harus cari aman dalam trik membandingkan. Misal, sama tetangga yang suaminya berprofesi sama dengan suami kita.

Tapi ada triknya juga loh, ga sembarangan. Kalau enggak kalian bakal di cap sebagai ‘istri yang kurang bersyukur’ 😅

Contoh nih:

“Mas, kemarin aku ketempat anu loh.”

“Iya ma.. Terus kenapa?”

“Enggak sih cuma dia cerita kalau dia diajakin jalan-jalan. Katanya ada gajih xxxxx dari atasan ya..”

“Oh ya? Emang ada sih..”

(yess..)

“Aku ga minta jalan-jalan sih, cuma ga ada salahnya kan sesekali kita belikan squishy buat hadiah karena dia udah berhasil mengisi sebagian buku tantangan hebatnya..”

(tips tambahan: kambing hitamkan anak, walaupun dia ga tau apa-apa.. Kita harus jaga image)

“Oh, ya udah.. Harga Squishy berapa? 20ribu? 50ribu?”

“Lima ratus ribu mas..”

(tips terakhir, cari alasan yang realistis harganya 😅)

3. Jurus Super Mom

source: www.silhouettedesignstore.com

Buat mommy yang punya kepribadian jaim tingkat tinggi dan paling anti dengan 2 jurus diatas tidak ada salahnya mencoba jurus Super Mom. Apa sih jurus Super Mom itu?

Sssst, ini jurus mama saya.. Hahahaha..

Yes, bekerja. Bekerja dengan memaksimalkan passion dan skill yang kita punya untuk menambah pemasukan rumah tangga. Bekerja dalam hal ini tidak melulu tentang bekerja diluar. Para Ibu zaman now tentu sudah sangat tahu bahwa media sosial dapat menghasilkan uang, berjualan tak melulu tentang toko fisik, dan blog pun bisa menghasilkan. Hehe

4. Jurus Wonder Woman

Tidak bisa menerapkan jurus super mom karena sejauh ini passion tidak menghasilkan output yang maksimal? Mari terapkan jurus selanjutnya, yaitu jurus Wonder Woman.

Laki-laki itu sejatinya suka diperhatikan dan dilayani dengan baik, maka jadilah istri yang maksimal untuk mendukung passion suami. Caranya tentu tidak mudah apalagi jika sudah mempunyai anak, otomatis perhatian kita akan terbagi. Tapi, tidak ada salahnya jika berusaha maksimal bukan?

source: dreamstime.com

Laki-laki itu makhluk visual yang suka dengan istri yang tampil cantik maka jagalah penampilan dihadapannya. Tidak ada salahnya sesekali kita membeli lingerie sebagai bentuk salah satu usahanya. Hehe

Nah, orang tua zaman dulu bilang bahwa rejeki kedua itu ada diperut suami. Hmm, tidak bisa dikatakan salah juga sih. Karena memang jika lidah dan perut suami terpuaskan maka ia dapat bekerja dengan maksimal. Bukanlah hal mustahil jika kita mendapatkan rejeki ekstra dari hasil memuaskan lidah dan perut suami. Kenapa saya berani berkata begini? Karena sudah terbukti, saya pernah melakukannya dan hasilnya cukup menyenangkan. 😉

5. Jurus Politik Kasihan

Bagaimana sih jurus ini?

Apa ngemis-ngemis gitu ke suami?

Ya, enggak lah.. Ini merupakan jurus yang lumayan ampuh dan terinspirasi dari kucing saya. Hahaha..

Iya, dia aja bisa bikin mata begini supaya suami kasian dengan dia. Masa saya gak bisa?

Bisa! Bisa tanpa harus ngemis. Caranya, Iya.. Nangis. 😂

Terus suami pasti nanya, “Kenapa?”

Terus, jangan langsung bilang jatah bulanan kurang lah sambil menangis makin kencang. Itu kurang ampuh. Hahahaha..

Diem aja.. Iya.. Diem.. Nangisnya masih lanjut tentu…😅

Kalau sudah dipeluk, disayang-sayang, di cup cup cup.. Dan berbagai drama lainnya percayalah suami akan mengerti dan mulai memahami masalah kekurangan pemasukan ini. Karena air mata perempuan itu adalah ekspresi bisu yang dahsyat sekali kekuatannya. Hehe

6. Jurus Ancam Dapur

Sudah tanggal 20an dan dompet emak mengering lalu budget tambahan tak jua nampak? Yuk, pakai jurus yang satu ini. Biasanya lumayan ampuh. 😅

Yes, jurus ancam dapur. Mari mulai atur menu ngirit ala emak-emak.

Sapat: menu ngirit andalannya ‘urang banjar’

Menu pagi: iwak sapat

Menu siang: iwak sapat lagi

Menu malam: iwak sapat lagi 😂

Oya, iwak sapat ini adalah ikan kering khas Kalimantan Selatan yang memiliki harga sangat terjangkau, rasa gurih dan enak namun kurang bergizi.. 😅

Sesekali dimakan tidak apa-apa. Ikan kering ini enak dan gurih. Tapi, kalau terlalu sering? Kita bisa kekurangan gizi mak.. Haha..

Satu hari.. Masih belum peka..

Dua hari.. Belum peka..

Tiga hari kemudian..

“Sayang, jatah bulanan abis ya? Sini aku tambahin..”

Yess… 😂

Jurus Terlarang

Nah, kalau yang sebelumnya merupakan jurus yang dianjurkan sekarang mari kita bahas tentang jurus terlarang yang dalam praktiknya sering tidak sengaja kita lakukan. Akibatnya tentu bisa membahayakan kesejahteraan Rumah Tangga. Apa saja jurus itu?

Cuss

1. Jurus Over Super Mom

Dari namanya tentu kita sudah tau kalau ini adalah efek lanjutan negatif dari jurus super mom. Hmm.. Kenapa bisa over ya?

Banyak sih faktornya, antara lain terlalu banyak family time yang dikorbankan demi mencari tambahan. Ada pula yang ketagihan mencari uang tambahan hingga melupakan kewajibannya sebenarnya di rumah.

Bekerja dan memaksimalkan passion sih boleh saja. Tapi hal ini harus disepakati oleh dua belah pihak. Jangan sampai karena terlalu kebablasan bekerja maka rumah tangga menjadi runyam. Betul?

2. Jurus Dewi Perang

Dewi perang? Siapa ya? Kalau Dewa Perang kan Ares namanya.

Kalau Dewi Perang? Apakah itu wujud evolusi terakhir dari Ketidakwarasan Emak-emak? 😂

source: devianart.com

Yup, harus diakui kalau keterbatasan pemasukan tentu akan membuat kita sang manajer rumah tangga sangat pusing untuk mengatur pengeluaran. Sampai-sampai kita sebagai Ibu menjadi sering marah-marah. Sesekali marah sih wajar. Tapi, tidak sedikit loh para Ibu yang over ekspresif dalam mengeluarkan kemarahannya.

Contoh:

Tangan Super Dewi Perang yang membanting pintu sampai dinding kalsiboard rusak.. 😅

Tendangan Super Dewi Perang yang mampu menghancurkan jendela hanya dengan menggunakan kelapa.. 😅

Tatapan Mata Merah Sang Dewi Perang yang membuat suami dan anak membisu ketakutan sambil berpelukan.. 👿

Banyak begini? Banyak loh.. Hahaha..

Jurus ini memang ampuh, terlalu ampuh bahkan. Sampai Suami dan Anak mungkin saja kabur dari rumah atau diam-diam mulai menyarankan Anda berkonsultasi ke psikiater. 😅

3. Jurus Pelit

Jurus pelit? Sama dengan jurus ancam dapur?

Oh tidak.. Jurus ancam dapur masih masuk kategori aman dipraktikkan. Yang terlarang itu jurus pelit.

Apa sih bedanya? Bedanya jurus pelit ini bertujuan untuk menyimpan uang bulanan sebisa mungkin buat keegoisan diri sendiri bukan untuk investasi masa depan. Banyak ga yang begini? Banyak loh..

Entahlah zaman sekarang apakah masih banyak yang menganut jurus ini. Jurus ini memang sangat efektif tapi akan berakibat buruk terhadap kepuasan suami dan juga pola pikir anak.

Baca juga: Cara Sederhana Menjauhkan Paham Materialisme pada Anak

4. Jurus Pisah Ranjang

Kalau jurus satu ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Efektifnya kebablasan. Sampai beberapa hari kemudian mungkin Rumah Tangga yang dibangun akan hancur berantakan. 😅

Jurus ini sangat terlarang dipraktikkan ya. Sebisa mungkin masih satu ranjang walau misah beberapa cm. Soalnya besar kemungkinan tengah malam bakal berpelukan lagi.. *eaaa..

Nah, itu dia jurus-jurus yang terbukti efektif digunakan jika jatah bulanan ternyata kurang. Ingat, selalu hindari jurus terlarang demi keutuhan rumah tangga. 😊

Karena Rumah Tangga itu bukan hanya sekedar tentang seberapa banyak tapi tentang saling memahami dan mengerti..

Komentari dong sista
15 Shares

26 thoughts on “10 Jurus Yang Perlu Istri Ketahui Ketika Jatah Bulanan Kurang

  1. Karena pegang gaji suami, aku jarang banget minta duit bulanan lagi. Soalnya diminta pun akan dijawab, gak ada, kan gajinya kamu yang pegang. Hahaha. Cuma kadang ada moment dimana duit abis karena kalap belanja, trus bingung besoknya makan apa, akhirnya ya sama kayak ancaman dapur itu, makan ikan asin senin kamis . Jahaha

  2. Sebagai Ibu Bijak dan cerdas di jaman Now penting banget berfikir ekonomis dan strategis. Apa maksud nya Ekonomis? Maksud nya segala sesuatu yang kita perlukan dan kita gunakan dalam kehidupan berumah tangga sehari hari tidak wajib menggunakan branded mahal. Selama itu cukup dan cocok kenapa harus mahal? Strategis. Maksud nya ketika PayDay (gajian) saya sudah terbiasa mengalokasi dana dan sesuai post post nya masing masing dengan parameter skala prioritas. Misalnya Cicilan Rumah. Mobil. Uang sekolah anak. Dan ketika berlebih bisa di alokasikan ke Hobby. Usahakan 20% dari penghasilan suami dan istri di tabung. Wajib Nabung! Untuk masa depan. Technology sudah canggih belajar dari banyak pengalaman bahwa sebagai istri yang mengelola keuangan Rumah Tangga harus bisa mencari celah produktif. Mind set productive apa saja bisa diusahakan sehingga bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Meskipun Tuhan sudah jamin rezekk kita anak kita namun tetap perlu diusahakan. Thanks for sharing Mbak. Lucu sekali tulisan nya. Salam. Opi Rahmita

  3. waaaaaahhhluculucu nih jurusnyaaaa aku biasa pake jurus yang pertama tuh, jurus keterbukaan.. hihi. Kalo belom sukses pake keterbukaan, baru pake jurus jurus selanjutnya yaaaa.. hihi

  4. Duh bikin ngakak bacanya mbak, kalau saya biasanya ikut bantu suami nyari uang dapur, kalau berlebih saya tabungin buat jaga2 kalau kekurangan di akhir bulan.

  5. Bwakakakakaaa… Jatah bulanan berkurang mah menyebabkan istri manyun duluan ya mbak. Dan sebagai seorang istri juga kita harus pintar-pintar menata keuangan rumah tangga. Dan sekarang banyak juga nih yang bisa dikerjakan dari rumah untuk menambah penghasilan ya mbak

  6. Kalo aku berarti jurus super mom ya hehe aku lebih suka cari uang sendiri buat tambahan, klo minta suami suka malesss ntar ditanya “kan kludah dikasih, dikemanain uangnya?” Errrr padahal udah masuk perut dia uangnya 😀

  7. Nah, top banget nih tipsnya bisa dicoba dah ntar. Tp kalo saya, ada 1 lagi poin penting & yg terpenting yg biasa saya lakukan menurut keyakinan & agama sy yaitu: sedekah & infaq buat beramal serta sholat malam& dhuha. Terbukti ampuh nambah rejeki, tak hanya duit, tp juga bagus buat kesehatan… Bukankah sehat itu termasuk rejeki jg?

  8. klu saya jurus apa ya ?
    secara semua gaji dan tunjangan suami saya yang pegang ATM nya
    jadi saya yang handel
    cukup, kurang dan berlebih ga pernah ngeluh atau foya foya
    pokoknya semua hanya saya yang tahu.
    suami tahunya beres hehehe

  9. hahaha jurusnya super sekali mommiiiiii. semoga ga kebablasan beneran ya itu yang pisah ranjang. ngeri atuh hahaha. btw, soal yang menghasilkan dari rumah mah aku setuju banget, sekarang banyak cara buat tetep berkarya dan membantu ekonomi keluarga walaupun tanpa keluar rumah, semangaaat

  10. Hwahhahha…aku pun pakai jurus “menggunakan anak sebagai alesan” apalagi ininiih…momennya pas.
    Pas anak mau daftar ulang sekolah.

    Eaaa…
    ((maafkan aku Pak Su…abis baca blognya mba Sheza niih…wkkwk…)) – ((saliim))

  11. Awal baca judul aku serius banget, begitu baca isinya plus foto ilustrasinya yg lucu2 aku ga bisa nahan ketawa. Sukses lah memberi informasi tanpa mengabaikan pesan yg sebenarnya. Kalo aku kdg memang sering overload juga pengeluaran rmh tangga, soalnya kami berdua doyan kulineran, kalo ga makan di luar nyobain kuliner baru atau kami pesan pake go-food. Jadinya itu kdg merusak anggaran dengan memangkas pengeluaran lain

  12. hihihi, bener banget ya naluri seorang ibu rumah tangga.
    kalau sudah memasuki pertengahn bulan mulai mengolah makanan yang murah dan murah, hihihi. yang penting anak dan suami tetap makan 🙂

    Terima kasih unutk tips ya mba 🙂
    salam kenal 😉

  13. Aku belum merasakan, jadi kayaknya ribet banget dah wkwkw tp ini bisa di simpan neh. hehe

  14. Aku saat ini pakai jurus super mom. Eh tapi ada jurus wonder woman tuh yang patut dicoba juga. Abis saya belum berhasil memuaskan lidah dan perut suami setiap hari sih huhu

  15. Hahahah yang nomor 4 sereeeemmm…
    Selama ini ngurus uang bulana bareng sih, malah suami yg sering ngeh kalau duit belanja menipis. Kalau dah gtu ya usaha lagi cari2 sampingan, istrinya jg bantuin hehe

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A