Resep Mie Bancir Khas Banjarmasin

Resep Mie Bancir Khas Banjarmasin

Dari kemarin banyak yang nanya kiri kanan. Eh, resep mie bancir mana sih? Ko belum dishare aja? Hihi. Banyak alasannya pemirsa..*nyurcol dulu yak.. 😅

Pertama, aku lagi males bikin mie, aku pemamah biak nasi (udah jenis makanan wajib). Mie itu ibarat cemilan aja buat aku, perut aku yang dari sononya hoby masuk angin ga sanggup kalo ga makan nasi sebagai makanan pokok. Kedua, pas ada moment bikin ini kenapa juga jadi tengah malem. Skill fotografi aku yang dari sononya udah jelek malah makin jelek kalo malam. Ketiga, ternyata biar udah bela-belain bikin ini disiang hari bagaimana juga tetep aja jelek fotonya. Haha.. 😂

Tapi biarlah, kalo ini resep di pending mulu blog ini serasa hambar. Isinya jadi selfish banget. Padahal niat dari bikin blog ini kan buat berbagi cerita. Bukan sekedar nyurcol ga jelas. 😅

Nah, Siapa yang pernah berpetualang kuliner di banjarmasin pasti tidak asing dengan Mie Bancir ini. Ini adalah Mie Khas Kalimantan Selatan yang memiliki cita rasa khas soto banjar. Ya, mie ini kaya akan rempah-rempah dan bawang seperti halnya makanan banjar lainnya. 

Jika anda terbiasa membelinya diluar anda pasti mengeluarkan uang yang cukup ‘lumayan’ untuk menikmatinya. Lalu, kenapa ga buat sendiri aja? Aku bikin ini modalnya cuma 20ribu buat empat porsi. Hemat kan? Yup, IRT tulen sepertiku udah wajib punya skill lebih buat menghemat pengeluaran. 😅

Cara membuat mie ini termasuk mudah. Hanya saja terlebih dulu anda harus mau ‘sabar’ dalam membuat bumbu sopnya. Cara membuat bumbu sop bisa anda kunjungi disini 

MIE BANCIR 

(untuk 4 porsi) 

Bahan:

1 Bungkus Mie Telor Kuning

2 sdm Bumbu Sop

1 biji telur ayam

1 ikat sawi

2 sdm minyak goreng

Garam dan Penyedap secukupnya 

Kol putih secukupnya 

Bahan Pelengkap:

2 biji telur Itik Rebus

4 potong ayam goreng

Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat :

Rebus Mie Telor Kuning lalu tiriskan. Jika anda orang Banjarmasin pasti tidak asing dengan mie kuning yang dijual dipasar tradisional ini. Mie ini adalah mie yang biasa dimasak di seputaran kuliner Banjarmasin, harga perbungkusnya 5 ribu rupiah. 

Potong Sawi dan Kol
Tumis bumbu sop sebentar, masukkan Sawi dan Kol hingga layu. 

Masukkan Mie Kuning yang ditiriskan.  

Aduk-aduk Mie lalu masukkan air.
Tambahkan Garam dan Penyedap. Aduk sebentar. 

Masukkan Kocokan Telur Ayam agar tekstur kuah menjadi kental dan gurih. 

Sajikan dengan suwiran ayam goreng, irisan Telur Itik dan Bawang Goreng.. 

Hmmm.. Ini lezat loh pemirsaa.. 

Happy Cooking yaa.. 😊

Komentari dong sista

6 thoughts on “Resep Mie Bancir Khas Banjarmasin

  1. Kalo udah bisa masak bumbu sop sendiri mending masak sendiri aj.. Hihi.. Lumayan hemat.. 😀 Makasih udah mampir yaa.. Salam kenal.. 🙂

  2. Iya mba.. Yang merah itu yamin namanya kalo disini.. Jenis bancir juga tp g pake kuah.. Nanti sy share jg resepnya dihalaman yg sama.. makasih udah mampir mba..

  3. Aduh ngileeer… Saya pernah nyoba yang di warung Agus Sasirangan. Di sana warnanya merah ya. Tapi mie kuning ini juga enaaak. Di Barabai biasanya yanh jual mie goreng sering pakai mie kuning tapi mie gelatik mereknya 🙂

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A