Tentang Elemen Air, Ninjutsu, dan Psikologis Emak

Tentang Elemen Air, Ninjutsu, dan Psikologis Emak

Wah, judulnya win.. Semacam sebuah pengakuan. Apakah selama ini penulis blog ini adalah seorang Otaku.. 😂

Bukan otaku sih. Sungguh sangat banyak anime yang belum aku tonton. Hanya saja, ada 2 anime yang begitu lengket di kehidupanku. Kalian tau apa itu? 

Yaitu Avatar dan Naruto. 

Dua anime ini, secara luas telah membuka ruas-ruas baru dalam kehidupanku. Dan ajaibnya, aku mengaitkannya dalam kehidupan psikologisku sehari-hari. 

Bukan sekedar ‘dikait-kaitkan’ tapi dijadikan sebuah pola kehidupan. Dan aku sendiri menyebutnya sebagai pola keseimbangan psikologis mak emak. 

Lantas, apa hubungannya dengan Air? Apa hubungannya dengan hari air sedunia bulan ini? 

Ada kok. 

Ada aja. Baca dulu dah.. 

Elemen Air dan Psikologis Manusia

Legenda China Kuno menggambarkan dunia dan seluruh alam semesta seperti ikatan lima unsur yakni air, logam, bumi, api, dan kayu. Begitu juga dengan kepribadian manusia yang harus memperlakukan dirinya dengan cara yang sama seperti lima elemen membangun dunia ini. Tapi, manusia hanya memiliki satu atau dua unsur yang lebih menonjol. Dan setiap elemen dapat menguraikan rincian tertentu tentang tipe kepribadian seseorang.

Well, sebagai mantan pemain ninja saga (entahlah kalian tau ini atau tidak.. Whahaha), aku sangat bisa mengerti dengan kalimat diatas. Permainan ini mengadaptasi anime naruto dan menempatkan karakter pemain untuk bisa memilih elemen yang sesuai dengannya. Setiap karakter dapat memilih 2 elemen. Entah itu elemen api, air, tanah, udara atau petir. Tidak sesederhana pola pada avatar, permainan ini juga membuat kita memilih elemen mana yang paling dominan hingga jurus  ninjutsu, taijutsu hingga genjutsu yang pas untuk setiap karakter. 

Adalah Hikari, nama karakter yang aku mainkan pada game ninja saga dahulu. Hikari artinya adalah cahaya. Aku memilih menggunakan elemen api dan air pada jurus ninjutsunya. Seiring berjalan waktu, aku dihadapkan pada 2 pilihan untuk membuatnya berkembang. Apakah aku harus membuatnya dominan menjadi ninja berelemen api atau ninja berelemen air. 

Sampai sini pembaca dibuat geleng-geleng.. 😂 Lalu bertanya-tanya apa hubungannya game ninja saga sama elemen air dan psikologi? 😆

Percayalah, game ini membuatku berimajinasi dalam kehidupan nyata. Bahwa sebenarnya, bukankah kehidupan juga dibuat seperti game? Ada kebijakan dalam memilih jalan setiap levelnya? 

Kalau dalam legenda cina kuno kepribadian manusia dipisahkan seakan menjadi 5 elemen, maka dalam kehidupanku akulah yang memilih elemen mana yang sebaiknya mendominasi kepribadianku. 

Dan aku memilih elemen air. Kalian tau artinya? 

Elemen air adalah orang yang memilih untuk mengisi kebahagiaan. Karena ia cinta dengan perdamaian. Lebih mengisi harinya dengan kekuatan spiritual dan mengurangi ambisi

Ambisi aku artikan sebagai elemen api. Yang dalam kehidupanku aku kaitkan pada pentingnya arti kekuatan. Dulu aku membanggakan elemen api yang ada pada diriku. Simple sekali alasannya, damage-nya besar. Semua orang menyukai orang yang memiliki kekuatan. Bisa dimanfaatkan, bisa menciptakan sesuatu. Tapi, juga bisa menghancurkan. 

Well, tapi mengurangi elemen api atau ambisi dan kekuatan. Bukan berarti aku menyerah. Tetapi lebih memilih untuk mencari kekuatan yang lain dari elemen air. 

Kekuatan elemen air dalam kepribadian sering dianggap tidak berarti. Padahal, tanpa disadari airlah yang paling berperan dalam charging happiness dalam diri manusia. Layaknya seorang Ibu yang mengisi cakra untuk orang-orang disekelilingnya. 

Skill Ninjutsu Psikologis dalam Elemen Air

Setiap elemen memiliki kelebihannya masing-masing. Api memiliki kelebihan pada kekuatannya untuk mendapat penerimaan dari orang lain, tanah memiliki kelebihan pada kuatnya pikirannya sehingga tidak gampang baper, petir memiliki kelebihan pada kekuatannya untuk bisa mengubah orang lain, sementara angin si jiwa bebas yang memiliki jalan hidupnya sendiri bisa diterima dimana saja, serta air yang konon bisa menyembuhkan dan mengisi kedamaian serta ketenangan. 

Jika elemen lain melibatkan persentasi passion yang dominan untuk bisa berkembang, maka air memiliki jalan ninjanya sendiri. Orang yang memilih untuk mendominasi cakranya dengan elemen air berarti sudah menyadari bahwa skill basic untuk mengeluarkan ninjutsunya adalah dengan adanya rasa ikhlas dan rela berkorban. Sungguh, ini adalah pilihan yang pernah sekali menimbulkan perasaan labil. Bahkan sampai sekarang. Makanya, ninjutsuku tidak pernah benar-benar sukses keluar. *sudah ngayal kek ninja bener dah.. 🤣

Orang yang memilih untuk mendalami air dan menambah point eksperience ke elemen air maka memiliki kelebihan bar cakra yang sangat besar, bisa menyembuhkan diri sendiri, hingga memiliki skill bertahan bahkan melumpuhkan. Tetapi ia memiliki kelemahan terbesar yaitu memiliki damage yang rendah serta memiliki bar kekuatan yang rendah sehingga gampang lelah yang kemudian berefek pada lemahnya kesabaran.

Tapi, segalanya dapat teratasi jika sudah menguasai skill ninjutsu air, yaitu:

-Water Healing: Skill ini memungkinkan berpindahnya bar cakra untuk meningkatkan kekuatan agar tidak kelelahan dan tidak mudah baper. Akhirnya stok kesabaran terus ada. 

-Water Protector: Skill ini memungkinkan berpindahnya bar cakra untuk terus memikirkan hal positif dibalik adanya kejadian negatif atau serangan negatif dari orang-orang. Sehingga hati tetap terjaga dan tidak berburuk sangka. Something like dinyinyirin orang bisa tetep move on dan gak nyinyir balik justru malah mendoakan kebaikan untuk orang demikian. Haha

-Water Attack: Skill ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kekuatan. Walau damage pengguna elemen air itu sangat kecil tetapi akan efektif jika digunakan untuk hal-hal yang baik. *membersihkan rumah sambil leyeh-leyeh misalnya. Whahahaha.. Becanda dink🤣

-Water Control: Percaya gak percaya, walau kekuatan elemen air itu lemah tapi jika semua cakra tidak pernah digunakan dengan baik maka segalanya akan lose control. Jika tidak pernah bisa menggunakan skill healing maka cakra akan meledak ke hal yang tidak diinginkan ketika kesabaran sudah hilang. Layaknya stunami, orang yang memutuskan untuk mendalami elemen air akan meledak tak terkendali. Karena itu, sangat penting untuk mengeluarkan cakra ke skill yang lain.

Cakra: Mengisi Elemen Air dengan Jiwa yang Bahagia

Dari tadi kamu ngomong cakra.. Cakra.. 

Emang cakra apaan sih win? 

Wah, kalian belum pernah nonton naruto? 😂🤣

Sini ya aku ceritain, cakra itu adalah..

Cakra adalah kata yang berasal dari bahasa Sansakerta yang berarti roda atau lingkaran, yang menggambarkan sebuah tempat berisi energi yang letaknya di pusat tubuh kita. 

Sesungguhnya, banyak ilmu tentang cakra ini. Ada yang menyebutnya menjadi 7 elemen dsb. Bahasanya sedikit rumit tapi sepemahaman sederhanaku bahwa banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperoleh cakra. Salah satu hal yang sederhana adalah dengan terus membahagiakan diri sendiri dan melanjutkan arusnya dengan membahagiakan orang lain. 

Cakra tidak terisi otomatis begitu saja, seperti sehabis tidur langsung terisi.. Bukan begitu. Cakra beda dengan tenaga luar atau energi. Cakra terisi oleh hal-hal yang tidak kita sangka. Pengalaman baru misalnya, berhasil melakukan sesuatu juga, sebuah pujian pun bisa mengisi cakra. Bahkan, hal receh seperti menonton drama korea bisa pula mengisi cakra. Untukku, hal receh seperti menulis pun bisa mengisi cakra dengan maksimal. Jangan salah, bahkan orang yang mengupdate status di sosmed pun bisa saja mengisi cakra. 

Hal receh seperti selfie dan menggunakan filter instagram bisa saja otomatis mengisi cakra. Hanya saja, warna cakra setiap orang berbeda-beda. 

Orang yang memutuskan untuk menguasai elemen air dengan dominan maka harus memiliki cakra yang banyak. Makanya, jangan salah kalau ketika seseorang sudah mendedikasikan dirinya untuk berkorban maka dia juga punya sesuatu untuk mengisi dirinya sendiri. 

Well, segala hal tentang cara ibu bahagia dan passion pernah emak tulis di blog ini. 

Arti Keseimbangan Psikologis dalam Jalan Ninja Dominan Elemen Air

Apakah memilih jalan ninja dengan elemen air berarti mengabaikan elemen lainnya? 

Oh tidak.. 

Kehidupan itu harus seimbang ferguso.. 

Dalam setiap kenaikan level, seorang ninja dihadapkan pilihan untuk mengisi exp kearah yang mana. Ninja yang memilih untuk mengisinya pada satu elemen saja bukanlah seorang ninja yang bijak. 

Sisakan minimal 2 point untuk setiap elemen, agar kehidupan berjalan seimbang. 

Ada sebuah artikel yang mengatakan bahwa zodiak Capricorn, Virgo dan Taurus termasuk lebih cocok menggunakan elemen tanah. *mamak zodiaknya virgo btw.. Haha

Dan setiap orang yang memiliki elemen tanah bawaan (layaknya hokage pertama 🤣) biasanya hebat dalam skill taijutsu. Jadi mari imajinasikan saja demikian, bahwa memang bar energi fisik orang jenis begini lebih panjang dan kekuatan taijutsunya emejing. 

*Baca ulang dan artikel ini makin ngawur aja jalannya ya.. 😅

Artinya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dominan air boleh tapi jangan lupa untuk mengisi point ke elemen yang lain. Agar kehidupan berjalan seimbang. 

Itulah jalan ninjaku.. 😊

***

Artikel ini ditulis untuk FBB kolaborasi dalam rangka hari air dunia. Entah kenapa memorable tentang game online ninja saga yang emak mainkan 10 tahun yang lalu menginspirasi untuk membuat tulisan ‘ngaco’ ini. Karakter Hikari pada game itu telah mempertemukanku pada pembelajaran kehidupan sebenarnya. 

Bahwa hidup kadang membuat kita seperti air. Terus mengalir tanpa malu dari tempat tinggi ke tempat rendah.

Berjalan dengan caranya sendiri. Mengisi kehidupan yang lain bahkan tanpa diapresiasi keberadaannya.

Jangan larut dengan hal itu. Bangkit dengan cara sendiri. Temukan jalan ninjamu sendiri. 

Temukan ‘Cahaya’ dalam jalan itu. 

Selamat hari air dunia. Air adalah penyembuh. Air adalah pelindung. Maka, hargailah keberadaannya. ❤

Komentari dong sista
0 Shares

6 thoughts on “Tentang Elemen Air, Ninjutsu, dan Psikologis Emak

  1. Eh ada Katara. Langsung keinget film Avatar.
    Mungkin yang bikin Zuko suka sama Katara karena Katara Air, Zuko api. Jadi pas Zuko marah, Katara bisa meredamkan emosi. Karena pasangan harus bisa gitu kan ya? #eeehhh hehehe

  2. Wuaduh, aku nggak ngerti blas ini wkwk. Aku ngertinya air harfiahnya bermanfaat bagi kehidupan juga memiliki sifat kima, fisika & biologi. Kalo diajakin omong ttg ninjutsu nggak bakal nyambung aku nih. Cuma bisa ber- o00h & manggut-manggut diang.

  3. Aku tahunya Naruto cuma soal elemen-elemen itu, tapi tidak tahu ternyata kalau dijabarkan akan serumit dan seindah ini. Bener sih, bagaimanapun yang berlebihan itu tidak baik.

  4. Saya Taurus berarti taijutsu juga kayak hogake pertama, ahahaha.

    Elemen air memang keren, kalau hidup di dunia Avatar Aang saya juga pengin punya kekuatan untuk mengendalikan air, hihihi

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A