Tingkatkan Imun saat Pandemi dengan Imunomodulator

Tingkatkan Imun saat Pandemi dengan Imunomodulator

“Mama, Nene Pica bilang kalo kita rajin minum jamu nanti gak bakal kena virus corona Ma..”

“Ah, masa.. Memangnya Pica suka minum jamu kayak Nene?”

“Bukan, yang minum jamu Mama aja. Pica asal rajin minum susu sama makan aja katanya. Kan jamu itu buat orang dewasa. Pica masih kecil.”

“Ah Pica, bilang aja gak suka pahit..” Ledekku kemudian. 

Obrolan itu, kembali terngiang ketika kemarin aku belajar tentang Imunomodulator pada sabuah acara webinar.

Apa Itu Imunomodulator? 

Jujur sih aku bukan tipikal yang percaya begitu saja kalau rerempahan seperti kunyit, jahe, serai dsb adalah obat untuk menangkal virus corona. Bagiku, jamu ya jamu saja. Sifatnya menjaga sistem imun. Bukan untuk mengobati. Jadi, aku tidak terlalu kental menerapkan rajin minum jamu layaknya Mama. 

Tapi kemudian, aku berkenalan dengan istilah imunomodulator ketika mengikuti webinar bersama Imugard di hari Senin, tanggal 22 Maret 2021. Webinar ini mengundang Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal) yang merupakan Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia). Dan disitulah aku berkenalan dengan istilah imunomodulator dan manfaatnya. 

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif →mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. 

Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si

“Jadi, dengan adanya imunomodulator maka sistem imun kita dapat ditingkatkan. Karena virus sejenis corona tidak memiliki obat spesifik. Ia bisa dilawan dengan imun yang kuat. Bahkan, vaksin bukanlah obat untuk virus corona. Vaksin hanya akan mendorong pembentukan kekebalan tubuh.”

Hmm.. Sesungguhnya kadang perkataan orang tua itu memiliki sisi benarnya juga. Dokter saja membenarkan khasiat imunomodulator untuk mengaktifkan mekanisme pertahanan tubuh loh. Akan tetapi, ingat.. bukan berarti kita hanya mengandalkan imun di masa pandemi ini. Ingat juga untuk iman dan aman dengan tak lupa berdoa dan menerapkan protokol kesehatan. 

Herbal dengan Kandungan Imunomodulator yang Ada di Indonesia

Ternyata,  Banyak Herbal Indonesia yang punya peranan sebagai imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal. Tentunya dengan tetap mengutamakan pertimbangan keamanan pemakaian jangka panjang ya. Beberapa tanaman itu antara lain adalah:

Meniran (Phyllanthus niruri)

Meniran ini bersifat Imunostimulasi. Ia dapat Mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air. Dan aman untuk pemakaian jangka panjang. 

Dulu, aku bingung ketika salah seorang tetangga mencari tanaman ini untuk cacar air anaknya. Oh ternyata, begini manfaatnya. Aku sendiri belum pernah cacar air dan memanfaatkan meniran ini sih. Jadi, belum tau khasiat aslinya. 

Kunyit (Curcuma longa / Curcuma domestica)

Kunyit juga bersifat imunostimulasi. Selain itu ia juga bersifat anti-radang. Kunyit dapat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan. Kunyit juga dikenal aman untuk pemakaian jangka panjang.

Hmm.. Thats why inilah jamu yang sering diminum orang tua jaman dulu hingga sekarang. Iya. Akupun suka kok. Haha

Daun Kelor (Moringa oleifera)

Jangan salah. Daun kelor pun bersifat imunostimulasi. Sumber nutrisinya banyak yaitu: kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin. Daun kelor juga aman untuk pemakaian jangka panjang

Kalau aku pulang ke rumah Mama, aku hampir setiap hari memakan sayur daun kelor loh. Dan selain untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI daun kelor ini juga imunomodulator yang punya manfaat wow. Hmm.. Kudu banyak nanam daun kelor ini di rumah. 

Imugard, Kombinasi dari 3 Herbal Imunomodulator

Kalian bertanya-tanya bukan ketiga herbal imunomodulator ini kalau bersatu bakal begimana ya jadinya? 

Apa perlu kita coba bereksperimen dengan membuat sayur bening daun kelor dengan ekstra kunyit dan meniran supaya imun tubuh tetap terjaga? Maaf, aku imajinasikan sebentar. Kok belum apa-apa sayurnya terasa bau jamu ya.. 😂

Kenapa musti dikombinasikan? Kenapa gak konsumsi salah satunya aja? Nah, kalau dikombinasikan jadi punya manfaat ekstra yaitu jadi anti-peradangan yang bersinergis dengan keunggulan kunyit dalam memperbaiki sistem pencernaan juga keunggulan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang cukup seimbang. Jadi, semacam kombinasi yang yahud banget buat jaga sistem imun. 

Tapi gak perlu juga kali bikin sayur bening kelor campur kunyit plus meniran. Karena, hari gini udah ada Imugard loh. 

Imugard ini udah 3 in 1, jadi dalam satu kapsul sudah mengandung 3 bahan imunomodulator tadi. Gak perlu lah ya kita  sayur bening kelor campur kunyit dan meniran. Hihi. Dan Imugard juga sudah ada standar ISO. 

Konsumsi cukup 1 kaplet Imugard setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nah,  saat kondisi tubuh dirasa sedang turun / drop maka konsumsi 2 kaplet Imugard setiap hari sampai membaik, lalu kalau sudah mendingan lanjutkan dengan 1 kaplet setiap hari.

Imugard dapat diminum oleh anak diatas 12 tahun, dewasa, dan lansia. 

Imugard bisa dibeli di Tokopedia, lazada, blibli dan shopee. Imugard juga tersedia di offline store seperti di Century, Watson, Apotek dan Toko Obat Retail. 

Nah temans, usaha apa aja yang kalian lakukan untuk jaga Imun? Yuk, coba Imugard juga! 

Komentari dong sista
0 Shares

21 thoughts on “Tingkatkan Imun saat Pandemi dengan Imunomodulator

  1. Enak banget ya gak perlu repot lagi kalo lagi butuh naikin imun, tinggal beli ini langsung hap. Karena kalo bikin sendiri juga belum tentu bener takarannya

  2. Praktis banget yaah…kini hadir Imugard dengan segala keistimewaannya untuk menjaga daya tahan tubuh.
    Pasti senang sekali ini…karena harganya pun terjangaku.

  3. Oo bentuknya kaplet ya? Saya pikir serbuk minum yang disedu. Hmm.. Kalau kaplet bagi yang ga suka jamu berguna banget ini

  4. aku tahu manfaat meniran waktu itu dijelasin sama seorang profesor gitu, mbak. Beliau meneliti meniran sebagai obat. ternyata memang bagus untuk daya tahan tubuh tapi hanya digunakan saat badan nge-drop, jadi bukan terus-menerus dikonsumsi.

  5. Wah berarti kita se-Zoom ya Mbak hehe
    Soalnya saya juga ikuti dan akhirnya tahu soal imunomodulator

  6. Bener ya saat pandemi gini Penting bangt nambah imun.. Dan suplemennya harus yg pas Dengan kebutuhan tubuh.. jd mau Cobain imugard ini

  7. Saya termasuk rajin membuat wedang rimpang Mbak, malah sejak sebelum ada virus corona, kami sudah mengkonsumsi tanaman yang langsung diberikan oleh Allah

    Tapi semua kembali kepada Kuasa Allah, sakit dari Allah dan yang menyembuhkan Allah. Manusia hanya ikhtiar menjaga dan pilihanku tetap mengkonsumsi rimpang dan menjaga pola hidup yang baik, termasuk makanannya.

  8. Wah tiga herbal yang kandungannya dahsyat dan berkhasiat dijadikan satu nih.. Insya Allah berguna banget untuk daya tahan tubuh anggota keluarga..

  9. Di masa pandemi memang wajib banget jaga imunitas
    Nah keren ya 3 bahan alami yang ada di imugard, perpaduan tepat untuk jaga kesehatan

  10. Kudu nyetok IMUGARD nih
    karena memang di musim pandemi gini, kita kudu pastikan imun keluarga terus meningkat yaa
    Asik kalo ada IMUGARD di rumah

  11. Nah aku suka nih yang praktis gini. Satu produk mengandung.banyak manfaat alami untuk imun tubuh agar tetap sehat.

  12. Segala macam rempah dan herbal gak langsung mengobati tetapi memperbaiki sistem metabolisme tubuh, termasuk sistem imun ya makanya bisa membantu fisik juga.

  13. Wah asik nih ada Imugard. Suplemen untuk menambah kekuatan imunitas tubuh memang penting banget, apalagi berbahan herbal tentunya kita jadi bisa memanfaatkan tanaman obat.

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A