Kelihatan Tua Walau Usia Masih Muda? Jangan Perparah Dengan Hal Ini Ya!

Kelihatan Tua Walau Usia Masih Muda? Jangan Perparah Dengan Hal Ini Ya!

“Umur belum menginjak 30 tahun, tapi kok suamiku terlihat lebih muda ya? padahal masih lebih tua dia deh 3 tahun..”

Familiar dengan kata-kata diatas? Tentu saja ya, apalagi buat para kalangan emak-emak yang sudah punya anak satu, dua bahkan tiga. Konon, para perempuan memang lebih cepat tua dibanding laki-laki apalagi jika sudah menikah. Beberapa faktor yang menyebabkannya antara lain karena perempuan yang sudah menjadi ’emak’ memiliki beban kerja dengan tuntutan stress yang lebih tinggi. Ya, memikirkan keuangan rumah tangga, memikirkan anggaran sekolah anak, kredit rumah, biaya hidup membuatnya mengabaikan perawatan untuk dirinya sendiri.

Padahal.. Setiap wanita pasti sangat ingin menghindari penuaan dini, iya kan?

Karena penuaan dini bikin kita para kaum ’emak-emak’ menjadi gak percaya diri. Baik itu di lingkungan sosial maupun di mata suami sendiri.

Apa? Belum merasa tuaaa?

Coba deh, raba wajah kita sendiri. Sambil ‘ngaca’ dengan wajah ‘bare face’ di ruangan terang dan jujur ya… (Memang ada ruangan gak jujur? Ada kok, kalau cahayanya ‘over’ kalian bakal ngerasa masih terlalu cantik walau bare face. Bahaya tuh.. 😂)

Nah, sudah diraba dan berkaca dengan benar? Kalo kalian merasa wajah kalian udah mulai keliatan berkerut, terasa kasar, dan ada garis halus di sekitar dahi atau bibir. Itu artinya kalian udah mulai tua ya (oke, sepertinya aku belum.. 😂✌).

Hati-hati! Jangan sampai kita mengalami yang namanya penuaan dini!

Nah, seandainya kalian udah ngalamin beberapa tanda penuaan dini kaya yang udah aku sebutin di awal. Sebaiknya hindari hal-hal dibawah ini supaya wajah kita enggak mengalami penuaan dini.

1. Gonta-Ganti Produk Kecantikan

Siapa sih yang kadang merasa frustasi karena tak kunjung mendapatkan wajah yang mulus dan cerah?

Lalu kita berusaha terus untuk beli produk dan menggantinya secara terus menerus, lagi.. Lagi.. Dan lagi..

Padahal, seringnya gonta-ganti produk kecantikan itu ‘enggak baik’, catet. Kenapa? karena bikin kulit kita enggak mampu beradaptasi, dan beresiko menimbulkan iritasi.

2. Menggunakan Banyak Produk di Satu Waktu

Siapa yang tiap hari gak bisa lepas dari make up?

Makeup itu emang penting, aku sih yes (gaya mas anang.. 😂). Tapi, bukan berarti kita setiap hari harus menggunakan makeup yang berlebihan dengan banyak produk yang diaplikasikan setiap hari baii di rumah maupun di luar rumah.

Kenapa? Karena hal ini kalau dibiarkan bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini di wajah. Wajah kita tidak dapat merasakan pori-pori yang bebas dikarenakan selalu tertutup make up. Hal ini dapat menyebabkan komedo dan jerawat loh dan akhirnya, tidak dapat benar-benar melakukan perawatan dengan skincare. Jadi, kalau mau makeup alangkah lebih baiknya gunakan makeup yang ringan-ringan saja. Kecuali untuk acara-acara tertentu, baru deh kita boleh menggunakan makeup yang agak berlebihan dan menyesuaikan dengan acara.

3. Sering Lupa Membersihkan Muka

Nah, Kebiasaan malas mencuci wajah itu jangan dibiasain ya. Aktivitas kita sepanjang hari pasti menyebabkan banyak banget kotoran, minyak, debu yang menempel di wajah. Dan bakal menutupi pori-pori wajah kalian. Hal inilah yang akan membuat jerawat dan keriput muncul.

Tau gak sih.. Membersihkan wajah dengan beberapa produk sekaligus pun ga bakal menunjukkan hasil yang baik. Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, akan lebih baik jika kita memilih salah satu produk pembersih saja kalau ingin menghilangkan make up.

Kalau aku pakai apa ya? Ssst.. Aku pakai produk pembersih wajah yang lagi happening banget sekarang, yes.. itu adalah micellar water. Tau gak sih kalau Micellar water bisa membersihkan wajah dari sisa makeup dengan maksimal, dan tanpa dibilas.

Setiap habis makeup, aku pasti selalu bersihin wajah pake micellar water andalan aku. Kebetulan aku memakai produk micellar water dari ovale.

Aku pernah review produk ini sebelumnya di blog aku. Dan sampai sekarang, produk ini ter-love banget. Kalian bisa baca berbagai ingredients dari produk ini dan kesan pemakaian aku ditulisan sebelumnya ya.

Baca juga: Review Ovale Micellar Water

Ovale sendiri terdiri dari dua varian yang berbahan alami, yaitu ekstrak bunga magnolia dan ekstrak teh hijau, Ovale Micellar Water mampu membersihkan makeup dalam sekejap! Aku bisa lebih irit kapas pake ini (biasalah, mak emak kan memang harus serba ngirit kan ya.. Hihi) .

Oh iya, untuk harga jangan khawatir ya, Ovale Micellar Water ini bisa kita dapetin dengan harga 30ribuan untuk ukuran 200ml, dan 16ribuan untuk yang ukuran 100ml. ekonomis banget, kan?

4. Hindari rokok

Kalau ini sih, sudah tidak diragukan lagi bakal bikin kita cepat tua (dan cepat mati.. 😅). Kenapa? Karena ternyata kandungan zat aditif dalam rokok bisa membuat tampilan wajah kita lebih tua dari umur aslinya loh! Zat ini bisa memicu tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel tubuh. Selain menyumbat sel-sel kulit, menghisap rokok juga bisa membuat otot wajah jadi gak kencang seperti seharusnya. Bayangin deh kalau kita merokok setiap hari? Otot wajah kita bisa ketarik terus dan wajah bisa terlihat kendur. Menghisap rokok konon juga dapat menyebabkan bibir menghitam. Iya, lihat saja para perokok. Bibirnya rata-rata pasti hitam kan?

Maka dari itu, lebih baik menghindar deh dari rokok. Karena kalau kita sudah kecanduan, bukan cuma wajah kita yang bisa kelihatan tua, tapi kesehatan tubuh kita juga terancam.

Baca juga: Suara Ibu: “Rokok harus mahal demi kesejahteraan rumah tangga.”

5. Hindari pola makan tak sehat

Buat kalian yang masih punya pola makan enggak sehat, lebih baik stop dari sekarang ya. Orang-orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran biasanya akan rentan terkena masalah kulit. Iya, tidak terkecuali seperti penuaan dini yang bisa membuat penampilan kita jadi kurang menarik.

Kita bisa mulai dengan membiasakan diri mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin. Buah dan sayur dikenal memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

6. Kurangi asupan gula

Sudah tau belum kalau mengurangi konsumsi gula dalam bentuk apapun bisa jadi jalan untuk mengatasi kulit wajah yang terlihat tua loh! Iya, kadang kita sering ‘ngeles’ kalau konsumsi manis-manis bakal buat kita terlihat makin manis. Haha.. *gosip macam mana pula ini.. 😂

Memang, kalau kita sudah terbiasa dengan makan manis dan minum manis, pasti akan sulit untuk mempraktekannya. Iya, gula enggak bisa kita pisahin dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Bahkan katanya kan gula pengganti vetsin dalam masakan. Hayo, Siapa yang suka oseng sayur pakai tambahan gula?

Tapi tau enggak sih kalau kita mengonsumsi gula dalam jumlah banyak itu bisa menimbulkan glikasi? Glikasi adalah proses penggumpalan lemak dan protein dengan glukosa. Proses ini bisa membuat fungsi organ tubuh jadi gak maksimal karena jaringan dalam tubuh jadi kaku dan bisa memicu proses pengerutan kulit. Nah, akhirnya mau enggak mau dampaknya bisa sampai ke wajah yaitu berupa munculnya kerutan dan garis halus (kata siapa makan manis bisa bikin muka tambah manis.. 😂). Nah, kita enggak mau kan itu terjadi? Makanya, yuk mulai atur asupan gula kita agar gula enggak berlebihan dan memicu masalah bagi diri kita.

Nah, sekarang kita sudah tau kan hal apa saja yang bikin penuaan dini bakal tambah parah selain beban pikiran emak yang kadang bikin stress? So, Kalau kalian peduli dengan diri sendiri, yuk mulai sekarang dirawat baik-baik wajahnya. Jangan sampe kalian malu foto bareng temen atau suami sendiri karena keliatan paling ‘berumur’ sendiri, padahal sih ya sama yang lain kan masih satu angkatan. ✌

Komentari dong sista
5 Shares

3 thoughts on “Kelihatan Tua Walau Usia Masih Muda? Jangan Perparah Dengan Hal Ini Ya!

Komentari dong sista