Pengen Wisata ke Pasar Terapung Banjarmasin? Nginepnya di Summer Bed and Breakfast Aja Yuk!

Pengen Wisata ke Pasar Terapung Banjarmasin? Nginepnya di Summer Bed and Breakfast Aja Yuk!

“Pasar terapung banjarmasin sekarang tambah cakep ya win. Terakhir aku kesana kan 5 tahun yang lalu. Kok liat foto di ig mu kayak tambah bagus n rame aja.”

“Iya, emang tambah rame. Tapi kan btw kamu ke pasar terapung yang di pangeran kan kemarin? Masih yang deket makam sultan suriansyah? Udah tau kalo pasar terapung sekarang ada yang di siring tandean?”

“Wah, jadi ini di siring? Pantes aja kek beda banget.. “

“Iya di siring”

“Wah.. Jadi kangen banjarmasin. Nanti kalo aku kesana kamu jadi guide aku ya. Udah lupa banget sama banjarmasin nih..”

“Ashiaaap”

Pasar Terapung Siring Tandean, Pesona Tempat Wisata Terbaru di Banjarmasin

Kalian yang berada di luar Banjarmasin pasti banyak yang enggak tau nih kalau Pasar Terapung sekarang juga ada di siring tandean. Lokasi ini berbeda jauh dengan pasar terapung yang ada di pangeran. Selain pemandangannya lebih menyenangkan, letaknya yang berada ditengah kota juga memudahkan para wisatawan berkunjung. Tidak hanya itu, para pedagang pun lebih beragam di pasar terapung ini loh. 

Kalau aku sih termasuk warga banjarmasin yang sangat sering kesini. Maklum, penduduk lokal yang jarang ke luar kota. Jadi ya jalan-jalannya sekitar banjarmasin saja. Meski begitu, aku tidak kunjung jenuh loh jalan-jalan di sekitar pasar terapung ini. Karena selain berolah raga membawa keluarga disini, aku juga bisa mampir ke beberapa tempat termasuk kulinernya juga tentunya. 

Disepanjangan siring selain terdapat pasar terapung juga terdapat menara pandang, aku dan keluarga sering sekali kesini untuk memandang kota banjarmasin dari ketinggian. Nah, dalam perjalanan ke menara pandang biasanya aku juga mampir ke perpustakaan daerah hingga berfoto dengan badut-badut di sekitar sana. Biasalah, hiburan receh emak dan anak. 

Setelah lelah berjalan, jika waktu dzuhur telah tiba kami juga mampir ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Dulu, setiap malam jum’at aku selalu mengajak Farisha kesini untuk ikut pengajian. Setelah Humaira lahir kegiatan itu terhenti. Dan hanya berlanjut di akhir pekan untuk sholat disini. 

Nah, biasanya kami juga tidak lupa untuk mengunjungi patung bekantan. Patung besar yang menjadi maskot kota banjarmasin ini terlihat lebih indah jika di malam hari. 

Pokoknya, kalau ditanya tempat wisata mana di banjarmasin yang oke banget buat dikunjungi di akhir pekan? Ya pasar terapung siring tandean jawabannya. Karena bukan hanya pasarnya yang unik. Tempat-tempat di sepanjang siring juga menarik untuk dikunjungi

Lalu, tempat wisata apalagi win yang menarik di banjarmasin? 

Aku sudah pernah loh menulis beberapa tempat wisata di banjarmasin. 

Baca juga: Family time di banjarmasin, kemana aja yah? 

“Aku mesti nginap dimana win kalo aku ke banjarmasin nanti?” Ucap temanku

“Nah, Aku punya rekomendasi hotel yang bagus di sekitaran pasar terapung.. Kebetulan juga pernah kesana.. Namanya adalah Summer Bed and Breakfast..

Review Summer Bed and Breakfast

Buat kalian yang ingin berwisata ke banjarmasin, aku rekomendasikan untuk staycation di Summer Bed and Breakfast. Bukan tanpa alasan loh aku merekomendasikan hotel ini. Iya, yang jelas aku sudah pernah menginap dan sarapan disana bersama keluarga kecilku. 

Hotel Summer ini terletak di seberang kelenteng Cina, tepatnya di jalan Veteran no. 3, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah. Dari jembatan sasirangan yang membelah siring saja kalian sudah bisa melihat tulisan summer di atas. Terbayang bukan pemandangan dari atas hotel ini? 

Mari kita masuk ke dalamnya. 

Kamar dan Fasilitasnya

Kebetulan, aku menginap di superior room seharga 350.000 per kamar. Untuk budget terjangkau sedemikian, aku sudah bisa menikmati tempat tidur empuk nan mewah, penerangan kamar yang nyaman, TV, AC, Meja tempat meletakkan berbagai barang, hingga lemari baju dan hangernya. Tak lupa disertai dengan kaca ukuran besar di samping kanan depan tempat tidur. Dan yang menyenangkan adalah pemandangan dari luar jendela. Wah, kelenteng cinanya terlihat. 

Didalamnya juga disediakan 2 botol air mineral ukuran sedang. Dan jika ingin memakai botol air mineral ukuran besar maka akan dikenakan harga 15ribu perbotol. Tersedia pula 2 gelas untuk minum serta daftar menu jika ingin makan. 

Oya, disini juga free wifi. Namun aku menyarankan untuk tidak membiarkan paket datamu habis, karena sinyalnya sedikit lemah. 

Kamar Mandi

Kamar mandi disini juga tergolong nyaman. Ada westafel, kloset duduk, hingga shower hot n cool. Handuk di kamar mandi juga tercium wangi dan bersih. Dan tentu saja semuanya dilengkapi dengan perlengkapan mandi seperti pasta gigi, sikat gigi, sabun dan shampoo. 

Restoran

Nah, jangan ngaku pernah staycation di summer kalau belum berkunjung ke rooftop bar atau restorannya. Karena menurutku, view disinilah juaranya jika dibandingkan dengan hotel lain di banjarmasin. 

Bahkan, banyak loh para pengunjung yang hanya mampir kesini saja untuk sekedar nongkrong. Karena tempatnya memang nyaman dengan desain yang khas. 

Breakfast

Aku sarapan apa disini? Nah, ini dia sarapanku. 

Hanya nasi goreng dengan ayam lada hitam dan omelet. Pilihan sederhana asalkan semua keluarga suka. Sebenarnya banyak menu yang menggiurkan disini, hanya saja aku ragu kalau anakku suka. Jadi ya seragamkan saja. Haha. 

Aku suka dengan rasa nasi gorengnya yang dipadu-padankan dengan ayam lada hitam. Ternyata rasanya tidak pedas. Bahkan anakku yang tidak suka pedas saja suka. 

Wisata Kuliner Banjar Sekitar Summer Bed and Breakfast

Buat yang suka jalan-jalan kuliner doang, gak ada salahnya kok staycation di hotel ini juga. Sekitaran sini juga banyak wisata kuliner yang pas buat dicicipin. Apalagi kan kulinernya ‘urang banjar’ itu selalu ngangenin. 

Disekitar siring dekat perpustakaan ada warung soto banjar. Jangan lihat warungnya, nilai rasanya. Aku sudah pernah kesini dan rasanya tidak kalah enak dengan soto bang amat yang hits itu loh. 

Jika hari sabtu dan minggu tlah tiba, ada berbagai macam stand penjual dadakan di sekitar siring yang menjual berbagai menu khas banjar seperti ketupat kandangan, lontong banjar, hingga berbagai kue khas banjar. 

Dan iya.. Wisata kulinernya juga bisa diatas kelotok. Inilah ciri khas banjarmasin. Hihi

Summer Bed and Breakfast, Hotel dengan Banyak Spot yang Instagramable

Tak mau membuang waktu di hotel dengan berleyeh-leyeh ria saja, maka aku memutuskan keluar dan jalan-jalan keliling hotel bersama suami ketika Humaira sudah tidur. 

Ngapain win? 

Hunting foto dong.. Hahaha..

Oh astaga jiwa narsisku kambuh melihat spot-spot yang instagramable di hotel ini. Cekrek sana, cekrek sini. Sampai tak sengaja HP suami pun jatuh dan retak gara-gara ulahku. Haha. Sedikit drama dibagian ini tapi berakhir tidak apa-apa karena hidup perlu banyak rasa.. *tsaaah.. 

Suami: “Astaga, HPku belum juga 1 tahun sudah pecah..”

Aku: “Lihat dong.. ” (Sambil membuka gallery, oh.. Fotonya masih aman.. *senyum licik) 

Dan inilah hasil foto-foto narsis itu.. 😌

Nah, itu dia cerita tentang pasar terapung dan hotel summer bed and breakfast. Oya, kalian bisa kepoin Instagram Summer Bed And Breakfast di @summerbnb.

So, staycation di banjarmasin? Ke Summer Aja Yuk!

Komentari dong sista
0 Shares

22 thoughts on “Pengen Wisata ke Pasar Terapung Banjarmasin? Nginepnya di Summer Bed and Breakfast Aja Yuk!

  1. Wuih, seru banget tuh main dan belanja di pasar terapung. Itu yang ada di jingle RCTI ya? Dan untuk tempat nginepnya lumayan nyaman ya. Duh kepengen deh main ke Banjarmasin. Semoga suatu saat bisa 🙂

  2. wuah cakep nih hotelnyaaaa, instagramable gitu yaaaa.. Eh ini pasar terapung yang dulu pernah jadi iklan stasiun tv kaaaannn?

  3. Ini nih salah satu whistlist aku, datang ke pasar apung dan ngerasain sensasinya. Kayaknya seru banget deh. Semoga kelak masih diberi kesempatan sama Gusti untuk main ke sana 🙂

  4. Hidup memang perlu banget banyak rasa yaa…
    Senang sekali bisa jalan-jalan pas wiken dengan keluarga ke pasar terapung Banjarmasin.
    Anak-anak paling suka minta oleh-oleh apa niih…kalau Mama ke pasar terapung?

  5. Ah mbak, kalau abis baca artikel ini kok aku jadi PENGEN BANGET KE BANJARMASIN, Beneran dehhh
    Apalagi ke PAsar Terapung itu. JAdi inget iklan di TV itu ya mbak, hehee

  6. Aku selalu pengen liat pasar terapung yang ada di RCTI okee hehe. Tapi rumah mertuaku jauh dr sana sehingga mau gak mau next kudu ke Banjarmasin dan menginap di hotel sana ya?
    Wah makasih rekomendasi hotelnya mbak, ratenya juga masih luamayn cukup terjangkau dan deket banget sama pasar terapungnya ya TFS

  7. sahabat dekatku pernah tinggal di Banjarmasin selama kurang lebih hampir 5 tahun, kalo lagi ngobrol sama dia ditelpon dia suka cerita gimana kondisi di sana, dan pengalaman belanja pasar terapung juga kulinernya

  8. Keren banget hotelnya mbk, banyak spot foto ya. Pingin banget jalan jalan ke Banjarmasin. Pingin banget ngerasain sensasi baik perahu sambil belanja

  9. Pasar Terapung ini salah satu destinasi yang jadi impian banget sejak kecil. Tapi sampai setua ini belum kesampaian pergi ke sana. Kadang mikir sendiri, Indonesia saja belum khatam kujelajahi, tapi udah mimpi ke berbagaia negara, hihihi. Btw, saya bpernah nginep di Bed and Breakfast. Ternyata emang konsepnya simple minimalist gitu ya. Enak nih kalau buat numpang tidur sama makan pagi aja.

  10. Ini tuh salah satu wish list aku pengen explore ke tempat yang ada pasar terapungnya, karena pengen motret banget. Efek masih pandemi dan belum kemana-mana lagi ini.

  11. Oh jadi bener ya pasar terapung yang dulu itu beda dengan yang sekarang.
    Kalau di iklan tv itu di Pangeran ya, jauh dari pusat kota.
    Aku belum pernah ke Banjarmasin. Kalau ke sana emang wajib nih mampir ke pasar apung. Pasar yang unik, anakku ga percaya ada pasar di atas perahu seperti ini.

  12. Buat saya yang belum pernah ke Banjarmasin, melihat pasar terapung pastinya jadi sesuatu yang unik. Wajib dikunjungi pokoknya. Hotelnya juga cakep. Instagramable dan nyaman

  13. Keren bangeett itu hotelnya. Kaya bukan hotel lihat bagian depannya. Kalau ke Banjarmasin mau banget deh nginep di sini. Pengen lihat pasar apung juga

  14. Hotelnya tampak sederhana tapi nyaman ya mbak. Dengan rate 350K per malam lumayan banget fasilitasnya dan makan enak 🙂 Lagipula kebanyakan di luar pasti ya wisata kuliner di Banjarmasin. Aku belum pernah ke Kalimantan nih. Hotelnya bisa jadi referensi 😀 TFS.

  15. Oh ternyata di sana pasar terapungnya gak satu lokasi aja ya mbak. Aku belum pernah ke Banjarmasin, pingin lihat pasar terapungnya juga nanti kalua ke sana. Seru juga ya pasarnya apalagi di dekat situ ada rekomendasi hotel yang oke

  16. Aku belum pernah ke Kalimantan. Apalagi ke Banjarmasin 🙁 Padahal pengen banget bisa liat seara langsung pasar terapung nih mba.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A