Pengalaman Seru Main Bareng Paddle Pop Mochi: Berpetualang ke Planet Saturnus

Pengalaman Seru Main Bareng Paddle Pop Mochi: Berpetualang ke Planet Saturnus

“Mama, ruang angkasa itu bisa dibikin piknik gak?” Pica bertanya padaku

“Memangnya Pica mau kemana?”

“Ke planet lain selain di bumi. Mau ketemu alien.”

“Kalau mau ke ruang angkasa biayanya mahal. Kudu jadi astronot dulu. Terus naik roket. Bikinnya susah biayanya mahal.”

“Terus, kenapa bisa ada foto-foto planet di buku ensiklopedia ini? Berarti ada yang jalan-jalan kan?”

“Coba, Pica mau kemana sih sebenarnya diantara 8 planet ini?”

“Ke planet saturnus. Pica tuh mau liat cincinnya. Lagi pula Ma.. Pasti disana gak ada covid.. Coba kita pindah planet aja”

😂😂😂

Akhirnya Bisa Berpetualang Virtual ke Planet Saturnus

Iya sih, andai saja bisa ya. Saat pandemi terjadi di seluruh bumi, kita bisa keluar dari itu semua. Entah ke pulau tak berpenghuni hingga ke imajinasi paling liar, tinggal di planet lain. Dimana gak ada kewajiban pakai masker di luar. Bisa menghirup udara bebas seperti dulu lagi tanpa pengapnya masker. Tapi kan realitanya ya enggak gitu lah.. Mana ada di ruang angkasa bisa begitu. Yang ada sih, pakaiannya lebih nganu dibanding hazmat. Dah gitu kudu bawa tabung oksigen kan. Ah, imajinasi.. Andai seperti buku doraemon.. 😅

Tapi, demi mendukung imajinasi dan keseimbangan psikis anak maka emak bela-belain deh ikut daftar di acara paddle pop tanggal 3 Juli 2021 kemarin. Apalagi pas tau programnya bareng rumah dandelion dan Enno Lerian, semangat mendaftar karena Kak Enno itu bagian dari masa kecil emak. Haha.. Telat sih daftarnya, harusnya event sebelumnya ikutan juga. Tapi biarlah, daripada enggak sama sekali. Lagi pula, pas banget nih temanya. Liburan ke Planet MochiMain ke Planet Saturnus. Wow, Pica pasti senang. Kapan lagi main virtual ke planet saturnus gratis?

Keseruan acara diawali dengan nyanyian yang dipandu oleh kak Tari. Selanjutnya, anak-anak diberikan tanya-jawab tentang bagaimana planet saturnus itu. Wah, riang sekali para anak-anak menjawab. Aku sendiri ikut mengernyitkan dahi, karena ada satu pertanyaan yang akupun juga gak tau. Haha. Seperti apakah planet saturnus itu berat? Pica dengan semangat menjawab, “Beraaat” 

Ya logikanya, pasti berat kan. Soalnya gede. Haha. Dimana-mana kalau gede itu timbangannya nganan. Kecuali Planet Saturnusnya balon. Bisa meletus. Duarr.. Kacau deh hatiku. 

Ternyata, planet saturnus itu ringan dan terbuat dari es. Begitupun cincinnya. Ibaratnya saturnus bisa mencair jika dimasukkan ke dalam bak mandi berukuran yang lebih besar dibanding planetnya. Saturnus akan mengapung dan mencair perlahan-lahan diatas permukaan. Uwow kan. Masa mau piknik disana.. Pica.. Pica.. Kudu nonton interstellar juga kali ya diajak. 

Membuat DIY CardBoard TV Ketika Main Ke Planet Saturnus

Imajinasi itu lebih berharga dibandingkan pengetahuan.

Ketika anak sudah merasa ‘beneran’ jalan-jalan ke planet saturnus. Biarin aja deh ya kan? Anggap saja kursinya roket. Laptopnya kemudinya. Lalu, foto-foto deh. 

Ajak anak mewarnai gambar. Nah, gambar dibawah ini adalah printable yang harus didownload sebelum acara. Setidaknya, dengan begini anak jadi punya imajinasi tentang gambaran main ke saturnus. Ia bisa mewarnai sesuai gradasi yang ia inginkan. Dari mulai sebelum naik roket, ketika naik, melintasi planet saturnus, hingga mendarat. Asyik kan? 

Perhatikan deh, Pica mewarnai langitnya dengan warna yang berbeda. Itu menandakan ia paham bahwa mungkin saja warna-warna latar di bumi, ruang angkasa, hingga planetnya mungkin berbeda. Dalam pengetahuan, mungkin saja warnanya salah. Tapi imajinasi anak kecil itu.. Luar biasa. 

Habis diwarnai gimana udahan? 

Enggak, prosesnya masih panjang ferguso.. Kita kudu bikin Cardboard TV supaya seru! 

Karena aku belum punya kotak rancangan cardboard maka aku dan Pica harus bikin sendiri nih cardboardnya dari nol. Maka, berikut adalah bahan yang kami siapkan

Well, bahan dan alat yang kami miliki tidak sama persis seperti diatas. Tapi kami mencoba tetap membuatnya. Berbekal kardus susu, gulungan karton, selotip, ikat rambut, gunting hingga kertas hvs kami mencoba membuat Cardboard TV. Sedikit lebih memakan waktu, tapi kami puas dengan hasilnya. Berikut adalah prosesnya:

Sempat trial dan error karena kami sempat salah membuat lubang. Pertama membuatnya, gulungan kartonnya jadi terlihat di layar. Haha. Persis seperti TV rusak ala ala 90an. Tapi kami membuat lubang lagi dibawahnya, dan menutup lubang yang salah dengan kertas HVS. Akhirnya, kami berinisiatif melapis cardboardnya dengan kertas HVS supaya lebih bagus. 

Cara supaya cardboard TV ini bisa memutar dan menampilkan gambar yang berbeda ditiap putaran adalah dengan menempelkan gambar atas dengan selotip ke gulungan atas. Jadi, ketika gulungan (warna kuning) itu diputar. Gambarnya berubah. 

Its not perfect, but my girl so happy.. 

Dia berkata, “Oh, mungkin begini ya TV orang-orang zaman dulu itu..”

Oh iya mungkin, gak terbayang jika serial drakor di buat sedemikian. Alangkah capeknya. 😅

Tapi serius, aku senang setidaknya anak jadi dapat gambaran tentang TV kuno dengan kreasi ini. 

“Pica senang kan. Anggap aja Astronotnya itu Pica. Nah, tuh Pica udah pernah main ke planet saturnus berarti. Seneng ya gak ada covid di sana”

“Tetap aja gak bisa sekolah Ma..”

“Dah ah, sekolah di rumah juga seru kok.”

Kapan Lagi Bisa Makan Planet Saturnus? 

Sesi main seru selanjutnya adalah membuat Sweet Mochi. Dan tentunya kita gak perlu membuat mochi dari nol. Seperti menyiapkan tepung ketan hingga membuat es krim sendiri. Ribet bebku. Biarkan Dilan saja yang ribet. Kita jangan. Emak-emak gak boleh sok multi tasking. Nanti waras jadi taruhan. 😆

Kita cuma perlu menyiapkan Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila. Bentuknya yang bulat  seperti planet sudah mewakili basic kreatifitas anak dalam berkreasi kali ini. Tambahan lainnya tidak melulu harus sesuai dengan bahan diatas ya. Cukup sebisanya anak saja. 

Aku sendiri hanya memakai susu kental manis dan sprinkle. Karena itulah bahan yang ada. Hihi. Biarpun sedikit belepotan, paling tidak anak senang karena bisa membuat ‘cincin saturnus’ sendiri. Lengkap dengan bongkahan asteroid yang diwakili oleh sprinkle warna warni. Konon, asteroid yang berada di wilayah planet Jupiter sebagian dinamakan dengan nama dewa dewi yunani. Nah, kata Pica, sprinkle nya cukup diberi nama hum, ham, him, hom, hem. Dengan setiap kata mewakili warnanya. Mungkin terinspirasi dari nama panggilan adiknya.. Humaira.. 😅

Rasanya? Tidak diragukan lagi. Enak sekali. Makanya aku beli agak banyak. Supaya bisa ikut icip-icip juga. Duh, kan ya.. Biasanya nasib emak-emak itu sedikit ‘naas’. Contohnya, ketika anak gak habis makan.. Sang emak kudu menghabiskan. Coba deh kalau makanannya enak, sang emak tidak disisain. Makanya harus beli rada banyak. Dan yah.. Sekejap kemudian es krim ini habis.. Untung aku sempat ikut memakan. 

Rasanya itu, diluar chewy lembut.. di dalam juicy. Dan aku suka dengan coklatnya. Manisnya sangat toleran dan coklatnya pas. Tidak terlalu nyoklat sehingga menyisakan pahit getir di lidah tapi nyoklat yang menyisakan rasa senang. Menyenangkan seperti apa? Seperti minum secangkir coklat panas sehabis bertemu dementor di azkaban. Hilang lah sudah rasa sedih tidak jelas itu.. 😆

“Ternyata makan planet saturnus itu enak Ma..”

Jadi, mau makan planet apa lagi ya nanti? Penasaran deh sama gimana rasa planet Uranus dan Jupiter. 

Yang pasti, kami juga ikutan daftar di 2 acara paddle pop lainnya. Yaitu tanggal 10 Juli dan 17 Juli 2021 ini. Soalnya, ikut acara begini bikin nagih plus mengasah kreatifitas anak. 

Hmm.. Kalian udah daftar belum nih acaranya? Daftar yuk! Biar anak gak bosan di rumah.. 😁

Kunjungi instagram @paddlepop.idn ya!

Komentari dong sista
0 Shares

63 thoughts on “Pengalaman Seru Main Bareng Paddle Pop Mochi: Berpetualang ke Planet Saturnus

  1. Seru nih paddle pop ngajak main ke planet-planet. Ada yang ke Yupiter, Uranus, dan Saturnus. Apalagi mainnya sambil makan paddle pop mochi ya,

  2. petualangan ke planet mochi-nya seru dan kegiatan DIY cardbard mengasah kreatifitas anak-anak ya. Acara yang sangat berfaedah di tengah kondisi sedang PPKM

  3. Yuhu seru banget ya petualangan ke planet saturnus
    Jadi tau fakta apa aja tentang saturnus
    Anakku juga ikutan ini mak.. Seneng banget dia buat prakarya terus makan paddlepop. Mochi

  4. Pica ini kalau segi gambar itu warna nya selalu cakep. Warnainya teliti bangt.

    Mbak kita samaan, mau liburan ke planet lain buat bisa lepas masker huhu.

    Bdw aku belum pernah coba mochi ini, bikin penasaran sama bentuknya yg menul menul

  5. Ngerti banget gimana rasanya suka sama makanan anak, tapi ga disisain, mending beli sekalian banyak ya. hehe. es krim bukan cuma mood booster buat anak kok ya, orang dewasa kayak kita juga masih banyak yg suka es krim.

  6. Di Planet Saturnus nggak ada Covid. Aku langsung senyum senyum bacanya.

    Nggak kebayang juga kalau bikin drakor TV nya kek gitu hahaha guempor parah sih.

    Seru yaaa bisa berpetualang bareng ke Planet Saturnus sama Paddle Pop Mochi. Aku nggak sempat ikutan penuh yang seri ini nih. Akhirnya cuma bisa lihat dari Youtube Live nya aja.

  7. Serunya bermain bersama es krim Mochi Paddle Pop anak2 bisa lebih mengenal lagi planet2 lainnya di ruang angkasa apalagi aktivitasnya dilakukan bersama bundanya yang pastinya anak2 happy

  8. seruuuu banget, dream came true yaa Pica, akhirnya bisa berpetualangan ke Planet lain doong ya, Saturnus ternyata seringan mochi ini ya, enak pula ya bisa dimakan ini eskrimnya, hihihih

  9. Seruuu banget deh ini kayaknya. Jadi pengen ajakin Faza main ini, pasti seneng banget dia. Makasih ide bermainnya, mba 🙂

  10. pengen cobain juga nih biar anakku yang lagi isoman tetep bahagia, seru berpetualang secara virtual ke planet2 sekalian belajar tata surya ya mak, banyak fakta planet saturnus yang baru aku tau ni

  11. senengnya ke saturnus ama mochi, aku ke jupiter mak. anak-anak juga sama senengnya bisa mainan secara lama banget kan di rumah aja g bisa sekolah, jadi ada jalan-jalan ama paddle pop ini bikin hati senang

  12. Waaaa.. Membuat cardboard ini ide DIY yg menarik sekali lho, mbak. Selain anak jd lebih kreatif, menambah pengetahuan, juga kedekatan sama ibu jd erta

  13. GEMES BANGET LIBURAN KE PLANET MOCHI!

    Seneng banget deh liat mainan DIY planet mochi ini. Mengingatkanku pada masa kecil dimana gunting2 kerdus adalah kegiatan yang sangat fun meskipun abis itu mamak ngomel2 di rumah karena semua berantakan xixixixi

  14. Banyak juga yang ngebahas soal Paddle Pop Mochi ini, jadi ingin ngerasain esnya. Hihihi
    Seru juga ya, main bersama Paddle Pop, anak-anak jadi diasah kreativitasnya.

  15. Aku berharap Paddle pop rutin mengadakan acara kreatif virtual meeting begini yaa..
    Semoga ada kebahagiaan di sela-sela PPKM yang mengharuskan kita semua di rumahaja.

  16. Waaaah ikut dooong ke Saturnuuus. Seru banget siiih bisa jelajah Planet sekaligus menambah ilmu tentang Tata Surya ya. Paddle Pop selalu kece nih ajakin Anak-anak bermain yang beredukasi. Bikin anak-anak happy apalagi kalau sambil makan Paddle Pop Mochi yang super nyummieee

  17. Wah asyik nih, mamanya bisa ketemuan dg Enno Lerian, anaknya bisa asyik bertualang di Planet Mochi. Imajinasi anak pun jadi bisa diekspresikan ya.

  18. Kalo anak anakku liat mereka pasti excited minta seseruan kayak gitu juga, pas buat activity selama di rumah aja ya bareng kiddos

  19. pas udah masuk sekolah meski online aku yakin pasti anakmu menceritakan pengalaman seru main bareng paddle pop dengan berpetualang online di planet mochi nih sama teman-temannya

  20. akku lagi caari ini mochinyaaa
    di sini masih susah jual
    terus yang bikin seneng kemarin bikin diy nya
    anak-anak belajar juga tentang planett jupiter
    ga nyesel ikutan zoomnya

  21. Pica dan Mama kompak sekalii..
    Pengen ikutan Pica ke Planet Saturnus boleh yaa….

    Aku jadi inget kalau liburan seru itu yaa…berkreasi, bermain lalu udahannya makan Ice Cream Paddle Pop bersama.
    Nikmatnyaa~

  22. Waaahh seru, kebetulan anakku tuh suka planet2an gitu mbak 😀
    Keren tu mewarnainya. Iyaaaa bener anak2 imajinasinya tinggi gak kyk ortu yang udah stagnan dipenuhi masalah hehe 😀
    Anak2 juga suka mak es krim paddle pop yang mochi, lucu juga dibentuk gtu, bikin anak2 jd kreatif juga ya selain menambah wawasan ttg tata surya 😀

  23. Wah, seru banget bisa virtual berpetualang ke planet saturnus. Terus bikin kreasi pakai kardus pula.
    Btw, aku belum nyobain ice cream mochi, seringnya paddlepop yang biasa.. Next mau nyobain

  24. wah asik niihh paddlepop ngasih ide ngisi liburan anak. Asik nih bisa menjelajah anet saturnus. Apalagi sambil makan mochi ice creamnya paddle pop

  25. Pica, bener banget! Di Saturnus ga ada Covid. Wkwkwk
    Seru banget deh acaranya ini, edukatif cocok banget buat anak-anak mengisi waktu di rumah.

  26. Duh Pica, julak jadi mau juga nih ngemil Paddle Pop. Biar bisa ikutan piknik ke Planet Saturnus. Asik kali ya karena bisa memandang cincin yang melingkari planet itu dari jarak dekat (hahaha, julak halu).

  27. waaah seru banget pastinya, dijamis gak bosan seharian main planet di rumah. Belajar tentang tata surya kegemaran semua anak kayaknya. Apalagi sambil makan es krim.

  28. Serunya yang habis jalan-jalan ke luar angkasa. Aku pun penasaran buat berpetualang secara virtual. Biasanya paling lihat-lihat nama planet di Youtube. Ternyata Saturnus gak berat ya

  29. Aku ketinggalan nih yang main ke saturnus, tapi untungnya masih sempet ikut petualangan planet mochi ke uranus. Asyiiik banget. Rame berasa banyak temen jadinya. Anakku seneng2 aja tuh, apalagi setelah itu planetnya bisa dimakan. Hahaha

  30. Wah baru tahu kalau PaddlePop ngeluarin es krim mochi gini, pasti aku cari deh nanti di minimarket! btw gambarnya si adik cakep banget

  31. Tanggal 10 Juli ada lagi yaa.. mau ikut yang tanggal 17 Juli supaya bisa jelajah ke planet jupiter.
    Anak-anak suka didongengin cerita luar angkasa, apalagi diajak jalan virtual gini. Pasti lebih seru plus bebikinan mainan.

  32. Makan eskrim sambil berpetualang ini bakalan jdi pengalaman yg seru bangeut dong buat anak2 ya ka

  33. Waah seru banget eventnya ya kak, selain belajar mengenai planet, ada juga diy membuat tv dan menghias es krim mochi

  34. Ada nyanyi bareng, membuat hasta karya dan lainnya. Aihh seru banget event paddle pop ini. Pingiiinn. Anak-anak pasti senang nih kalau bisa ikutan. Semoga next ada lagi

  35. Paddlepop mochi ini enakkkk. Aku suka banget. Wkwk. Ini seru sih kegiatan sama anaknyaa. Ngasah kreativitas mamak juga ya 😍😍

  36. Seru banget acaranya bisa belajar sambil bermain, btw ice cream ini jugafjuga aja dari kecil haha

  37. HIhii….akhirnya malah bisa ke Planet Saturnus yaa…
    Gak boleh keliling-keliling di bumi siih…
    Alhamdulillah,
    Bersama Paddle Pop, semua anak dan orangtua bahagiaaa…

  38. Waah seru banget yaa.. paddle pop nih seneng banget kayaknya ajakin anak2 berkreasi dan jalan2 virtual ya..
    aku sama anak2 jg pengen bgt dehikutan

  39. Sekarang Ada ke planet juga ya bareng Paddle pop anakku kemarin ikut yg seaventure nya mba jadi mau ikutan lg ajak anak2 nih

  40. Liburan ke Planet Moci seru banget sih sambil belajar tentang planet ya. Liburan di rumah juga bisa asyik asal dikemas dengan menarik kaya liburan bareng Paddle Pop Mochi. Aku malah bayangin es krim mochinya nih hihihi enak banget

  41. Ini mah kreatif mba bikin ama anak :). Salut deh. Bismillah aku jadi pengen nyoba juga berkreasi dengan anak mba . Mochinya mah enak sekali

  42. Ajak dong tante ke saturnus yang tidak ada covid-19 dong. Nanti tante sediain paddle pop mochi buat perbekalan camping ke saturnus

  43. Mau dong tante di ajak ke saturnus yang gak Ada covid-19. Nanti tante bawain paddle pop mochi bust perbekalan nginep di saturnus

  44. Anak-anak dibikin sibuk ya saat liburan sekolah. Tetapi, sibuk yang asik banget. Jalan-jalannya pun jauh aja ke planet Saturnus hehehe

  45. petualangan serunya memang asyik nih ya mba.. Sebelumnya kan bawah laut ya, sekarang ke Planet Saturnus. Bisa bantu anak – anak belajar dan berimajinasi pada saat bersamaan yaaa

  46. Seru banget nih berkreasi bareng anak. Menambah erat bonding ibu dan anak, juga imajinasi & kreativitas anak pun jadi berkembang. Mantap deh.

  47. Wah, seru sekali berpetualang sampai ke planet Saturnus, trus sembari makan mochi pulak
    Pastinya Pica merasa terhibur, walau cuma di rumah aja yaaah
    Kreatif banget nih DIY nya, pasti jadi makin semangat yaaah

  48. Setuju, mochi ini chewy tapi juicy.

    Aaaaaa sukaaaaa ama analoginyaaaaah “Seperti minum secangkir coklat panas sehabis bertemu dementor di Azkaban.”

  49. Aakk, serunyaa bisa main dan belajar bareng Paddle Pop

    Bisa nambah wawasan, kreativitas jadi terasah juga ye kaann
    Di masa pandemi gini, butuh banget event seperti ini.
    Sip sippp markosippp!

Komentari dong sista

IBX598B146B8E64A