Resep Wadai Hula-Hula Khas Banjarmasin 

Resep Wadai Hula-Hula Khas Banjarmasin 

Hai hai.. Udah berapa lama nih aku ga update resep? 😅

Haha, iya.. Padahal rencananya bulan puasa ini aku mau update resep kue-kue khas Banjarmasin setiap hari atau 2 hari sekali. Apalah daya 3 hari ini aku terserang flu. Mata sama hidung aku bawaan melerrr. Megang HP dikit mata berair dan hidung bersin tanpa kompromi. 

Padahal 2 hari yang lalu aku udah bela-belain minjem cetakan bingka punya mertua. Rencana mau bikin bingka klasik yang diolah pake bara api itu. Apalah daya pas nanya resep sama mertua jawabannya takarannya ga baku amat. 😅

“Kalau Telurnya banyaknya 2 jari, gulanya sama to seitu jua, santannya sama, pakai kentangkah tapai kah, samanya setakaran itu jua, terigunya 3 sendok ja, buati lala’an atasnya lah”

Yup yup.. Aku udah sering liat Mertua bikin bingka dulu. Tapi sebenarnya beda takarannya dengan yang beliau jelaskan. Seingatku lebih dari dua jari. Akhirnya kue bingkaku gagal karena teksturnya terlalu lemah n ga bisa diambil. 😂

Aku tiap kali liat mertua masak dan bertanya takaran itu jawaban takarannya ga baku. Yah, mungkin itu alasan kenapa orang zaman dulu itu bilang bikin kue itu tangan-tangan tertentu aja yang bisa. Kayak mertuaku ini, kadang beliau cuma melihat dari buih kue doang mastiin nih kue udah pas ato belum. Cara beliau ini menurutku ga aplikable buat diturunkan ilmunya kepada yang lain. Terbukti masakan n kue beliau ga ada yang bisa bikin kecuali beliau sendiri. 😂

Beda ya sama nanya ke Mama aku. Walau beliau ga punya timbangan kue kekinian dahulu tapi beliau menakar segala sesuatunya pake gelas belimbing. Tau kan? Nah, gelas ini mewakili setiap takaran yang diresepkan mama ke aku. N tiap Recook Resep ala Mama 95% kueku pasti berhasil. 😁

Seperti Kue Sasirangan yang aku bikin dahulu. Sukses dan berhasil karena bersumber dari resep mama. Merasa berhasil dengan setiap resep Mama aku akhirnya nanya resep Wadai Hula-Hula lagi sama mama. 

Iya, bulan puasa ini aku bawaan kangen sama kue-kue yang dibikin mama. Belum bisa pulang kampung aja ya karena suami juga sibuk disini, kasian kalo ga ditemenin. Padahal dirumah mama sekarang ini pertama kalinya mama ramadhan tanpa si kembar, aku dan ka Wanda. Mama cuma berdua sama Abah dirumah. Kebayang ga betapa sunyinya rumah mama tanpa celotehan anak-anaknya? Huhuhu.. 

Bicara kue khas Banjarmasin nih. Kue Banjarmasin tuh sebenarnya yang bikin khas adalah hampir segala kue basahnya memakai santan dan gula yang banyak. Kue Bingka terutama ya, harus make santan kental yang sudah dipanaskan dan kuning telur itik. Nah, berhubung telur itik mahal, kue hula-hula ini aku bikin pake telur ayam aja. 

Cara bikin hula-hula ini aku buat sepraktis mungkin. Aku mencoba keluar dari pola pikir Mamaku yang terkesan ribet dalam cara pengolahan, yaitu dengan mangaduk kue secara manual. Menurut mama itu akan mempengaruhi keberhasilan pembuatan kue. Tapi menurutku? Kue ini bisa dibikin cuma dengan blender. Yup, blender membuat adonan mentah kue ini tercampur rata hanya dalam waktu 3-5 menit. Hehe..nakal yak aku.. Suka ga nurut kalo dibilang mama.. 

Ga kok maa.. Anakmu cuma hoby bereksperimen.. 😆

Wadai Hula-Hula 

Bahan:

5 biji Telur

125 gr Gula Pasir

2,5 gelas belimbing Santan (dari 1/2 butir kelapa) 

125 gr Tepung Terigu 

1 sdm coklat bubuk

1/4 kaleng SKM

1/2 sdt garam

1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:

Panaskan santan dan garam. Aduk hingga mendidih. Dinginkan. 

Masukkan Telur, Gula, vanili, segelas santan, terigu, SKM, satu gelas setengah santan lagi kedalam blender. *pola memasukkan bergantian ini agar terigu tidak lengket diblender. 

Blender selama 3-5 menit. 

Tuang separoh adonan. 

Masukkan 1 sdm coklat bubuk diseparoh adonan diblender. Blender hingga rata. 

Panaskan Kukusan. Olesi loyang diameter 20 cm dengan minyak dan kertas roti. 

Masukkan adonan putih dan coklat secara bergantian. Masing-masing adonan dimatangkab dulu ya 5 menit.  *seperti membuat sasirangan. 

Setelah selesai. Tahap akhir pelapisan kukus kue selama 15 menit. 

Dinginkan Kue. Potong setelah dingin. 

Komentari dong sista
Shares 0

2 thoughts on “Resep Wadai Hula-Hula Khas Banjarmasin 

  1. Ini msh mending mba.. Per lapis agak tebal lapisannya.. Kalo sari india ato sasirangan lambat luar biasa..

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A