Cara Sederhana Untuk Mengurangi Mood Swing Pada Ibu Hamil

Cara Sederhana Untuk Mengurangi Mood Swing Pada Ibu Hamil

source image: www.pregnancyandbaby.com

Ada yang pernah merasa aneh dan sensitif saat sedang hamil?

Suasana hati bisa berubah drastis.. Sebentar-sebentar senang lalu tiba-tiba bisa menangis sendiri.

Kalau ada, kita kompak dulu yuk mak.. Hihi..

Iya, sekarang aku sedang hamil 7 bulan. Dan sejak tri semester kedua, aku mulai mengalami hal ini. Sebentar-sebentar suka tertawa dan senyum-senyum sendiri. Tapi, Sebentar-sebentar kalau ada yang ‘nyenggol’ bisa nangis-nangis sendiri. Padahal loh ya, yang nyenggol itu enggak parah-parah banget senggolannya.

Kadang nih, aku suka berpikir.. Aku agak gila apa ya? Jangan-jangan sudah masuk kasus kelainan jiwa kekinian yang bernama Bipolar itu? Idih, amit-amit.. Haha

Well, sebenarnya ini bukan kelainan jiwa kok. Namanya adalah Mood Swing. Mood Swing ini adalah hal umum yang biasa terjadi saat kehamilan dimana salah satu gejalanya adalah suasana hati yang sangat mudah naik turun atau dalam bahasa ‘kita’ nih.. Lagi bete.. Lagi gak mood.. Yah.. Begitulah..

Kenapa ya bisa terjadi hal seperti ini pada Ibu hamil, terjadinya sering loh bahkan bisa berkali-kali dalam sehari? Nah, secara biologis hal ini disebabkan karena tingkat hormon pada Ibu hamil sedang bergejolak. Karena kadar hormon estrogen dan progeateron dalam darah sedang meningkat. Sehingga nih, kalau sedang hamil itu bawaan sensitiiif aja..

Hmm sebenarnya mungkin juga sih mood swing ini disebabkan oleh psikologis. Kalian tau kan bahwa aku pernah terkena babyblues saat anak pertama dulu. Jadi, kadang aku agak sedikit takut kalau hal itu terjadi lagi. Serem banget lah soalnya kalau diingat-ingat. Karena itu, untuk mencegah babyblues datang lagi kemarin aku sudah menulis tulisan tentang cara mencegah babyblues dan post partum depression.

Baca juga: Begini Caranya agar Baby Blues dan Post Partum Depression tidak terjadi lagi

Nah, sejak menginjak Trisemester ketiga ini, aku mulai merasakan bahwa mood swing aku yang jelek ini sudah mulai berkurang. Dan berikut adalah tips dariku untuk mengurangi mood swing pada Ibu Hamil.

1. Melakukan Hobi yang Berbeda

source: uangonline.com

Well, ada yang merasa hobi yang ditekuni mulai membosankan saat hamil? Jangan dipaksakan untuk melakukan hal yang membosankan ya. Cari hal yang menyenangkan dan berbeda untuk dilakukan.

Seperti aku sekarang ini. Dulu aku hobi sekali baking dan entah kenapa sejak hamil anak kedua ini aku sama sekali tidak minat untuk menyentuh mixer, apalagi gula. Maka, aku menyalurkan energi positifku dengan menulis di instagram story. Kenapa tidak di blog? Hmm.. Selama 2 bulan kehamilan aku sempat merasakan writers block parah. Dimana aku sangat sulit berkonsentrasi dan memunculkan ide saat melihat layar putih polos. Karena itu, dengan aktif dinstagram story akhirnya aku mengembalikan mood menulisku lagi.

Biasanya, hobi lama saat hamil itu tidak hilang sepenuhnya loh. Tapi dia hanya berpindah cara melakukannya. Nah, jika sudah tidak sreg dengan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari, ada baiknya jika kita mencoba membuat hobi itu menjadi menyenangkan dengan cara yang baru.

2. Menyambung Kembali Tali Silaturahmi pada Teman Lama

Saat membaca ini, kalian pasti bingung dan bertanya, “Kenapa harus teman lama?” hihi..

Karena, teman-teman baru yang beberapa tahun ini bergaul dengan kita kadang kala terasa hambar. Apalagi saat hamil. Kadang kita butuh lingkungan baru atau terkenang dengan lingkungan yang lama. Entah itu teman sekolah, teman kuliah dsb.

Ada baiknya jika sesekali kita mengadakan reuni dengan teman lama. Mengenang kembali masa muda kita dan tertawa bersama. Moment seperti ini akan mengembalikan mood pada Ibu.

Karena ketika bayi sudah lahir nanti, kita akan sangat jarang bertemu dan melakukan hal-hal seru bersama teman kita. Maka, manfaatkanlah masa-masa kehamilan untuk melakukan hal yang menyenangkan diluar.

3. Sharing Cerita pada Sesama Ibu Hamil

Dimana-mana yang namanya perempuan itu butuh curhat.

Kenapa tidak curhat dengan suami saja?

Karena suami kan tidak hamil. Hahaha.. *jawaban maksa..

Tapi ini serius loh, curhat dengan suami dan curhat dengan sesama ibu hamil itu rasanya berbeda. Karena ibu hamil juga bisa merasakan apa yang kita rasakan maka curhat dengan sesama ibu hamil itu terasa sekali ‘feel’ – nya. Berbeda dengan curhat kepada suami yang mungkin nih.. Responnya biasa saja, apalagi buat kalian yang punya suami introvert.

Baca juga: Ketika Introvert menikahi Introvert

Intinya, carilah komunitas yang senasib dengan kita dan sharinglah pengalaman sebanyak mungkin. Hal ini sangat berguna loh. Selain dapat mengurangi mood swing, memiliki komunitas yang senasib biasanya akan banyak menambah pengetahuan kita.

4. Hindari Percaya Begitu Saja pada Artikel Hoax

source: bustle.com

Ada gak sih para Ibu Hamil yang suka berkonsultasi dengan google sebagai panduan utama?

Sedikit-sedikit khawatir, tanya google..
Sedikit-sedikit takut, tanya google..

Dengan keyword yang biasanya aneh-aneh.. Seperti..

‘Makanan yang dapat menyebabkan keguguran’

‘Efek negatif memelihara kucing bagi Ibu hamil’

‘Bayi sering menendang sebelah kiri, apakah laki-laki atau perempuan’

Nah, dengan keyword ngasal yang kita ketik di google kadang kala kita suka asal percaya dengan artikel yang kita baca. Lalu kemudian takut, panas dingin, gak bisa tidur. Yah, begini nih yang sering aku alami saat kehamilan pertama dulu. Akhirnya Mood Swing malah semakin parah.

Tapi, saat kehamilan kedua ini aku sudah kapok membaca artikel-artikel aneh apalagi yang berkaitan dengan mitos makanan yang tidak boleh dimakan Ibu hamil.

Akupun berkenalan dengan Channel Bunda di www.channelbunda.com. Nah, disana ternyata banyak sekali info tentang Ibu Hamil termasuk rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil. Dan artikel yang pertama aku baca adalah tentang Manfaat Kacang Hijau yang dapat mengembalikan Mood pada ibu hamil. Wah, ini benar sekali loh. Kacang hijau bahkan bisa meringankan morning sickness pada ibu hamil karena sangat manjur mengatasi rasa mual.

5. Memanfaatkan Waktu Luang dan Liburan untuk Traveling Ringan

Mood swing parah bangettt? Itu bisa jadi karena kurang liburan loh. Bagaimanapun juga setiap orang butuh liburan untuk menghibur diri, apalagi Ibu Hamil.

Memang, ada beberapa Ibu yang tidak memiliki hobi traveling. Tapi, untuk mengatasi mood swing yang parah hal ini patut dicoba loh. Karena dengan jalan-jalan ringan maka ibu dapat bertemu dengan hal-hal yang baru sekaligus juga berolah raga ringan. Karena kadang, bisa jadi mood swing yang ibu alami karena kurang gerak di rumah.

6. Perbanyak Ibadah

Nah, terakhir.. Jangan pernah malas untuk melakukan ibadah saat hamil. Mood Swing yang naik turun bisa juga terjadi karena pertahanan spiritual kita sedang melemah. Sehingga mudah sekali terpancing amarah. Sebisa mungkin perbanyak wudhu, sholat sunah dan mengaji serta berbagai kegiatan keagamaan lain yang menyenangkan. Dengan begitu hati kita akan terasa damai dan saat melakukan hobi pun mood kita akan kembali bersemangat.

source image: arah.com

Nah, itu dia hal-hal yang aku lakukan untuk mengatasi Mood Swing saat hamil. Kalian punya masalah yang sama saat hamil? Sharing yuk!

Komentari dong sista
9 Shares

18 thoughts on “Cara Sederhana Untuk Mengurangi Mood Swing Pada Ibu Hamil

  1. Aku pribadi memilih untuk travelling kayaknya kalau mood lagi jelek tapi kalau hamil susah juga ya. Enaknya melakukan hobi aja sih.

  2. Hahahaha aku dah enam tahun lalu hamilnya.agak lupa jugaaa..tapi ayaknya sih iya, mood2an abis. tp krn saat itu bekerja sangat padat yang tersisa adalah lelah luar biasa huhu..

    tapi aku setuju tuhh sama tipsnya. semoga lancar ya buk hingga lahirannya.aamiin

  3. “Tapi, saat kehamilan kedua ini aku sudah kapok membaca artikel-artikel aneh apalagi yang berkaitan dengan mitos makanan yang tidak boleh dimakan Ibu hamil.”

    Setuju. Paling sebal sama mitos makanan ini. Kalau diikuti semuanya bisa-bisa bumil tidak bisa makan apa-apa lagi (つīšâŠ‚)

  4. baru banget kejadian tadi malem.. kebangun tidur dan tiba2 nangis tp gak tau kenapa wkwkwk.. abis itu susah tidur lagi huhuhu.. tp hamil yang skarang masih mending sih gak terlalu banget sering begadang..

  5. Wah ternyata sedang hamil, selamat ya mbak. Moga2 lancar sampai persalinan. Sehat2 ibu baby.
    Aku dulu pas hamil jg sering mud swing, jd kadang akhirnya yg aku lakukan cuma broqaing2 hehe.
    Emang bener baiknya jangan baca artikel hoax. Apalagi ttg kehamilan. Kalau saya dulu suka baca website dan milis Sehat.

  6. Aku kalo lagi menstruasi aja sering mood swing mbak, apalagi nanti kalo pas hamil ya sering juga mikir apa aku mulai gila ya hahaha
    kayanya beberapa tips ini bisa aku terapin kalo mood swing pas menstruasi. Thanks mbak sudah berbagi tipsnya

  7. Saayaa donk… Mengalami mood swing ini wkwkwk… Eh tapi dulu belum mengenal istilah mood swing ya akunya. Jadi ya bilang lagi gak mood gitu aja. Bawaannya pengen ngomel melulu

  8. Wah Bundaaaa selamat ya. Semoga nanti lahirannya lancar dan bunda ama dedenya sehat-sehat ya. Iya kalau lagi hamil itu suka lebih sensi ya. Trus jauh-jauh juga ama orang-orang beracun karena bisa bkin kita tambah sensi dan nggak enaj hati

  9. Saya banget nih dulu, dikit2 Googling.
    Terlebih waktu hamil anak pertama.
    Setelah anak kedua udah lebih calm.
    Dan kurang begitu percaya pada berita2 gak jelas selain testimoni atau sharing langsung sesama ibu2 hamil 🙂

    -reyneraeadotcom-

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A